Personal & Lifestyle Blog

9 November 2017

5 Manfaat ini Akan Kamu Rasakan Setelah Mengunjungi Tempat Sauna


Musim penghujan datang. Brrr...biasanya hawa dingin terasa dominan. Kalau sudah gitu, yang paling nyaman  adalah nyari sesuatu yang anget. Paling murah sih gegoleran sambil pake jaket atau selimutan tebal. Sudah gitu,  siapin kopi panas, cemilan hangat, plus nonton Tv. Walah, nikmat to  the max klo yang itu. 

Tapi ada juga lho cara lain untuk siasatin hawa dingin..yang lebih sehat dan lebih bermanfaat untuk tubuh.  Yup,  SAUNA.  Kata sauna sendiri berasal dari bahasa Finlandia kuno yang merujuk kepada pemandian tradisional Finlandia. 
Sauna adalah suatu ruangan kecil yang dirancang agar pengguna dapat menikmati aktivitas mandi uap, atau pemanansan tubuh, baik secara basah ataupun kering. Istilah sauna, secara luas jga dapat merujuk kepada keseluruhan bangunan atau fasiitas yang memiliki ruangan untuk mandi uap ini. (Wikipedia)

Dipenuhi dengan uap panas sekitar 60 – 90 derajat celcius, pengguna berharap agar tubuhnya lantas menjadi hangat, dan kemudian berkeringat.  Banyak orang yang mengunjungi tempat sauna, hanya sekedar untuk menghangatkan badan. Selain dapat menghangatkan badan, manfaat sauna  lainnya juga ternyata sungguh luar biasa, banyak banget  positifnya! Tapi paling tidak ada lima manfaat positif, yang bakal kamu rasain setelah kamu melakukan sauna. 

1. Mampu Melindungi Otak
Otak merupakan salah satu organ yang sangat penting didalam tubuh manusia. Apabila otak dalam keadaan fresh, maka hal-hal positif pun akan berkeliaran didalam pikiran kita. Jika otak dalam keadaan tidak sehat, maka akan menghasilkan pikiran-pikiran yang kacau. Maka dari itu, kita senantiasa harus memelihara kesehatan otak. Berdasarkan dari hasil penelitian, uap panas dalam ruangan sauna dapat melancarakan aliran darah yang menuju kebagian otak. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari resiko penyakit al zhaimar jika sudah melakukan mandi sauna.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Pada Kulit
Menurut para peneliti, ruangan sauna yang dilengkapi dengan inframerah dapat menembus sel kulit. Panas yang dihasilkan sinar infra merah tersebut, akan memberikan respon terhadap sistem neuromuskular sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

3. Mampu Menurunkan Kolestrol Dalam Tubuh
Kolestrol yang menumpuk dalam tubuh, merupakan penyebab utama dari timbulnya penyakit darah tinggi dan jantung. Maka dari itu, kamu harus mengontrol kolestrol yang ada didalam tubuh. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan mandi sauna secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Pasalnya, uap panas mandi sauna mampu menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh lho.

4. Mengurangi Rasa Nyeri Pada Otot
Kita kerap mengalami rasa nyeri pada otot, setelah melakukan aktivitas yang berat. Nah, saat anda mulai merasakan nyeri dibagian otot, segeralah untuk mandi sauna karena mandi sauna dapat mengurangi rasa nyeri disemua bagian otot.

5. Mendukung Program Diet.
Catet. Ini penting banget buat para emak yang sering ribut dengan berat dan bentuk badan. Kalau gegoleran  sambil nyemil pisang goreng resikonya badan numbuh ke samping, kalau sauna kebalikannya.  Rajin sauna, bisa bikin badan langsing. Logikanya, dengan sauna maka reaksi tubuh  terhadap uap dan panas akan menjadi baik. Setelah itu, semua sistem dan organ dalam tubuh bekerja maksimal. Metabolisme tubuhpun berjalan lancar.  Dampak ikutannya adalah, proses pembakaran kalori dalam tubuh pun, menjadi makin OK.

Meski manfaatnya banyak, tapi tetep ada hal lain yang mesti kamu ingat saat melakukan sauna, diantaranya:
  • Gosok tubuh dengan lembut
  • Jangan lupa membilas dengan air dingin setelah sauna, agar pori-pori kembali mengecil
  • Lakukan secara bertahap. Mirip seperti prinsip kita belajar, lebih baik pendek-pendek (waktunya) tapi sering, daripada lama tapi sekaligus.
  • Cari tempat sauna yang nyaman, pas di hati..aman di kantong.
 Nggak ketinggalan, stop sauna jika dalam posisi:
  • Sakit, hamil, atau menstruasi
  • Hentikan jika kemudian tubuh merasa tidak nyaman, pusing, mual atau muntah


16 comments:

  1. Belum pernah mandi sauna, banyak juga ya manfaatnya buat kesehatan.

    ReplyDelete
  2. Enak banget ya bun kalau bisa mandi sauna. :D

    ReplyDelete
  3. Banyak manfaat dari mandi sauna, ada jg teman yg selalu mandi sauna secara terjadwal karena manfaatnya mereka bilang, aku blm pernah mbak

    ReplyDelete
  4. Belum pernah nyobain sauna mbak. Kayaknya seru ya.. Kayak di drama Korea ke sauna rame-rame bareng teman atau keluarga

    ReplyDelete
  5. Waw, jadi ini ya manfaatnya. Baru tahu aku, Teh, menakjubkan, ternyata bisa melindungi otak juga..

    ReplyDelete
  6. Aku dari dulu pengen nyobain sauna, apalagi aku sering masuk angin. Kayaknya kok enak gitu

    Disini ada sauna khas orang Karo, mb. Namanya Oukup. Gak cuman panas tapi ada rempah-rempahnya juga. Belum berani coba juga sampe sekarang

    ReplyDelete
  7. tiap kali sepulang setelah masuk ruangan suna, bawaannya pengen makan yang enak-enak dan kemudian selanjutnya tidur diruangan yang ber ac, sambil berselimutkan pelukkan sidia...saya mah begitu, masa...

    #aneh

    ReplyDelete
  8. selama ini aku klo sauna di pemandian umum aja
    gak kuat di ongkos hehe
    tapi betul, manfaatnya banyak banget mbak

    ReplyDelete
  9. saunanya cuma di salon-salon mbak hihihi, kalau yang ruangan begitu masih belum pernah. Menarik ya ternyata manfaat sauna. terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  10. saya seumur seumur belum pernah sauna mbak T.T emang sehat ya.. nanti dicobain hihihi






    *kalo ada duit*
    wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  11. Belum pernah Sauna...
    Tapi di Kalimantan ada yang namanya timung. Mandi uap panas bunga sama rempah-rempah gitu. Kira-kira manfaatnya sama ya... Sauna tradisional :D

    ReplyDelete
  12. tempat sauna bagus untuk keluarkan peluh..

    pasti best tu.

    ReplyDelete
  13. Pengen nyobain :v kalo dipekanbaru ada ga ya kirakira?




    Duitnya belum ada hehe

    ReplyDelete
  14. Belum pernah nyobain sih. Tapi jadi pengen nyobain😀

    ReplyDelete
  15. Belum pernah ke sauna mbak, selama ini lihatnya itu gaya hidup orang kaya dan harganya mahal haha..

    Tapi cocok banget ke sauna pas musim hujan gini, badan jadi hangat ya. Jadi penasaran nih gimana rasanya mandi sauna :)

    ReplyDelete
  16. Di sini nggak ada sih. Adanya di kota. Jadi pengen ngerasain enaknya sauna. :D

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin