Personal & Lifestyle Blog

14 November 2016

5 hal keren ini menjadikan Pantai Krakal Gunung Kidul sayang untuk dilewatkan

"Aku sudah pangling sama Jogja. Lebih macet, banyak hotel, banyak mall"  
 (Komentar seorang teman, setelah sekian lama meninggalkan Jogja, trus balik untuk liburan)


Ini nanti mo jadi resto atau penginapan ya? Kita tunggu saja☺
Benar kalau ada yang bilang pembangunan fisik di Jogja kian pesat.   Kalau tak percaya, tengok saja Kabupaten Gunung Kidul. Memang, intensitas saya ke Kabupaten di sisi timur jogja itu juga nggak sering banget. Paling dua bulan sekali, kalau pas lagi kangen untuk nge-pantai. Tapi setiap kali ke sana, ada saja yang berubah.  Pembangunan SPBU  baru, pembangunan Toserba lumayan gede, semakin banyak penginapan-penginapan bernuansa alam, dan yang paling update banyak pelebaran-pelebaran badan jalan di jalur kawasan pantai. Banyak bukit-bukit kapur yang kemudian dipotong, demi pembangunan sarana dan prasarana pariwisata. Kayaknya para investor lagi pada rame-rame nanem modal di gunung kidul nih.☺


Dan postingan ini tentu saja nggak akan mbahas peluang investasi, saya nggak ngerti ilmunya kalau itu. Cuma mau cerita, kalau saya pun pangling dengan Pantai Krakal. Ibarat cewek, makin hari makin cantik ☺ Rugi kalau nggak maen ke sini.

Boleh mampir tulisan jalan-jalan pas di pantai Gunung Kidul ini dulu.


Menurut saya, setidaknya ada lima hal yang menjadikan anda harus menyambangi pantai Krakal, Gunung Kidul kalau pas lagi maen ke Jogja

1. Gampang dicari, dengan biaya masuk lokasi wisata yang sangat terjangkau.




Begitu meninggalkan kota Wonosari dan mulai memasuki jalan Baron, banyak plang-plang penunjuk  jalan yang sangat memudahkan pengunjung, terutama yang datang dari luar daerah. Satu hal menguntungkan lagi, untuk mengunjungi sedemikian banyak pantai di Gunung Kidul (yang masih satu deretan tapi), pengunjung hanya di tarik satu kali retribusi, dengan besar 10 ribu perorang. Saya yang selalu bawa 2 bocil nggak pernah kena charge, padahal selalu bilang "dua dewasa, dua anak-anak Pak". Rejeki emak sholehah. Selanjutnya biaya yang mesti dibayarkan parkir saja, 5 ribu untuk kendaraan roda 4. Biasanya oleh petugas parkir biaya dikenakan di depan.

2. Pantai Krakal itu, 3 in one!



Parkir di satu tempat, dan anda bisa ke 3 pantai sekaligus. Beneran? Iya bener! Biasanya kalau kami ke pantai Krakal, suami akan nyari tempat yang rindang dulu untuk parkir. Setelah posisi kendaraan aman, kami bisa langsung turun ke Pantai Krakal. Kalau sudah puas, tinggal berjalan menyusuri pantai ke arah barat, nanti akan tembus ke pantai Slili dan juga pantai Sadranan. Antara pantai Krakal-Slili-dan sadranan hanya terpisahkan karang tak begitu besar.  Bahkan untuk krakal-Slili, nyaris berdempetan. Jadi tinggal naik sedikit, melewati beberapa rumah penduduk/penginapan, sampai deh ke Pantai Sadranan (pantai yang terkenal dengan snorklingnya)

3. Fasilitas dan akomodasi untuk pengunjung cukup memadai.



Sudah masuk waktu sholat, tapi masih pengen lebih lama di air? Bersih-bersih badan dulu aja, karena di sini banyak warga yang nyewain kamar mandi untuk buang air kecil, cuci-cuci atau mandi bilas. Tarifnya sekitar 2 ribu sampe 4 ribu rupiah. Untuk sholat, ada musholla umum. Tapi untuk mukena, mending bawa sendiri, dengan pertimbangan kebersihannya lebih terjamin. Kalau tiba-tiba lapar? Banyak warung-warung sepanjang pantai yang yang menawarkan menu-menu khas pantai, maupun menu standar (mie, bakso, nasi goreng, ayam), dengan harga yang wajar. Bahkan seandainya pengen lebih lama menikmati suasana pantai, banyak penginapan-penginapan yang tersedia.


4. Pantai krakal adalah pantai yang cantik.



Pertama, jarak antar parkiran dengan bibir pantai deket banget. Kalau yang lagi males jalan, bisa saja langsung duduk-duduk di gasebo yang banyak berjajar, nikmati semilir angin dan suasana pantai. Tapi melihat pantai yang landai, dengan pasir putih yang bersih, siapa coba yang tak tergoda? Makanya, nggak cuma kalangan keluarga saja yang sering menyambangi pantai ini, para anak-anak muda juga keliahatannya betah banget kalau udah pada gelar tenda.


5. Beberapa spot tambahan kini telah dimiliki pantai Krakal.



Ini pas banget buat yang suka selfie. Bagi yang pengen melihat birunya pantai selatan dari ketinggian, bisa juga langsung naik ke bukit jujugan. Bukit jujugan berada di sisi Barat pantai Krakal, dan kini tengah dalam proses penyempurnaan pembangunan.

15 comments:

  1. keren mb, boleh dicoba. btw fotonya coba bikin agak gede mb, biar lebih jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah aku gedein mbak. Makasih ya masukannya.. Ayuk, main ke djogja ☺

      Delete
  2. Waaaah kece juga nih pantai di Jogjaaaa. Cuma kurang terawat dan tertata aja ya mak sepertinyaaa. Kalo di benahin dikit lagi pastinya makin cakeuuppp

    ReplyDelete
  3. cantik pantainya mbak
    semakin banyak pembangunan makin ramai saja ya

    ReplyDelete
  4. Lama ga nongol di sini hihihi!
    Aku ke pantai ini jaman Aliyah Mbak. Sekarang beda ya penampilannya ^_^

    ReplyDelete
  5. Ha..kangen Jogjaa..semoga kesampean kesana lagi...

    ReplyDelete
  6. Klo daerah pantai/pegunungan )terutama gunungkidul dan kulonprogo)msh asri nan hijau mbak...tapi daerah kota jogja dan sleman, dan sebagian bantul udah mulai banyak pembangunan gedung2 bertingkat...

    Aku pernah liburan ke pantai, gak beli makan, soalnya mihil...nyesel kenapa gak bawa bekal sendiri dari rumah...

    Liburan bareng keluarga asyik ya mbk hihihihi :D
    Nice story...

    ReplyDelete
  7. Gunung kidul memang lagi naik daun banget di dunia travelling terlebih bagi org2 yg membutuhkan suasana natural

    ReplyDelete
  8. Saya dulu pernah juga ke pantai krakal, tapi udah lama bingit mbak Sulis. Mungkin kalau kesana lagi udah pangling ya. Saya kan jarang jalan-jalan hehe..

    Iya sih yang paling penting adalah fasilitas apalagi untuk ibadah, jadi kita nggak bingung kalau mau sholat :)

    ReplyDelete
  9. belum pernah kesini, jd pengen mampir kalo main lg ke yogya, aku jg ada sih sepupu di gunung kidul :D

    ReplyDelete
  10. Yahh.. waktu ke Jogja gak main ke pantai, padahal sekali datang bisa ke 3 pantai ya? Belum rejeki :D

    ReplyDelete
  11. duh Jogja, kapan saya bisa kesana lagi yah?? pengen banget bisa ke sana lagi :(

    ReplyDelete
  12. Pantai-pantai di GK memang cantik-cantik ya, Mbak, termasuk Krakal ini :)

    ReplyDelete
  13. Mb pantaine sama kayak nama pemandianaer panas di deket tempat ku , krakal, kebumen hihi

    ReplyDelete
  14. Banyak temen-temen yang udah pada kesini, ane belum tapi.Huhuhu...

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin