Sederhana Jadi Istimewa Berkat Sambal Ny. Rara, Makanpun Jadi Lahap

2 komentar

 Mending lauk seadanya tapi pedes, daripada mahal, tapi tanpa sambal.

Itu tagline saya saat makan atau kalo lagi pas kulineran. Kalau anak-anak dan Pak Suami pastinya sudah hapal. Setiap kami njajan, trus warung atau restonya punya menu andalan yang bercita rasa pedas atau berhubungan dengan persambelan, biasanya Alya akan auto nyletuk “Wah...ibu iki sing seneng”. Bha..ha..ha

Terbiasa mengkonsumsi makanan pedas sejak kecil, membuat lidah saya semacam kecanduan dengan cabai. Sayangnya, suami dan duo bocah saya punya selera yang berbeda. Mereka hanya mau makanan pedas dengan   level  yang rendah.

Solusinya kemudian adalah sambal, karena sambal bisa disajikan secara terpisah. Mau seberapa pedas, bisa diatur secara kuantitas. Mau pedas, ya tinggal beri dalam jumlah banyak. Begitupun sebaliknya. Jadi nggak ada masalah lagi meskipun ada perbedaan level kepedasan dalam satu rumah.

Ny. Rara, Sambal  Siap Saji Dengan Aneka Varian Rasa Khas Nusantara

Kedekatan masyarakat Indonesia dengan sambal,  rupanya tak bisa lepas dari alasan historis; bahwa sambal telah ada jauh sebelum kedatangan bangsa Portugis di Indonesia dan membawa cabai dari Benua Amerika. Ulasan tentang 46 jenis sambal yang dimiliki berbagai daerah di Nusantara, terekam dengan baik pada Serat Centhini  sebagai manuskrip tertua yang dibuat pada tahun 1814.

Wajar, jika kita kemudian akrab dengan apa yang namanya sambal. Dalam kehidupan sehari-hari, sambal  memiliki peran istimewa. Pedas sambal yang bisa jadi membuat lidah tidak nyaman bagi sebagian orang, justru menjadi penyemangat dan penggugah selera bagi penggemarnya. Bahkan sensasi  pedas nya sambal bisa meningkatkan kadar kenikmatan suatu makanan/masakan lho.

Untuk urusan sambal, terkadang saya memilih memasaknya sendiri, atau kadang-kadang membeli dalam bentuk sambal yang sudah jadi. Kelebihan sambal bentuk jadi ini, selain lebih praktis, dari segi biaya bisa jadi malah lebih ekonomis. Ingat kan jaman cabe mahal, seribu cuma dapat 2 doang? Nah, membeli sambal yang sudah jadi dan tinggal konsumsi ini malah bisa jadi solusi.

Banyak sambal siap saji yang beredar di pasaran. Ada yang merupakan produk perusahaan besar, namun banyak pula yang lahir dari usaha kecil dan menengah. Sebagai konsumen, kita tinggal memilih dan menyesuaikan dengan selera.

Hingga beberapa hari kemarin seorang teman  mengenalkan saya pada Ny. Rara, merk sambal made in Tangerang yang beberapa hari terakhir ini menjadi partner makan keluarga.  Enak sih kalau sudah punya stok Sambal Ny. Rara di rumah. Kadang kalau tidak sempat masak sayur, tinggal goreng lauk yang ada, beri lalapan, lengkapi sambal. Beres!

Review sambal praktis Ny. Rara
Sambal Ny. Rara juga tersedia kemasan mungil. Lebih praktis dan ekonomis 

Saya ngerasa, dengan sambal siap saji Ny. Rara ini menu-menu simpel jadi terasa lebih lezat, dan makan jadi lahap. Sebut saja seporsi nasi hangat ditemani tahu-tempe goreng dan sayuran rebus. Tinggal lengkapi saja dengan sambal, duh...gitu saja  sudah nikmat banget di mulut.

Kenapa? Menilik rasa sambalnya, saya bisa menilai kalau sambal Ny. Rara terbuat dari cabai asli dan bahan-bahan premium lainnya. Di lidah saya, komposisi cabe dan bumbu lainnya  pada sambal ini pas, jadi rasa antara pedas, manis,  gurih dan asin nggak ada yang njomplang. Serasi kalau diibaratkan orang.

Selain itu, level pedas ( saya yang level pedas-nagih ) nya masih nyaman  di mulut.

Pedes, tapi masih bisa ditolerir. Pedes yang nggak bikin megap-megap di mulut atau hidung langsung ingusan gitu lah. Hmmm..gimana yaa nggambarinnya...? Jadi pedesnya sambal Ny. Rara itu kayak  yang pedes dan  justru mbikin semangat untuk ngambil nasi dari satu suapan ke suapan berikutnya. Lagi dan lagi gitu lah pokoknya😋😋

Terus kealamian rasanya juga terjaga, mirip-mirip kalau nyambel sendiri..tapi ini jauh lebih praktis. Lebih enak tentunya. Tahu sendiri lah..kemampuan saya dalam masak-memasak kan ngepas😊

Untuk informasi, level kepedasan untuk Sambal Ny. Rara ini ada dua macam, yaitu pedes nampol dan pedas nagih. Pedas nampol, adalah level pedas yang lebih tinggi dari level pedas pedas nagih. Level pedas nampol ini mungkin segmennya untuk para pecinta pedas sejati, karena kandungan cabenya lebih melimpah sehingga sensasi pedasnya lebih dahsyat.

Dari segi   varian rasa, sambal Ny. Rara ini cukup menggambarkan Indonesia, beragam. Totalnya ada 11 varian. Belum selengkap yang diulas di Serat Centhini memang, tapi cukup lah untuk menggoyang lidah para penggemar sambal.

Dari beberapa rasa yang sudah saya coba, saya paling suka ambal Teri Medan dan juga yang rasa tuna. Gurih-pedasnya kerasa. Topingnya juga banyak. Yang varian tuna, potongan ikannya melimpah, besar-besar dan empuk. Auto ingat sambal pada nasi bungkus di angkringan deh 😊.  Karena banyaknya toping yang tercampur pada sambal, kalau buat makan nasi pake sambalnya doang pun nggak masalah kalau saya.

Selain varian sambal Ny. Rara Teri Medan, beberapa varian lain yang yang dimiliki Sambal Nyonya Rara yaitu:

  • Sambal Gami
  • Sambal Cumi
  • Sambal Terasi
  • Sambal Jengkol
  • Sambal Kecombrang
  • Sambal Geprek
  • Sambal Rebon Pedas
  • Sambal Bawang
  • Sambal Petai
  • Sambal Tuna

Keistimewaan Lainnya dari Sambal Ny. Rara


Sambil praktis tanpa ribet
Sambal Ny. Rara  favorit versi saya, varian Sambal Tuna.

Hari ini siapa sih yang tangannya nggak gercep saat berbelanja online melalui smartphone? Meskipun diproduksi di Tangerang, sambal Ny. Rara ini bisa didapatkan oleh teman-teman yang tersebar di seluruh nusantara secara online, baik order melalui media sosialnya dan web Sambal Ny. Rara maupun berbelanja di place market. Teman-teman bisa melakukan pemesanan dengan cara DM Instagram, Facebook, Tiktok, atau berbelanja melalui Shopee dan juga Tokopedia.  

Kalau untuk pengiriman yang jauuh sekali, antar pulau misalnya? Asal ada bukti video unboxing, sambal yang rusak saat proses pengiriman, akan diganti oleh penjual. Produsen menjamin bahwa produk akan dikirim dalam kondisi fresh dan sudah melalui pengecekan quality control terlebih dahulu. Sambal tahan selama 1 bulan dari proses pembuatan dan 4 hari setelah kemasan dibuka.

Dari segi harga, produk Sambal Ny. Rara juga terjangkau kok, mulai dari harga 9000-an sampai 40.000an untuk ukuran yang paling gede. Bahkan kalau mau lebih hemat dan penasaran untuk nyicip banyak rasa, pesennya bisa model paketan dengan harga 80.000an-130an ribu rupiah.

Higienis dan praktis, karena kita nggak perlu repot ngulek, numis, dan mempersiapkan segala isian sambal menjadi poin plus Sambal Ny Rara. Kemasannya yang mungil dan ekonomis, menjadikan sambal bisa dibawa kemana-mana, traveling atau bekal kantor misalnya. Atau pantes juga kok misal mau dipake sebagai buah tangan.

Mau buktiin sendiri kalau Sambal Ny Rara ini bisa bikin makan makin lahap karena rasanya yang istimewa? Cuss cari Sambal Ny. Rara di media sosial atau placemarket ya!

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. waini aku lagi mencari sambal sachetan yang pas
    biasane aku beli di minimarket tapi kadang pedes sama gurihnya kurang nendang
    tapi lumayan si yg penting ada sambal ginian meski cuma tempe tahu atau telur udah enak
    malah pakai kerupuk aja udah enak
    kapan kapan aku beli nih sambelnya

    BalasHapus
  2. waduuuh baca deskripsinya mba lis mendadak aku jadi kemlecer deh...nggonaku juga mba lis serumah menunya beda beda selera..wkwkkw...nek aku sebenere ga patio biso pedes....nek pedes pasti kudi ada sedikit manis manisnya...atau nek sambel ya yang manis pedes gitu

    BalasHapus

Posting Komentar