Skip to main content

Maen Ke Semarang? Ngadem dulu di Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti Semarang
Umbul Sidomukti

Ke Semarang? Ngadem dulu di Umbul Sidomukti. Sebenarnya udah dari dulu banget saya penasaran dengan tempat ini, tapi selalu maju mundur cantik setelah baca beberapa blog yang bilang medan untuk ke sana lumayan sulit. Jalan sempit, berkelok, dengan jurang di samping. Aduh, ngebayangin udah ngeri duluan. Tapi lama-lama kok penasaran, buktiin sendiri ah!! Saya mah, enak tinggal duduk. Yang stir pak suami kok.

Umbul Sidomukti sendiri terletak di Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang. Untuk rutenya, cari via google maps ato app navigator , pasti ketemu. Jadi sebenarnya, obyek wisata alam ini bisa jadi satu paketan wisata dengan Pasar Bandungan, Candi Gedong Songo, sekalian Umbul Sidomukti. Wisata belanja-wisata sejarah-wisata alam pegunungan, klop!! Tapi di kunjungi sendiri-sendiri satu obyek satu hari juga Ok, lebih puas malah.


Menjawab penasaran pertama, soal jalan! Beneran sulit? Jawabannya, relatif. Tergantung drivernya kalau ini. Sarannya, hanya yang mahir yang boleh di belakang kemudi. Entah itu motor, atau mobil, apalagi bis. Jadi sebenarnya, jalan mulai sempit dan menanjak setelah masuk gapura desa. Nanti akan ada satu persimpangan, dimana sudah dipisah antara jalur masuk dan jalur keluar. Ini membantu sekali, karena pas ketemu jalan sempit..nggak perlu kepikiran, nanti klo ketemu kendaraan dari lawan arah gimana. Di samping itu, pas saya kesana tempo hari, banyak masyarakat yang secara swadaya turut membantu arus masuk-keluar kendaraan, agar lancar menuju ataupun meninggalkan obyek wisata Umbul Sidomukti. Oh, iya..sepanjang perjalanan halus, sudah dikeraskan dengan semen/beton. Satu lagi yang penting, kendaraan harus sehat.

Suka ngeliat panorama alam pegunungan

Soal panorama, jangan ditanya..benar-benar menawan! Begitu masuk daerah Bandungan, saya sudah tersihir sama hijau-hijaunya tanaman sayuran penduduk. Berasa ayem-tentrem gitu lah pokoknya. Kalau sudah begitu, yang saya lakukan adalah buka kaca jendela kendaraan lebar-lebar, puas-puasin memandang dan menghirup udara pegunungan...Segerr!!

pegunungan
Warna hijau dominan sejauh mata memandang
Paling enak ke obyek wisata pegunungan, kalau saya pas  pagi. Segernya udara lebih berasa. Di samping itu masih belum banyak pengunjung lain yang berdatangan, jadi masih dapat nuansa alaminya. Soalnya kalau udah umpel-umpelan..nggak  asik lagi. Ya udah, beli tiket dulu yuk!

Beli tiket dulu yuk..! Hari minggu, @10.000 rupiah
Setelah membayar parkiran Rp 3000 untuk satu mobil, kewajiban berikutnya, bayar tiket masuk. Karena pas hari libur, masing-masing dari kami dikenai harga tiket @ Rp. 10.000. Untuk hari Itu sudah termasuk tiket berenang, jalan-jalan sak kesel e..trus boleh leyeh-leyeh di gasebo sepuasnya. Sementara kalau yang pengen sesuatu yang lebih menantang adrenalin, ada dan bisa...termasuk, kalo kepengen naik kuda. Tarif 50ribu, untuk satu putaran.

Loket pembelian tiket untuk wahana pacu adrenalin

Sesuai namanya, maka daya tarik utama Umbul Sidomukti adalah  kolam renang alami. Ada 4 kolam yang dibuat berundak, dengan lebar dan kedalaman yang berbeda. Bentuknya juga unik..nggak melulu kotak seperti kebanyakan kolam renang. Trus, tepiannya juga dari batuan alam, jadi kelihatan natural banget. Bagus lah pokoknya.

Kolamnya alami banget

Airnya dingin banget kalo pagi.
Kalau ke tempat ini tujuannya berenang, silakan Byurrr...dengan segera. 
Beberapa pengunjung, saya lihat langsung mencebur ke kolam dengan semangat. Saya, Raka, Alya, dan Pak suami? Nggak berani dengan dingin airnya. Sedingin air es. Ya udah cemplung-cemplungin kaki aja.

Bawaan selanjutnya, lapar. Nggak perlu khawatir, di samping kolam, ada sebuah kedai makan dengan menu yang lumayan beragam. Tapi memang jam bukanya agak siang, sekitar jam 9an waktu itu. Bisa dimakan ditempat, atau bisa dibawa ke gasebo-gasebo yang banyak berdiri di deket area kolam. Tapi memang untuk standar saya, harga nya lumayan mahalan. Mau lebih ngirit? Bawa bekal aja dari rumah..nggak dilarang kok! 😊🍲🍝🍟


Istirahat dulu, sambil nunggu pesenan sarapan anak-anak n suami. Saya milih bawa buah dari rumah.

Sebenarnya banyak banget yang bisa dilakukan di tempat keren dan cakep kayak gini. Fasilitas, memadai. Arena-arena uji nyalinya apalagi. Pas tempo hari kesana, ada juga satu keluarga yang camping di camping ground. Kayaknya sih asyik. Sampe-sampe pak suami juga nawarin ke dua bocil kami,

"Mau...kapan-kapan nyewa tenda trus tidur di sini?"
"Nggak mau..., di rumah aja" 

Trus waktu di tempat para ngetem kuda sewaan saya juga nawarin..

"Naik kuda yuk, sama ibuk wis.."

Keduanya menggelang. Nggak mau...jalan aja.  *ya, sudahlah...itung-itung olahraga pagi😀😀

Kesimpulannya..
Umbul Sidomukti cocok banget buat yang lagi nyari suasana yang alami. Kalaupun nggak berenang, tetep bisa menikmati alam dengan memandang sepuasnya, menikmati semilir angin dengan aroma-aroma alam yang bener-bener nggak bikin bosen. Jadi..saran saya sih tetep..Klo Dolan atau main ke Semarang, jangan lupa ngadem di Umbul Sidomukti.

Comments

  1. ooh umbul sidomukti ada di daerah bandungan toh. saya dulu pernah ke bandungan, tapi memang dasarnya gak tau tempat wisata yg bagus di bandungan, ya... ke badnungan gitu aja deh... hehe

    ReplyDelete
  2. tempatnya bagus banget Mbaa, harga masuknya juga murah yaa. Hmmm, kapan yaa saya bisa menginjakkan kaki di tempat ini?

    ReplyDelete
  3. Pengenlah kapan2 kesana, Pekalongan -Semarang lumayan deket

    ReplyDelete
  4. Liburan lalu pengen kesini. Tapi waktu nggak cukup buat eksplor Semarang. Padahal dah di Bandungan.

    ReplyDelete
  5. Liburan lalu pengen kesini. Tapi waktu nggak cukup buat eksplor Semarang. Padahal dah di Bandungan.

    ReplyDelete
  6. Wah ini yg kucari cari mbak.. Semoga bisa kesana kalau pas pulang ke Indonesia.fotomu bagus2 bikin bahagia hehe. Disana juga bs nginep kan ya, yg mau nginep hrus bayar tiket masuk itu gak ya? Suwun

    ReplyDelete
  7. Kelihatan adem banget ya mbak daerah wisatanya..

    ReplyDelete
  8. tumben dirimu ada di foto hihihi...biasane jadi fotografer thok.

    wuih...nek camping di situ uadem no lis pas malam. tapi asyik ya kayaknya.

    ReplyDelete
  9. Saya sudah beberapa kali ke Semarang tapi belum pernah berkunjung ke tempat asyik ini.
    Terima kasih reviewnya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    ReplyDelete
  10. kalau di Garut pemandangan yang seperti itu disebut Darajat, bisa berenang sambil liat pemandangan gunung

    ReplyDelete
  11. Istri saya bersama rombongan sudah pernah ke umbul ini, tapi saya belum :)

    ReplyDelete
  12. Asyik juga tuh berendam sambil liatin pemandangan hijau yang indah.
    Pasti nyaman banget.

    ReplyDelete
  13. Wahh ini namanya tamparan telak buat saya mbak Sulis. Secara saya belum pernah kesini padahal rumah saya dekat Ungaran loh. Huhuhu.. sakit hati sayaa.. mengapa nggak ngajak-ngajak mbak..?? Sungguh teganya teganya teganya teganya...
    :)
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenane mbak??? Gedawang itu daerah ungaran tho..?

      Delete
  14. aku pernah kesini mbak, tapi pas cuaca ga bersahabat, mendung total :) Jadinya ga sempet eksplore, semoga bs kesini lagi next kl ke Semarang, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin