CoretanBunda

Personal & Lifestyle Blog

8 August 2017

Catatan Keuangan, Aplikasi Sederhana Untuk Ibu Rumah Tangga.

Pernah nggak ngalami kejadian, ketika angka-angka di kelender masih tengah bulan, tapi kondisi dompet sudah memprihatinkan? Klo saya sih pernah. Pastinya secara otomatis otak akan langsung mikir..ni uang ke mana ya "lari" nya? Perasaan belum lama pada ngumpul, eh kok udah pada bubar... Kalau ingat sih syukur.. Tapi payahnya, klo kita yang megang aja, lupa pemakaiannya untuk apa aja.

Biar laju keuangan keluarga terkontrol, dulu pernah saya nerapin mbikin 3 kolom di buku tulis, masing-masing pemasukan, pengeluaran, dan saldo. Saya isi tiap hari, saya catet setiap ada pemasukan dan pengeluaran,  tapi lama-lama akhirnya nggak tlaten. Repot. Kadang males karena mesti nyari bolpen yang sering nyelip entah dimana.

Tapi belakangan, saya nemu aplikasi keuangan sederhana, dan sepertinya klo ini jauh lebih menarik dari versi 3 kolom di buku tulis. Nama aplikasinya CATATAN KEUANGAN. Tinggal download aja di playstore, gratis.





Seperti saya bilang, app ini memang sederhana, makanya makenya juga gampang. Intinya, kita tinggal input pemasukan, pengeluaran, dan kita bakalan tau saldo yang kita punya. Pengkategorian untuk bagian pemasukan/pengeluaran juga bisa kita tambah sendiri, sesuai kebutuhan. Utak utik aja fungsi-fungsi masing-masing bagian, lama-lama pasti familiar.


Tampilan utama aplikasi ini 

Karena sifatnya yang simpel, pas banget kalo dipakenya untuk level rumah tangga, yang pasti akan beda dengan catatan keuangan perusahaan yang mesti ada laporan laba-rugi, penyusutan, neraca dll. Kalo yang ini, sekedar pengingat dan pencatat arus uang, biar nggak glagepan misal  pak suami nanya penggunaan dana untuk apa saja. Kali aja ada tipe-tipe suami yang gitu. Kalau saya, meski nggak ditanyain uangnya untuk apa saja, tapi lebih ke fungsi pertanggungjawaban aja sebenarnya. Kalau terdata pemakaiannya kan lebih enak. Apalagi kalo larinya uang memang ke hal-hal yang memang dibutuhkan. Ibarat akhir bulan habis atau malah mesti nombok ambil pos tabungan, ya gak apa-apa. Yang penting ngerti kepakenya uang untuk apa.


untuk input pemasukan atau pengeluaran,pake tanda + 

Memang kalau di catet, untungnya apa? Ya kalau pengalaman saya pribadi, perencanaan keangannya jadi lebih jalan. Setiap hari kita kan megang ponsel, jadi diantara sosmed-an pun, kita bisa ngecek-ngecek saldo, bisa juga sambil koreksi diri.  misalnya kok pos pengeluaran kok terlalu besar, sementara untuk pos tabungan kecil. Intinya sih bisa untuk menyusun anggaran, agar nggak besaran pasaknya daripada tiangnya.
Data yang masuk, bisa di konversi ke grafik

Bosan nggak ngentri data tiap habis gajian atau habis belanja? Klo dulu saya bosen pas jaman pake buku tulis. Tapi klo entri pake ponsel, insyaalloh lebih menyenangkan. Tiap hari pegang hape juga kok. Itung-itung memaksimalkan fungsi smartphone juga. 

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi

Kelebihan : 
  • Aplikasinya ringan, nggak makan banyak tempat penyimpanan
  • Gampang di gunakan. 
  • Tampilan juga lumayan
Kekurangan:
  • Tampilan grafik kurang detail, hanya menampilkan pos pengeluaran dan pemasukan saja, bukan detail per pos.
  • Untuk beberapa menu utama misal untuk eksport ke CSV/XLS, transfer account, dan pengingat tagihan/hutang mesti menggunakan versi Pro (berbayar).
Pernah juga saya download aplikasi lain yang serupa, tapi akhirnya saya uninstall lagi karena masih mudah dan simpel make app yang ini.  Hi..hi, belum mau pindah ke lain hati aplikasi 😊

Btw, ada yang mau ngikutin jejak saya nulis pemasukan dan pengeluaran harian? 



11 comments:

  1. pernah banget, pas diingat2, pengeluarannya memang tdk terkontrol dan tidak ada catatan. penting banget nih ada pengingat pengeluaran keuangan sperti aplikasi ini. makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Saya waktu masih kos juga sering membuat catatan keuangan lama-kelamaan rada males dan tidak telaten. Maklum waktu itu masih pakai buku tulis. Tapi semuanya bisa berjalan lancar asalkan kita rajin mencatat heheh

    ReplyDelete
  3. Yey baru tahu dengan aplikasi ini, selama ini cuma di tulis dibuku aja sih, ya untuk mengontrol keuangan rumah tangga, khawatir kebobolan yang nggk jelas kemana larinya tuh uang, terima kasih sist, nanti di coba aplikasinya met pagi met aktifitas

    ReplyDelete
  4. Wah boleh dicoba nih aplikasinya, apalagi kalo penggunaannya mudah, biar catatan pengeluaran dan pemasukan terdata rapi.

    ReplyDelete
  5. Solusi mengontrol pengeluaran nih. Boleh banget deh ntr dicoba

    ReplyDelete
  6. jiah baru tahu aplikasi ini mba sebelumnya aku bikin manual di excel wkwkwk *kekunoan banget* karena selalu defisit akhirnya malaslah mencatat biarkan saja uangnya mengalir *sombong :p
    padahal ini bisa jadi barbuk klo akhirnya ditanya suami kemana aja pengeluaran kita selama ini :)

    ReplyDelete
  7. wah ini berguna banget nih.langsung deh dicobba..
    nice post mba..

    ReplyDelete
  8. Iya bagus juga sih ada pencatatan keuangan rumah-tangga gini. Walau suami mungkin cuma sekedar nanya, tapi kalau bisa menjawab dengan lengkap kan enak juga :D

    ReplyDelete
  9. Dulu pernah menuliskan pemasukan dan pengeluaran dibuku tulis, waktu awal-awal nikah sampai beberapa tahun kemudian. Sampai sekarang bukunya masih ada loh mbak, saya geli sendiri kalau pas nemu buku itu. Tapi sekarang nggak lagi, lama-lama malas juga yaa..

    Tapi kalau ada aplikasi di smartphone yang lebih mudah dan fleksibel mungkin boleh dicoba nih, jadi bisa ketahuan pengeluaran yang paling banyak tuh apa :)

    ReplyDelete
  10. Dulu sebelum kerja aku biasa catat pengeluaran di buku. Tp krn skr ini kerja di bank, jd sbnrnya lbh mudah utk ku ngatur keuangan di rekening sendiri. Nyatet pengeluaran dan pemasukannya jg bisa lgs aku input di rekening kantor :D. Tapi aplikasi ini jg membantu banget yaa kalo hanya sekedar nyatet pengeluaran yg simple dan sehari2 :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin