Personal & Lifestyle Blog

25 July 2015

Cari Seragam Sekolah? Ada Kedai Pramuka...

tampilan depan Toko Kedai Pramuka Jl. Adisucipto

Kalau liat toko dengan nama dan tampilan seperti itu, apa yang langsung terlintas di pikiran? Berkali-kali melintas di depannya, bayangan saya di toko tersebut hanya menjual seragam, tongkat, topi, tali, dan berbagai pernak-pernik kepramukaan saja. Ternyata...dugaan saya salah besar! Untuk urusan seragam sekolah anak, menurut saya inilah yang terlengkap untuk area Jogja. 


Semuanya berawal ketika saya mesti membayarkan biaya prasarana dan buku paketnya Raka di sekolah untuk kelas 3 SD mendatang. Setelah urusan keuangan selesai, sengaja saya mampir ke koperasi sekolah, niatnya mau tanya prosedur pemesanan seragam sekolah. Dulu pas awal masuk kelas 1, seragam sekolah ditangani oleh organizer, yang dibagikan bersamaan dengan waktu daftar ulang. Setelah 2 tahun dipakai, ada beberapa baju dan celana seragam yang kondisinya sudah memprihatinkan. Rencananya mau beli pakaian jadi aja, daripada repot beli kain trus mesti jaitin di tukang jahit. 

"Ke Kedai Pramuka saja bu....di sana lengkap kok," kata petugas koperasi sekolah. Wah...kalau petugas koperasinya saja merekomendasikan ke sana..., kenapa nggak dicoba? 

Sebenarnya, kalau hanya sragam putih-merah dan pramuka standard SD negeri saja, di toserba dekat rumah juga ada. Tapi ini mesti nyari sragam yang agak warna-warni. Putih-merah untuk senin, putih-putih selasa, Krem-krem untuk Rabu, Kamis kuning-coklat, seragam Hisbul Wathon pas Jum'at, dan krem model koko untuk Sabtu. 

Males terkena macet, akhir ramadhan kemarin kami mulai hunting seragam di Kedai Pramuka yang cabang Gejayan. Lebih dekat rumah pertimbangannya.Ternyata, di toko cabang ini koleksi seragam sekolah kurang lengkap. "Di sini hanya menyediakan seragam yang untuk sekolah umum bu...kalau yang atasan putih bersaku dua, di Ambarukmo saja" kata mas-mas yang jaga. Daripada pulang dengan tangan kosong, akhirnya nyicil seragam atasan untuk hari Senin, dan celana panjang putih untuk Selasa. 

Berhubung Senin besok Raka dah mulai sekolah, siang tadi ditemani suami dan duo krucils..hunting sragam tahap ke dua dilanjutkan. Untungnya kedai Pramuka yang Ambarukmo ini gampang banget dicari; Selatan jalan, di sisi timur Toko buku Sosial Agency. Seperti dugaan awal....kalau kemarin-kemarin toko busana muslim yang laris manis, minggu ini toko seragam yang penuh pelanggan.






Pembelinya banyak kan...
Kita tinggal bilang ke mbak2/mas2 pramuniaga, maunya apa...trus diambilin...boleh dicoba


Untung semua seragam yang kami cari sudah didapatkan. Lengkap pula dengan badge lokasi ataupun badge nama sekolah. Sepertinya toko ini sudah bermitra dengan beberapa sekolah. Buktinya, ketika saya nyebutin nama sekolahnya Raka...saya tinggal request aja, "...mbak atasan untuk Selasa, Rabu, Kamis, dst...   

Oh, iya...seragam yang ada di Kedai Pramuka ini, nggak cuma untuk anak SD, seragam SMP dan SMA juga ada... Harga ditentukan berdasarkan ukuran. Sekitar 60-80an ribu untuk atasan lengan panjang. Celana panjang 70-80an ribu juga. Itu untuk ukuran SD lho yaaaa... yang lainnya, nggak sempat ngintipin... Satu lagi, Kedai Pramuka bukanya pagi kok, jam 8.00....hari Minggu tetap buka.



Mau yang mana?
Nah..tu ibu-ibu Jogja dan sekitarnya yang masih ribet cari seragam sekolah anak, Kedai Pramuka kayaknya bisa jadi solusi pertama :-)

14 comments:

  1. jujugan ibuku dulu nih. paling sering dulu cari tongkat sama pasak dan tali pramuka. kl seragam dulu selalu dijahitin sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak sampai 10 menit dari blok O...lengkap, dekat, cepat :-)

      Delete
  2. Waah lengkapnya. Bisa beli sekaligus macam2 ya. Kalo di Bogor ada namanya Toko M260 jual aneka seragam juga kyk gini mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb.. Pdhl tmpk depannya kecil...tp dalemnya luas ternyata. Seragamnya jg komplit

      Delete
  3. ooo, ngga disediakan sekolah ya mba seragamnya. kita nyari sendiri ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelas satu aja mb..kelas berikutnya bisa pesen via koperasi . Tapi ma koperasi mlh suruh ke pabriknya langsung...ya udah...

      Delete
  4. aaaahh seragam HW jadi inget jaman SMA hehe...

    ReplyDelete
  5. Kalau seragam sekolah anak-anak saya belinya di sekolah. Tapi kalau yang pramuka, saya suka beli sendiri di luar sekolah :D

    ReplyDelete
  6. Untuk seragam pembina pramuka ada tdk ya?

    ReplyDelete
  7. Untuk seragam pembina pramuka ada tdk ya?

    ReplyDelete
  8. Ada rok item span belakang ga?

    ReplyDelete
  9. Ada rok item span belakang ga?

    ReplyDelete
  10. ada Scarf / hasduk Pramuka yang berwarna hijau putih nggak,??

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin