Kucing Memang Hobi Tidur, Bahkan Posisi Tidurnya Pun Rupanya Punya Arti

3 komentar


Makan, tidur, eek..

Makan, tidur, eek..

Itulah kesibukan utama bos bulu kita. Iya kan? Ha..ha. Sudah bukan rahasia lagi kalau tidur menjadi porsi paling besar dari seluruh kegiatan kucing dalam satu hari. Apalagi musim hujan begini.. dalam satu hari, bisa ber ronde-ronde tidurnya. Pagi bagun, minta maem, trus tidur lagi..

Secara alami, kucing memang salah satu hewan yang memiliki jam tidur yang panjang. Dilansir dari beberapa sumber, dalam satu hari kucing rata-rata memiliki jam tidur selama 15-20 jam. Bahkan bayi kucing bisa tidur 21 jam   atau lebih dalam sehari. Jadi, misal kamu punya kucing di rumah dan kegiatannya tidur mlulu..harap maklum, memang sudah gawan bayi 😊

Dibalik kebiasaan tidurnya yang panjang, ternyata saat tidurpun kucing bisa menyampaikan pesannya lho ke kita. Jadi, bukan hanya animal communicator saja yang bisa ngerti apa yang sebenarnya dirasakan kucing. Kita yang orang biasa, ternyata bisa lho tau apa yang dimau/tengah dirasakan si anak bulu dengan mengamati posisi tidurnya.

Beberapa Posisi Tidur Kucing dan Artinya

Arti posisi tidur kucing

Selama ini kucing dikenal sebagai hewan yang ekspresif. Ia dipercaya menjalin berkomunikasi dengan manusia melalui kedipan mata, maupun posisi ekor. Selain itu, rupanya posisi tidur kucing juga mampu menggambarkan perasaan hatinya. 

Ada beberapa posisi tidur yang sering kita lihat/kita jumpai:

Kucing Tidur dalam Posisi Telentang

Dalam versi saya, posisi tidur kucing seperti ini merupakan posisi yang paling imut. Apalagi si kucing punya body yang gendut-bulat menggemaskan. Auto pengen nguyel-uyel. Katanya, kalau kucing tertidur dalam pose sudah berani menunjukkan area perut secara sukarela di hadapan manusia, artinya kucing merasa aman. Dia sudah percaya dan yakin menunjuk kita sebagai babu nya. 

Kucing tidur telentang
Namanya Mbul, kucing tetangga yang sudah kayak jadi kucing liar karena hobinya bertualang. Sering mampir ke rumah, untuk makan & tidur


Kenapa? Karena bagi kucing area perut adalah titik lemahnya kucing/bagian yang rentan diserang musuh. So, bersyukurlah meskipun kita Cuma babu, karena si majikan  sudah suka rela memamerkan perut dan kadang-kadang bijinya.

Kucing Tidur dengan Menutup Wajah

Pernah kan, liat kucing tertidur mlungker, bulet dengan tangan eh kaki menutup wajah dan area telinga gitu? Itu artinya, “SSttt...diam jangan ganggu tidurku”. Kucing yang tidur dengan posisi kaki depan menutupi wajah artinya sedang tidak mau diganggu. So, kalau kebetulan anak bulu di rumah tidur dengan posisi seperti sedang menutup wajah/telinga, jangan diganggu ya.

Kucing tidur tutup muka
Klo nemu kucing tidur dengan nutup mata seperti itu...tandanya ia ogah diganggu


Kucing tidur dengan Posisi Melengkung

Dalam posisi ini, kucing ternyata sedang melindungi tubuhnya dan menjaga posisi tubuh tetp hangat. Biasanya kucing tidur dengan posisi melengkung saat cuaca dingin atau tengah sakit.

Kucing Tidur Meringkuk

Saat kucing tidur dengan posisi meringkuk, itu tandanya kucing senang dengan lingkungannya. Posisi tidur meringkuk, rupanya membantu kucing menghemat energinya.

Kucing Tidur dengan Posisi Miring

Apabila teman-teman menjumpai si Mpus tidur dengan posisi miring, konon artinya kucing merasa aman dan damai. Selain itu, kucing juga merasa percaya dengan manusia yang ada di dekatnya.

Nah, itu tadi beberapa posisi tidur kucing dan artinya. Dengan mengetahuinya, maka kita sebagai pemilik kucing semakin paham dengan bahasa tubuh para anabul. Kalau sudah paham, maka si kucingpun akan merasa senang berinteraksi dengan manusia. Harapannya tentu saja, komunikasi kucing-manusia pun semakin baik. 


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. Ternyata posisi tidur kucing juga punya arti. Makasih mbak buat ilmunya 👍

    BalasHapus
  2. Hahahaha, ternyata punya arti ya.......kucing tetangga saya tiap hari pasti datang ke teras rumah saya, lalu tidur dgn menutup wajahnya gitu Mba, sorenya bangun lagi dan kembali ke rumahnya

    BalasHapus
  3. 80% dari hidup kucing dibuat untuk tidur, pernah baca fakta-fakta tentang kucing yang paling menonjol itu tidur. Seharian 15 jam tidur mulu apalagi ada yang sampai mendengkur. Tapi baru paham kalau ada makna di balik posisi tidurnya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar