31 Mei 2017

Semuanya berawal dari keinginan duo bocil yang hobi nyari ikan di pantai. Cukup lama anak-anak nggak berburu binatang laut, karena beberapakali ke pantai entah itu di wilayah Jogja atau Purworejo, selalu pas ombaknya gede. Karena itu, kami sengaja main ke pantai pas sore hari, menunggu surutnya air laut.

27 Mei 2017

sumber image : pixabay.com

Sebagai bagian dari masyarakat yang terkena dampak globalisasi, modernisasi dan digitalisasi (cie..) saya termasuk emak yang bersahabat dengan gadget. Dua yang paling akrab adalah sebuah hape dan sebuah notebook. Belakangan ini, saya ngerasa ada yang nggak beres dengan batere hape yang tiap hari saya pake. Mosok tho, dengan pemakaian wajar dalam sehari kadang harus ngecharge  3x.

Ya memang sih, kapasitas batere nya nggak begitu gede, cuma 2300 mAh, dan pemakaian juga sudah hampir dua tahun. Tapi kok kalah performa sama batere hapenya pak suami ya.. Kalau punya dia, dicharge pagi aja, sampe sore masih bisa make tanpa charge ulang.  Padahal kapasitasnya sama, usia pake, duluan pak suami belinya.

24 Mei 2017

Kalau saya nyebutin Magelang,  langsung keingatnya apaan? Bagi yang hobi traveling bisa jadi langsung kepikiran kemegahan candi Borobudur atau candi Mendut, sementara  yang  gemar film nasional, paling keingat adegannya Cinta dan Rangga di Puthuk Setumbu.

Trus yang hobi makan kayak saya? Jangan salah, Magelang juga kaya akan wisata kuliner dan juga tempat-tempat asyik untuk berburu kuliner istimewa lho.😁😁

Jangan dianggap kekayaan kuliner Magelang hanya berhenti pada legitnya gethuk Magelang yang warna-warni, renyahnya pothil,  ataupun lezatnya sop senerek. Sst..tak bisikin yaa, diantara sekian banyak tempat makan yang asyik, Magelang punya yang asyik banget, namanya BS Resto.

Resto ini merupakan perluasan bisnis dari Borobudur Silver, yang kemudian berada dalam satu naungan kelompok bisnis BS Group. Selain BS Resto ada pula Orang Utan Resto, keduanya bergerak dalam bidang usaha yang sama, yakni kuliner.

22 Mei 2017


Banyak dari kita yang mempertanyakan kapan waktu yang tepat untuk mengajukan kartu kredit agar dapat keuntungan yang maksimal? Umumnya kita akan mendapatkan jawaban, yakni  ketika kita sudah mampu bertanggung jawab atas keuangan kita sendiri. Umumnya pengajuan kartu kredit akan dilakukan oleh masyarakat ketika mereka sudah memiliki penghasilan yang tetap atau memadai. Kalau tidak, resiko terburuk adalah si pemegang kartu kredit  tidak akan bisa bijak mengaturnya.

20 Mei 2017


Waktu bagai berlari, nggak kerasa bulan Mei sudah mendekati ujung. Itu artinya, Ramadhan udah bener-bener di depan mata. Nggak hanya di dunia maya, media sosial sudah penuh nuansa penyambutan Ramadhan.

Ngomongin puasa, ada beberapa tradisi rutin ala masyarakat Jogja (atau Jawa pada umumnya) yang setiap tahun diadakan menjelang bulan Ramadhan. Kalau saya amati, nuansa Jawa nya memang lebih kentara pada masyarakat desa, musalnya di kampung dulu saya lahir dan besar, atau di desa di mana saya tinggal sekarang. 

Berbeda cara, tapi tetap ada dari tahun ke tahun, dan memang sudah menjadi semacam tradisi. Setidaknya ada 4 tradisi masayarakat menjelang datangnya puasa yang masih langgeng dipertahankan masyarakat.

Besrik Makam

Besrik makam, artinya membersihkan makam. Kalau tradisi yang ini, lebih ke tugasnya para pria atau lebih tepatnya para bapak-bapak atau suami. Jadi, biasanya akan ada kesepakatan kampung, dimana ada satu hari (hari libur) dimana para pria ini akan datang ke area pemakaman desa dengan berbekal sapu, cangkul, ataupun arit untuk kemudian bebenah, bersih-bersih dan beres-beres di area pemakaman.

Nyekar


sumber gambar: wohingbasajawa-nuri.blogspot.co.id
Nyekar dari kata sekar yang artinya bunga. Kalau menjelang puasa gini, salah satu komoditas yang laris manis adalah bunga. Bukan tanaman bunga atau bunga potong, tapi bunga yang biasa dibawa untuk mengunjungi makam.

Alhamdulillah, dua orang tua saya masih sehat. Tapi saya ingat, dulu waktu kecil sering diajak bapak ke makam kakek nenek. Dalam tradisi kampung kelahiran saya, kehadiran bunga tidak begitu penting. Hampir semua acara di pemakaman tidak menggunakan bunga sebagai ubo rampe. Menjelang ramadhan, area pemakaman memang lebih ramai dari biasanya. Setiap ke makam, yang saya lihat orang-orang hanya akan membawa buku surah Yaasin, membacanya di makam, mencabuti seandainya ada rumput liar yang tumbuh di sekeliling pusara, dan sudah.

Berbeda tempat, beda pula tradisi. Di kampung saya tinggal kini, keberadaan bunga seolah sesuatu yang vital. Ada kematian, pakai bunga,  Ke makam, nyangking bunga, ada syukuran kelahiran bayi, ada bunga juga. Mungkin ada semacam sinkretisme agama, tapi ya sudah..bagi saya bunga bermakna hiasan dan sumber keharuman. Itu saja.

Nyadran

Nyadran juga merupakan salah satu tradisi penyambutan bulan Ramadhan masyarakat Jawa. Biasanya acara ini melibatkan semua masyarakat, pria-wanita, tua-muda, dewasa maupun anak-anak. Umumnya perhelatan ini di adakan H-10 dari datangnya Ramadhan. Tapi, karena berbagai pertimbangan, biasanya event ini tidak dilakukan secara serentak, yang artinya satu desa dengan desa yang lain berbeda waktu pelaksanaannya.

Inti dari acara Nyadran sebenarnya adalah mengingat nenek moyang, mendoakan keluarga yang sudah terlebih dulu meninggal dan juga mengingatkan ke yang masih hidup kalau suatu saat akan meninggal pula. Makanya, acara wajib dalam tradisi ini adalah menggelar doa bersama atau tahlil.

Meski inti dan tujuannya sama, tapi tetep ada perbedaan juga pas pelaksanaan. Di beberapa desa, termasuk di wilayah saya tinggal saat ini, acara Nyadran di gelar di area pemakaman, dengan menggabungkan doa bersama plus kenduri. Bahkan ada beberapa desa tetangga yang masih 'setia' dengan menu wajib ketan-kolak-apem, yang  konon menyimpan makna sendiri-sendiri.

Di kampung saya lahir dan besar, acara Nyadran diisi membaca tahlil dan ceramah pengajian. Tanpa kenduri, tanpa kolak-ketan-apem (snack biasa), dan lokasipun di masjid, bukan di area pemakaman. 

Bisa jadi, di beda wilayah, tradisi Nyadran akan berbeda pula dalam hal teknis pelaksanaan. Yah, mungkin di dalam kasus ini berlaku "dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung", anggep aja kekayaan budaya, yang penting intinya berdoa.

Padusan

sumber gambar: www.kr.co.id
Padusan berasal dari kata 'adus' yang artinya mandi. Intinya bersih diri sebelum menjalankan puasa. Saya ingat kata ibu, seyogyanya mandi keramas (mandi besar) dulu sebelum puasa hari pertama. Nggak ada yang istimewa, mandi di kamar mandi, seperti sore-sore biasanya.

Tapi begitu sudah besar, saya ngerti dunia luar, ternyata banyak yang menjalankan tradisi padusan ini secara berbeda. Artinya, mereka memilih mendatangi tempat-tempat umum, seperti sungai, mata air, air terjun atau kolam renang untuk melakukan ritual padusan ini. Jadi dalam tradisi padusan ini, semacam ada dua versi. Versi pertama, mandi besar seperti biasa. Versi kedua, mandi rame-rame di tempat umum. Saya belum pernah nyoba versi kedua.. Nggak ah, malu.😎

Itu tadi 4 tradisi jelang ramadhan yang saya tahu. Di luar sana, saya yakin masih banyak tradisi atau kebiasaan masayarakat lain yang mungkin mirip atau bisa jadi sangat berbeda. Indonesia kita kan kaya!

19 Mei 2017


Percaya atau tidak, sebenarnya ada banyak  cara menghasilkan uang dari internet. Bahkan orang yang paling malas di dunia sekalipun asal memiliki koneksi internet dan smartphone, masih bisa mendapatkan uang. Cara mendapatkan uangnya pun bisa dilakukan bahkan dari tempat tidur, tanpa perlu kemana mana dan berkeringat sedikitpun. Enak kan? Tapi tetep butuh usaha lho yaa!!

Penasaran bagaimana caranya? Ok, kita bahas satu-satu. Modal utama adalah koneksi internet beserta hardware nya, bisa laptop atau juga smartphone.  Modal berikutnya tentu kemauan. Kalau kamu tidak punya kemauan bagaimana mungkin semuanya bisa terjadi?

17 Mei 2017


sumber : www.pixabay.com

Tas merupakan aksesoris wajib yang harus dimiliki oleh setiap wanita. Jika dulu tas untuk wanita hanya sekedar tas ransel untuk menampung barang-barang wanita, namun kini tas wanita memiliki beragam bentuk dengan model yang bervariasi. Mulai dari tas ternama seperti palomino hingga tas kw yang dijual di pasaran. Namun, taukah kamu kalau bentuk tas yang dipakai oleh wanita itu menunjukan kepribadian dari pemakainya? Termasuk kepribadian seperti apakah kamu berdasarkan tas yang dikenakan?

15 Mei 2017

Sama halnya dengan blog ini, akun IG saya isinya juga gado-gado, macem-macem. Biar follower IG saya nambah, follow @sulistiyowatitri98 dulu yuk! *modus, dan ini postingan teranyar tempo hari.



Fotonya biasa aja ya? Hi..hi. Captionnya juga cuma curhat kok. Biasalah emak-emak, nggak jauh-jauh dari permasalahan harga dan kebutuhan rumah tangga. Tapi gara-gara banyak lonjakan harga barang-barang di sekitar  justru sebenarnya kemampuan kita ini tengah diuji. Yup, diuji agar pengeluaran kita untuk pemenuhan kebutuhan tetep balance sama pendapatan. Kalau pendapatan cenderung sama, sementara pengeluaran kok kayaknya potensial naik, ya kata kuncinya satu, HEMAT.


Diantara banyak aplikasi chatting, saya menganggap Whats App (WA) sebagai aplikasi favorit. Alasannya karena aplikasi ini simpel, gampang digunakan, fasilitasnya juga komplit. Yang penting punya nomor kontak, maka jalinan pertemanan bisa terus terjaga. Selain itu, proses transfer data (misal mengirim atau menerima gambar, video) juga relatif cepat, dan nggak boros kuota.  Selain terkoneksi secara personal, orang-perorang, aplikasi ini juga memfasilitasi penggunanya untuk membuat grup agar chat  atau obrolan  bisa berlangsung ke banyak arah sekaligus.

11 Mei 2017

Weis, dah mau week end lagi. Cepet banget ya. Perasaan  barusan pada libur (Waisak)..eh, dah pada mau libur lagi.. (libur buat yang pada ngantor atau sekolah maksudnya). Banyak sih, yang ngisi liburan dengan njalanin hobi di rumah, tapi banyak pula yang lebih suka 'jalan', cari suasana baru. Kalo suruh milih, saya milih opsi yang kedua..meski nggak harus seharian. 

8 Mei 2017

"Mba..ini ada undangan jam 3 sore nanti, tempatnya pak dukuh. Ada pembagian minyak goreng gratis untuk warga yang bisa datang. Satu kupon, satu KK..."


Seorang tetangga pagi tadi datang ke rumah, memberi undangan yang sekaligus sebagai kupon pengambilan minyak goreng. Tumben-tumbenan ada minyak goreng gratis dibagikan ke warga. Ah, minyak goreng  merk baru lagi promo ke masyarakat desa mungkin. Pikir saya. Mayan juga nih, bisa buat goreng lauk  untuk 10 hari.. *ibu mana sih yang nggak suka barang gratis?

7 Mei 2017

Pantai Watu Kodok
Pantai Watu Kodok, Gunungkidul Yogyakarta

Barusan saya iseng nanya ke Google, penasaran saja sebenarnya, berapa tho jumlah wisata pantai yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta. Dan ternyata, jumlahnya fantastis! Langsung keingat sama iklan sebuah wafer yang ada dialognya, "berapa lapis?" "ratusan!"

Sebuah situs online menyatakan bahwa jumlah pantai (lama dan baru)  di Gunung Kidul yang siap dikunjungi wisatawan berjumlah 102. Hebat ya! Dibanding dengan jumlah pantai yang pernah saya kunjungi...aduh, jauh banget selisihnya. 

5 Mei 2017

Beberapa waktu lalu, dalam sebuah grup WA yang saya ikuti, ramai gara-gara seorang teman wanita yang curhat tentang  anyang-anyangan yang tengah  ia derita. Beberapa hari, dan belum kunjung membaik. Intinya ia minta saran ke teman-teman di grup tentang cara mengatasi anyang-anyangan.  Lalu saran-saranpun bermunculan:
  1. Minum air putih yang banyak
  2. Ikat jempol kaki  dengan karet. Tapi jangan terlalu lama, takutnya peredaran darah di jempol yang jadi kacau dan justru berbahaya.
  3. Panggang pantat diatas tungku kayu
Ha..ha, untuk saran pertama, bisa diterima dan masuk akal. Saran nomor 2 mungkin ada hubungannya dengan titik-titik refleksi. Yang nomor 3, saat anyang-anyangan, saya pernah juga disaranin sama mbah-mbah (kakek-nenek) jaman dulu, tapi nggak ngerti hubungannya apa. Lagian jaman sekarang, sudah jarang menemukan keluarga yang masih setia memasak dengan tungku dan kayu.
Singkat cerita, karena anyang-anyangannya nggak segera membaik, akhirnya teman saya tadi ‘lari’ ke dokter, diberi beberapa penanganan, dan akhirnya membaik.  Kasus closed. Tapi ada sedikit penyesalan, kenapa saat  itu saya hanya silent reader doang? Sekedar membaca , menyimak dan berakhir dengan clear chat. Kenapa saya tidak ikut berbagi cerita dan pengalaman tentang anyang-anyangan?  Hingga kemudian, lahirlah postingan ini sebagai penebus kesalahan.

Anyang-anyangan, Keluhan Tak Mengenal Usia, Tapi Sungguh Menyiksa

image dari www.anyang-anyangan.com

“Siapa yang pernah anyang-anyangan?”
Seandainya pertanyaan itu saya lempar ke forum, saya yakin hampir semua audience akan angkat jari. Entah mereka yang anyang-anyangannya dulu sekali, beberapa bulan yang lalu, minggu kemarin, atau bahkan  sekarang,  saat membaca tulisan ini. Bisa dibilang, anyang-anyangan merupakan gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi, jamak, tanpa memandang golongan usia dan strata. Soal rasa, jangan ditanya, tidak nyaman plus menjengkelkan karena harus bolak-balik ke kamar mandi untuk mengeluarkan air pipis yang  tak seberapa.  Jadi ingat, dulu semasa kecil saya acap kali anyang-anyangan saat saya main ditempat panas terlalu lama. Saat besar, bukan berarti keluhan anyang-anyangan hilang. Sesekali tetep muncul, dan rasanya pun tetap sama. MENYIKSA.
Di ranah medis, anyang-anyangan merupakan gejala awal terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK).  Tanda-tanda  anyang-anyangan yang paling umum, biasanya meliputi:
  • Frekuensi buang air kecil yang meningkat, tapi urine yang dikeluarkan hanya sedikit dengan warna yang lebih pekat.
  • Sakit buang air kecil, karena saat urine keluar, diiringi rasa panas atau terbakar pada kemaluan.
  • Biasaya juga dibarengi dengan rasa sakit pada perut bagian bawah.
Anyang-anyangan bisa timbul karena berbagai sebab.  Yang paling sederhana dan mudah diatasi, karena dehidrasi misalnya.  Ada juga yang disebabkan karena gangguan prostat, penyakit diabetes, maupun  penggunaan alat KB (spiral). Namun jangan salah, penyebab sakit saat buang  air kecil bisa jadi  disebabkan adanya infeksi kuman/bakteri E.Colli.
Karena itu juga,  penanganan yang paling mudah adalah menemukan penyebab anyang-anyangan, baru kemudian melakukan tindakan.

Perempuan Lebih Rentan Terkena Anyang-Anyangan

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kencing  dengan gejala awal anyang-anyangan. Angka diatas, datang bukan tanpa sebab. Perbedaan anatomi alat kelamin laki-laki dan wanita disinyalir menjadi penyebab utama.  Pertama, saluran kencing wanita memang lebih pendek jika dibandingkan saluran kencing pria. Kedua, pada wanita, jarak antara anus dengan kemaluan juga lebih pendek pendek bila dibandingkan dengan pria. Terus bagaimana? Bukankan bentuk juga bagian dari kodrat? Ya sudah.  Yang  bisa kita lakukan berikutnya tentu saja mengatasi saat masalah datang, dan berusaha  menghindar agar masalah tak lagi terulang.

Atasi dan Cegah Agar Anyang-Anyangan tak Kembali Datang

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.  Sebagai wanita, nggak mau juga kan kalau punya ‘teman setia’  kok penyakit ISK? Oke, beberapa langkah sehat yang bisa kita lakukan, diantaranya:
  1. Jauhi dehidrasi. Cara yang paling mudah adalah segera ganti cairan tubuh yang hilang dengan memperbanyak air putih
  2. Jangan menahan keinginan untuk membuang air kecil. Biasakan buang air kecil di pagi hari selepas bangun tidur, dan juga setelah melakukan hubungan suami istri.
  3. Untuk menghindari kontaminasi dengan bakteri, cucilah tangan setelah buang air kecil maupun buang air besar.
  4. Menjaga kebersihan organ intim  dan juga memperhatikan arah yang benar ; dari depan ke belakang.
  5. Perhatikan pula kebersihan celana dalam. Segera ganti, jika terasa lembab karena bisa jadi akan menjadi tempat yang nyaman untuk tumbuh kembangnya bakteri.
  6. Minum suplemen, agar kesehatan kandung kemih kita tetap terjaga.

URI-CRAN Suplemen Alami, Atasi  dan Cegah Anyang-Anyangan dengan Mumpuni



Alam telah menyediakan berbagai tumbuhan untuk  mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan manusia. Salah satunya cranberry.  Termasuk dalam family berry,  buah yang berbentuk bulat kecil dengan warna menggoda ini, tak hanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, namun dipercaya mampu mengatasi  susah buang air kecil.
Di Indonesia, buah cranberry tergolong langka. Namun Berdasar manfaat itulah, PT. Combhipar sebagai salah satu produsen farmasi terkemuka, telah berhasil mengambil manfaat dari buah cranberry dan mempersembahkannya kepada masyarakat dalam bentuk URI-CRAN.  Uri-cran alami, karena berasal dari ekstrak buah cranberry yang aman dikonsumsi siapa saja, bahkan wanita hamil sekalipun.





Selain mengatasi keluhan anyang-anyangan, rutin minum uri-cran juga mampu menjauhkan diri dari gejala penyakit Infeksi saluran kencing, karena pada dasarnya suplemen ini dapat mencegah bakteri E colli menempel pada dinding saluran kemih. Saat ini uri-cran tersedia dalam dua pilihan yakni uri-cran kapsul serta uri-cran plus yang berbentuk powder, dalam kemasan sachet yang segar diminum dengan cara dilarutkan dalam air es.
Balik lagi kecerita awal soal teman yang bingung saat terkena anyang-anyangan, saya cuma bisa bilang “maaf, waktu itu saya belum mengenal uri-cran, jadi saya cuma bisa diam saat itu.” Sekarang seandainya ada teman atau siapapun yang mengeluh tersiksa dengan anyang-anyangan, sebuah saran jitu sudah saya siapkan, “Atasi dan Jauhi  Anyang-anyangan dengan  Uri-cran!"





sumber gambar dan informasi tentang Uri-cran : www.uricran.co.id dan juga akun instagram uricran @uricran.id
sumber data dan fakta tentang anyang-anyangan:
  • Pengalaman pribadi
  • www.alodokter.com
  • www.mediskus.com
  • www.rubrikkita.com
  • www.anyang-anyangan.com
  • beberapa sumber lain yang relevan