Sembada Sunday Morning, Another SunMor @ Sleman

17 komentar

Weis, judulnya pake bahasa Inggris, padahal itu juga karena saya bingung mo njudulin  apa artikelnya. Ya begitulah, kadang bagian judul saya tangani paling belakang๐Ÿ˜„

Kembali ke topik, tentang pasar pagi dadakan, alias pasar tiban di hari Minggu. Istilah kerennya Sunday Morning. Pas di Jogja, sudah pernah ke Sunday Morning alias SunMor? Bayangannya kalau dengar SunMor...paling rata-rata langsung ke UGM, di jalanan daerah Lembah yang tiap Minggu Pagi, selalu ramai-padat-berjubel dengan ribuan manusia. Saya juga gitu.

Ternyata di sisi Sleman yang lain (UGM juga masuk Sleman) juga ada SunMor. Ah, kemana saja tho diriku..padahal sudah hampir setahun SunMor ini ada, malah baru tahu. Namanya SunMor Sembada. Nah, diadaiinnya setiap Minggu Pahing, jadi setiap 35 hari sekali. Selapan pisan, kalau orang Jawa bilang.

SunMor Sembada berlangsung di parkiran sisi utara lapangan Denggung, sebuah lapangan besar yang berada tak jauh dari kompleks Pemkab Sleman dan terletak di pinggir jalan negara yang menghubungkan Propinsi Yogyakarta dengan wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari segi tempat, stategis lah. Apalagi di sisi timur lapangan ada pula area bermain, plus patung gajah yang tiap hari libur ramai dengan pengunjung.

Bisa baca juga tulisan yang lain tentang Taman Denggung.

Mungkin karena frekuensinya nggak setiap Minggu, trus pake embel-embel "Pahing" jadinya banyak warga yang kelewat event ini. Meski Jawa asli, saya lebih nyaman pake indikator minggu 1, ke 2..dst gitu daripada indikator pasaran Jawa semisal pahing, legi, wage. Ha..ha, sering bingung klo disertai kalender Jawa. Kayak gini nih suasananya.

SunMor Sembada
Seperti ini suasananya, jam 6 pagi sampai 12 an siang

Penggagasnya, kecamatan Sleman. Jadi pesertanya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM)  dari beberapa Desa yang terlingkupi kecamatan Sleman. Sedikit? Nggak juga, lumayan rame. Tapi ya belum serame SunMor yang ada di UGM. Stand-stand yang ada cukup beragam. Paling banyak sih stand makanan, tapi kalau mau belanja-belanja produk lain seperti batik, atau barang-barang kerajinan, bahkan produk-produk pertanian juga ada standnya.

Stand asesories, busana

Cari info pendaftaran siswa baru juga ada


Stand UMKM Batik


Menurut saya positif  banget kegiatan seperti ini. Apalagi kegiatan diadakan di ruang publik yang hampir tiap hari Minggu rame. Di event ini pula..konsumen dan produsen bisa ketemu langsung. Ya..mungkin aja mau deal-deal an untuk transaksi yang lebih gede.

Menutup postingan ini, sebagai warga Sleman, mangayubagyo lah..ikut mendukung, semoga UMKM di Sleman lebih maju. 
Aamiin.. TrusSalamanSamaCamatdanBupati 
๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

17 komentar

  1. Mbakku warga sleman ki. bisa ikut pajang barang di sana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wilayah Kecamatan Sleman mbak..bukan se Kabupaten.
      Jadi Sleman itu nama Kabupaten, tapi ada juga area kecamatan Sleman. Jd klo nulis di alamat, Sleman, Sleman Yogyakarta.

      Hapus
  2. Sunmor yang ini selapanan ya, Mbak. Semoga kegiatan ini semakin memajukan, terutama UKM di Kecamatan Sleman.

    BalasHapus
  3. Wah seru ya mak, sambil olahraga gitu sambil liat-liat barang dagangan. Kali aja ada yang ccok kemudian bisa dibawa pulang kan.. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Klo pas tnggal muda, sprtinya menyenangkan..☺☺

      Hapus
  4. Sunmor memang selalu menyenangkan di YK. kayak di grha sabha Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi klo yang di sini skalanya mmng lebih kecil mbak..
      Masih rintisan soalnya. Klo yang di UGM sudah bertahun-tahun jalan

      Hapus
  5. Sunmor sangat bermanfaat bagi Peningkatan UKM

    BalasHapus
  6. Ga kebayang kalau Mama saya lihat meja oenuh bunga itu, pasti ada aja yang dibeli untuk di rumah.. Hihi..

    Bagus nih, kalau kegiatan untuk mendukung UKM gini di Kendari biasanya diadakan di Plut, tapi sebentar doang sih, dan sayangnya kurang gaung.. :(

    BalasHapus
  7. Langsung kecantol sama bunganya :D

    semoga ditempatku nanti juga ada kegiatan seperti ini untuk mendukung aktivitas UKM, yang awalnya nggak kenal jadi tau :)

    BalasHapus
  8. Saya juga nggak begitu familiar dengan istilah kalender Jawa yang pon, wage gitu mbak Sulis. Kecuali kalau butuh hari baik baru lihat pasarannya, hehe.. *padahal hari baik tuh pas tanggal muda waktunya gajian ya :)

    Seru juga acaranya ya mbak, jadi mupeng produk UMKM batik nih, harganya bisa lebih murahkan? :)

    BalasHapus
  9. Hitungannya 35 hari sekali, susah kalau saya ngingetnya, haha... Mesti buletin kalender bisa juga sih.

    BalasHapus
  10. Wahhh daerah ugm en sleman bagian lain, jadi njenengan di sleman tah mb sulis hihiii, mantab, aku lo masi penasaran ama kepala bacem condong catur
    Hmmm pasar pagi, klo di deket ipb dulu juga ada tuh seringnya tapi jual barang2 harga mahasiswa hihi
    Samaaa aku klo njudulin juga utusan paling belakang

    BalasHapus
  11. Wah ini gak jauh dr rumahku malah gak tau. Minggu Pahing ya? Arisan kampung rumahku juga pake pasaran & aku sering kelewat hahaaa.... belum terbiasa

    BalasHapus
  12. Ayo Bunda mampir lagi...di Sunmor Sembada. Ya inimbentuk kepedelian dengan usaha kecil serta seni budaya di kecamatan Sleman.

    BalasHapus

Posting Komentar