Skip to main content

Menikmati Aneka Binatang  Air di Kura-Kura Ocean Park, Pantai Kartini Jepara.


Menikmati aneka binatang air bersliweran di depan mata, siapa coba yang nggak suka? Saya aja yang udah gede suka, apalagi anak-anak. Makanya, pas libur imlek kemaren, Kura-Kura Ocean Park Pantai Kartini Jepara menjadi tempat dolan kami. 

Jauh-jauh ke Jepara, memang Jogja nggak ada?? Ada sih. Di kebun binatang ada Aquarium raksasa, Taman Pintar Jogja pun juga punya, atau kalau mau lebih nyata, snorkling di jernihnya pantai Gunung Kidul bisa...eh nggak ding, wong saya nggak bisa berenang, mana berani menyelam. Tapi, ini memang sengaja cari suasana beda, biar nggak di Jogja mlulu. Jadilah kami meluncur ke desa Bulu, kecamatan Jepara, Jepara, Jawa Tengah, sebab di sanalah pantai Kartini berada. Rute yang bisa dipilih, manfaatkan aplikasi navigator aja😀😀

Oke, perjalanan dari Jogja-Jepara, sekitar 5-6 jam, sudah termasuk berhenti makan, sholat, isi BBM dan sebagainya. Berhubung berangkatnya lepas maghrib, sampai Jepara, udah midnight. Cari tempat untuk numpang tidur dulu di seputaran Pantai Kartini.

Dari bentuk bangunannya, sepertinya udah lama hotel ini ada.

Hotel Segoro terletak sekitar 10an menit dari Pantai Kartini. Milih tidur di sini, karena ratenya nggak gitu mahal, 325ribu/kamar termasuk sarapan. Paginya, begitu sudah mandi, sarapan, kami langsung check out lanjut ke Pantai Kartini.


Pantai Kartini di Waktu Pagi

Meski malamnya diguyur hujan, tapi untungnya pagi itu kawasan Pantai Kartini cuma dinaungi mendung yang menggantung. Lupakan sunrise, toh kami datang juga sudah kesiangan kalau tujuannya mengejar matahari terbit. Mininal, kami masih bisa menikmati udara pantai yang segar. 

"Kok gitu pantainya.." 

Ada kekecewaan di wajah anak-anak. Dibayangan awal mereka,  pantai Kartini tak jauh beda dengan Pantai Drini atau pantai berpasir putih dan  berair jernih, dimana anak-anak bisa bermain pasir atau sedikit basah-basahan di tepi pantai. Di musim penghujan ini, air di Pantai utara Jawa ini keruh, jadi memang kurang menarik.

Pantai Kartini, Jepara
Pantai Kartini, Jepara

Bersyukur, kekecawaan anak-anak hanya sesaat. Untungnya, di tepi pantai disediakan playground, dan entah berapa menit pertama, waktu dihabiskan nungguin Alya main prosotan. Alya dapat perosotan, Raka dan saya dapat hiburan..kucing! Banyak banget kucing liar yang gendut-gendut dan jinak yang saya temui di kawasan pantai ini. Warna bulunya rata-rata juga cakep dan cantik. Telusur punya telusur..ternyata karena begitu siangan dikit, banyak banget lapak-lapak penjual makanan dan ikan asin yang menggelar dagangan. Pantesan para kucing betah.

Sebenarnya saya penasaran dengan satu loket penjualan karcis. Di kaca, tertempel di tempat itulah dijual tiket untuk menyebrang ke Pulau Panjang. Pulau Panjang, adalah sebuah pulau yang bisa di jangkau dari Pantai Kartini ini. Dari tepian pantai, pulau ini terlihat jelas. Jadi sepertinya jaraknya memang tidak terlalu jauh.  Pengen juga ke sana, mumpung lagi di Jepara.

Pulau Panjang tampak dari kejauhan

Ah.., tapi mana mau anak-anak diajak menyeberang dengan perahu kecil. 
"Takut tenggelam" 
Masih itu alasan ketakutan mereka saat diajak menaiki perahu. Baiklah, lupakan dulu keinginan melihat secara dekat Pulau Panjang, tunggu anak-anak gedean dan lebih bernyali. Resiko jadi ibu-ibu..harus banyak kompromi. Penelusuranpun berlanjut, ke bangunan Kura-kura Raksasa!


Kura-Kura Ocean Park, Wahana Wisata dan Edukasi Keluarga

Kura-Kura Ocean Park Jepara
Kura-kura Ocean Park

Kura-kura Ocean Park diresmikan pada tanggal 22 Februari 2011. Wuih, sudah cukup lama juga ternyata.. Dan sejak awal pendiriannya, tempat ini memang ditujukan sebagai wahama bermain, sekaligus belajar.

Sebelum masuk ke dalam, biasalah.. Foto dulu. Seandainya tertarik, sebenarnya ada juga jasa tukang foto, dengan tarif @10.000/lembar. 

Pintu masuk dan keluar Kura-kura Ocean Park


Untuk bisa masuk ke dalam, saya mesti beli tiket terlebih dahulu, 17500 rupiah untuk dewasa, dan 12.500 untuk anak-anak. Terjangkau kan?

Kura-kura Ocean Park, terbagi dalam dua lantai. Lantai bawah, difungsikan sebagai taman laut. Disinilah aquarium-aquarium dengan beragam hewan air laut maupun air tawar berada. Selain itu, di lantai bawah juga terdapat Lorong MISTERI BAWAH LAUT.  Yup! Karena aquarium didesain menyerupai lorong. Ada ikan-ikan aneka warna, aneka jenis, dengan beragam ukuran yang menari-nari di sisi kanan dan kiri saya.

Kura-Kura Ocean Park Jepara
Suasana di dalam Kura-Kura Ocean Park


Mengamati ikan-ikan


Kura-Kura Ocean Park
Misteri Bawah Laut

Dilantai ini, ada juga terapi ikan. Fish spa atau terapi ikan menempati ruang tersendiri. Untuk bisa menikmati, kita harus bayar tiket lagi @10.000. Tapi untuk durasi berapa lama, saya nggak ngerti wong nggak nyoba. Geli!

Kalau sudah puas dengan ikan-ikan dibawah, naik aja ke lantai dua. Begitu sampai, saya langsung keingat Taman Pintar Jogja. Ada beberapa wahana bermain anak, dan juga wahana pendukung yang bersifat full sains. IPA bangetlah! Tapi sayang, banyak alat peraga yang sudah rusak, dan belum dibenerin. Ayo..benerin donk Pak...Bu Pengelola..biar kami-kami pada betah di sini..

Mirip yang di Taman Pintar Jogja, tapi yang ini sedelnya rusak


Sebenarnya ada juga bioskop 3 Dimensi di lantai dua Kura-Kura Ocean Park ini, tapi entah kenapa..pas hari itu loket tutup. Sekilas membaca, untuk bisa menikmatj film 3D, pengunjung kena charge (lagi) 10.000 rupiah. Sebenarnya..kalau acara nonton-menonton ini anak-anak suka, tapi lha wong tiketnya tutup. Apa karena pas barengan libur Imlek yaa.. Entahlah..

Sekitar 3 jam an kami muter-muter Pantai Kartini ini. Meski mendung masih tetap menggantung, tapi untungnya hujan belum jatuh. Sekarang waktunya pindah lokasi. Kemana dan Bagaimana, next postingan yaa..

Comments

  1. Seru, ya? Anakku pasti denang diajak lihat kura2. ^_^

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen main ke Jepara, terus ke sini.

    ReplyDelete
  3. Wisata edukasi yang sangat menarik. ^_^ Pasti seru dan menyenangkan

    ReplyDelete
  4. Bentuk bangunannya pun kura kura ya Mbak. Keren dilihat dari luarnya. Detail banget kayaknya.

    ReplyDelete
  5. wah keren banget Jepara ada Ocean Park, surabaya malah kalah yah hahah padahal juga dekat pantai

    ReplyDelete
  6. Kita ada kura2 yang sudah dijadikan hiasan itu loh..kasihan sih..kura2nya digituin..Kita terima karena oleh2 dari teman kerja

    ReplyDelete
  7. asyiiiik...dolan lagi nih raka ma alya.

    meski ga sebesar gebyuran ombak laut selatan tapi tetep hepi dong ya.

    ReplyDelete
  8. Wah seru juga ya ngajak anak liburan ke Jeparaaa. bisa jadi rekomendasi tempat liburan di jepara niiih. Makasi infonya ya mbaaak

    ReplyDelete
  9. Kalau di Jakarta ada Sea World. Biasanya anak-anak betah dibawa ke tempat seperti ini

    ReplyDelete
  10. Lokasi wisata menarik buat anak-anak, semoga bisa main ke sana kapan-kapan

    ReplyDelete
  11. Wuihh.. kura-kura raksasa, jadi ingat kepiting raksasa yang di Wisata Bahari Lamongan itu ya mbak Sulis.

    Bagus juga ya mbak setiap daerah punya ikon wisata tersendiri sehingga mudah diingat.

    Yang penting harga terjangkau, anak-anak suka dan bisa mengedukasi ya mbak :)

    Jadi penasaran nih, next kemana ya..? :)

    ReplyDelete
  12. Aku juga klo terapi ikan suka geli gimana gitu ada uget2 di kaki, takut dipatil #emang lele nit hihi
    Takkira itu kodok mb ternyata e kura2

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin