Cari Blog Ini

28 Mei 2019

# parenting # Perlu Tahu

6 Hal Positif Bermain Lego yang dapat Mempengaruhi si Kecil


Sumber : Shopee.co.id
Banyak mainan anak yang menawarkan beberapa keunggulan untuk dapat mengembangkan kecerdasan dan meningkatkan kreativitas mereka. Sayangnya harga yang ditawarkannya pun cukup mahal dan menguras kantong. Tapi ada mainan yang memiliki harga murah dan bisa mengasah otak anak yakni, lego. Dengan mainan lego yang murah ini banyak manfaat yang bisa si kecil dapatkan selain mengasah otak. 

Menjadikan lego sebagai mainan yang dapat mengasah edukasi anak merupakan pilihan yang pas. Caranya si kecil akan memikirkan sebuah bentuk, lalu dengan lego anak-anak akan mulai membentuknya seperti yang mereka inginkan. Tidak hanya melatih edukasi anak saja tetapi dengan bermain lego anak bisa menjadi cerdas karena lego akan melatih stimulasi anak. Selain itu, masih banyak lagi pengaruh positif dari bermain lego bagi anak. Apa sajakah itu? Yuk, langsung simak ulasannya dari kami!

1. Melatih keterampilan motorik halus anak

Sumber: Utakatikotak.com

Ketika menghubungkan berbagai bentuk dan ukuran dari potongan-potongan lego tersebut akan melatih ketangkasan si kecil. Tapi ketika menyatukan potongan-potongan lego yang lebih besar maka tekanan yang diperlukan oleh anak akan berbeda dan bertambah besar dari sebelumnya.

Tentu saja hal tersebut sangat bagus untuk melatih ketangkasan jari si kecil. Selain itu, lego dapat membuat si kecil untuk mampu mengendalikan tekanan yang diterapkannya ketika menyusun potongan-potongan lego tersebut.

2. Melatih anak bekerja sama

sumber : ck.world
Ketika bermain lego dengan temannya si kecil akan belajar caranya berbagi serta bergiliran. Saat ingin bermain lego mereka akan bertukar pendapat tentang apa yang akan mereka susun. Anak-anak paling sering menyusun lego berbentuk kastil, perahu dan pesawat ruang angkasa.

Mereka harus memahami petunjuk serta mematuhi yang ada pada buku panduan supaya bentuk yang diinginkan dapat terbuat dengan baik. Disini anak akan memiliki peran tanggung jawab dalam memiliki pengalaman sosialisasi yang membuatnya senang.


3. Meningkatkan kreativitas anak

 
sumber : Kelashobi.com

Saat anak diharuskan untuk menyusun sebuah bentuk dari berbagai banyaknya potongan lego yang terdapat dari berbagai macam ukuran serta warna disini kreativitas mereka dapat meningkat. Sesuai apa yang mereka inginkan seolah-olah kreativitas dan imajinasi anak dikembangkan tanpa batas. Dalam hal ini anak-anak akan mengeksplorasi kreativitas mereka tanpa takut akan gagal.

4. Mengajarkan anak memecahkan masalah dan berpikir matematis

sumber : Kainzy.org

Ketika anak mengikuti instruksi atau panduan saat merakit lego hal ini akan dapat melatih mereka untuk memecahkan masalah, fokus serta detail. Selama anak bermain lego dapat meningkatkan ide-ide simetri, keseimbangan, bentuk dan ukuran.


5. Meningkatkan Keterampilan berkomunikasi

sumber: id.theasianparents.com

Untuk dapat menghilangkan stres dan ikut serta dalam percakapan yang bermakna serta menyenangkan cara yang bagus adalah dengan bermain lego. Saat anak-anak berkomentar tentang hasil kreasi lego yang mereka rakit hal ini dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi yang penting.

Misalnya saja ketika mereka menjelaskan tentang ide-ide, peran yang akan mereka pilih, membicarakan tentang prosesnya hingga membicarakan tantangan apa saja yang telah si kecil lalui ketika bermain lego.

6. Mengembangkan kegigihan anak


sumber: suara.com

Supaya visi mereka terwujud lego mengajarkan anak tentang betapa pentingnya kefokusan dalam mengerjakan sesuatu. Seiring berkembangnya keterampilan motorik halus pada anak, akan melatih mereka untuk merakit sesuatu yang lebih rumit dan mengamati desain yang rumit pula.

Itulah, beberapa hal positif bagi anak ketika bermain lego moms. Jadi tunggu apalagi segera berikan si kecil mainan ini.

26 komentar:

  1. Lego, balok-balok itu mainan teraman sepanjang masa. Ga bikin mata rusak, ga bikin kecanduan, ga bikin antisosial.

    BalasHapus
  2. Waktu saya SD, saya selalu main Lego, soalnya dulu belum ada gadget. Seneng banget ngerakit mobil, robot, rumah sampe helikopter. Hasil rakitannya saya catat di sebuah buku, jadi kalo hasil rakitannya diancurin lagi, saya masih punya buku catatannya, hehehe...

    Main ini memang keren banget, merangsang kreativitas.

    BalasHapus
  3. Penting ya Mak untuk membelikan mainan lego buat anak. Sudah gitu anak-anak pasti suka kalo dikasih mainan ini.

    BalasHapus
  4. Salahsatu permainan yg juga nyaman buat dimainkan nih, lego. Karena bukan cuma ponakan aku yg antusias main lego, aku juga tertarik main, etapi pas lego-nya nggak digunain juga kwkwkwkw
    ke-6 poin di atas emang bener banget mbak, anak lebih kreatif untuk membuat karya pakai lego ehehheee

    BalasHapus
  5. satu lagi versi saya bund : melatih anak menabung ^_^
    soalnya harga lego yang ori dan ukurannya tidak mini itu harganya lumayaan

    BalasHapus
  6. Pernah punya lego waktu anak2 di Jawa tapi nggak banyak. Anak2 dulu di Sumatra mainnya ke ladang. Tapi memang bagus utk anak2 kecil melatih logika & dimensi. Kepake smp gede utk tes nyari kerja.

    BalasHapus
  7. DuoNaj undah mainan lego sih, tapi masih yang besar-besar. Mereka belum telaten kalau yg kecil. Dan itu pun nggak setiap hari mereka mainin. Kalau pas malas keluar rumah saja. Kalau nggak ya mereka pilih sepedaan. Tapi sebenarnya terasa banget lho efek dari mainin lego ini. Anak-anak jadi antenggg banget. Emak e kesenengen, hehe

    BalasHapus
  8. Anakku dah kubeliin lego Mak, meski masih bayi, hihi. Sekarang dimaenin buat ditubruk2in aja gitu asal ngelaurin bunyi. Semoga nanti menstimulasi dia menyusun benda2 tertentu deh. Banyak ya manfaat main lego :)

    BalasHapus
  9. Lego emang buanyaaakkk banget faedahnya. Aku juga bbrp kali kasih hadiah lego k anakku. Beli nunggu ada sale
    --Bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Iyaya, dulu lego itu di rmh jd rebutan, kini tidak lagi. Beberapa box lego dihibahkan okeh anakku begitu permata hatinya berusia 10 tahun. Kini malahan dia sibuk dengan gadgetnya.

    BalasHapus
  11. Aku mau beliin anakku lego ini mom karena emang bagus permainnanyaa... Walaupun anak cwe juga suka dia..

    BalasHapus
  12. Anakku Dio yang suka banget mainan Lego. Alhamdulillah dia jauh lebih bisa konsentrasi, tangguh terbukti dia bisa menyelesaikan bukunya dalam keadaan under pressure

    BalasHapus
  13. Anak-anakku juga suka main Lego waktu kecil, dan memang mainan yang bagus karena sifatnya yang memancing kreatifitas dan imaji. Daripada mereka sibuk dengan gawai baekan asik dengan Lego dan berkreasi ya mbak

    BalasHapus
  14. Mainan favorit anak2ku nih, sejak 5tahunan udah main pakai lego yg kecil2. Jadi kreatif dan imajinatif, kalo ku kudu niru petunjuknya baru bisa xixixi.

    BalasHapus
  15. anakku suka banget main lego. Ada aja idenya membuat sesuatu. Benar-benar melatih kreativitas!

    BalasHapus
  16. Lego emang permainan fav ya mba.. dan ternyata termasuk mainan edukasi yang banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  17. Lego emang menyenangkan.. dan bisa mengasah kreativitas anak.. Bisa banget buat mengalihkan ketertarikan anak dr gadget hehe

    BalasHapus
  18. Anak-anak main lego sejak kecil dan memnag banyak manfaatnya. Saya belikan sesuai kategori umurnya juga untuk keselamatan dan kenyamanan bermain mereka

    BalasHapus
  19. Legi ini baiknya memang untuk anak usia 4 tahun ke atas. Dulu waktu anakku masih 2 tahunan malah dibuangin legonya..kan jadi sayang..

    BalasHapus
  20. Gegara ada teman kantor yg anaknya minta les lego, saya pun latah pengen anak lanang mau ikutan les lego juga. Eee ternyata anaknya gak mau. Padahal biar dia ada alternatif permainan edukatif spt lego oni

    BalasHapus
  21. Bukan hanya anak, aku juga suka main lego, mau beli juga deh, hahaha. Lumayan buat ngelatih otak

    BalasHapus
  22. Anakku sekarang lagi suka main susun balok warna warni tapi yang ukurannya masih cukup besar. Aku sudah bilang ke dia nanti suatu saat aku belikan lego karena kulihat emang mainan lego ini bagus banget ya untuk memacu kreativitas anak. Anak pasti anteng deh kalo dikasih lego

    BalasHapus
  23. Manfaatnya memang banyak dan kedua anakku hobi banget main Lego. Salah satunya melatih kreatifitas

    BalasHapus
  24. Anak-anakku suka main ini, tapi ku nggak sanggup beli banyak, hahahaha.
    Tapi benaran deh, Lego ini mainan mengasah kreativitas anak.

    BalasHapus
  25. Wah, mainan kesukaan anak-anak sih ini mah. Bener, setuju banget. Main Lego banyak manfaatnya. Yang kelihatan di anak-anak aku itu bikin mereka banyak berimajinasi dan makin kreatif

    BalasHapus
  26. Mainan kesukaan anakku nih.
    Iya betul, salah satunya bs meningkatkan kemampuan motoriknya.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates