30 Agustus 2017

"Kesiangan nih..jadinya kena macet."
Gerutu pak suami sembari mengoper posisi persneling kendaraan. Hi..hi, saya yang di kursi samping milih diam.

Saya lihat jam di dashboard, belum juga genap jam 9. Belum siang banget sebenarnya.  Anak-anak di belakang yang biasanya ribut klo macet, sibuk ngurusin game dari hape ayahnya. Memang harusnya kami bisa berangkat lebih pagi. Tapi, berhubung ada satu kerjaan yang harus saya kelarin duluan, start dari rumahnya jadi agak siangan.

27 Agustus 2017

Di era sekarang ini, melengkapi busana dengan hijab atau jilbab menjadi sesuatu yang  sangat popular. Kebanyakan muslimah menggunakan hijab sebagai pilihan berbusana, karena dengan hijab mereka menutup bagian tubuh mereka sesuai anjuran agama.  

salah satu artis trend setter hijab Indonesia, sumber image dari dailymoslem.com

Di tahun 80an, di Indonesia belum muncul istilah hijab. Yang ada, kerudung atau jilbab. Kala itu, jilbab belum masuk dalam hitungan dunia fashion dan identik sebagai sesuatu yang kuno, bahkan penggunaanya pernah dilarang. Era 90-an, adalah awal kebangkitan, dimana muslimah yang berjilbab mulai diterima dengan baik. Puncak keemasan dialami ditahun 2000an, dimana Indonesia menjadi pelopor trend hijab. 

26 Agustus 2017

image : wikipedia.org

Bagi wanita muslimah, jilbab merupakan salah satu hal penting dalam hal tata laksana berbusana. Dengan jilbab, itu artinya kamu sudah menutup aurat. Dengan jilbab pula, itu artinya kamu sudah berusaha melindungi diri dari tatapan nakal para laki-laki hidung belang. Tapi tentu saja, kamu harus memadupadankan jilbab dengan busana atau baju sesuai dengan kaidah seperti yang di syariatkan lho yaa.. 

24 Agustus 2017

Hujan dan kemarau. Dua musim itulah yang menaungi negara tempat kita tinggal, dan keduanya, sama-sama membawa konsekuensi dan resikonya masing-masing. Bisa jadi teman-teman yang tinggal di wilayah langganan banjir akan ketar-ketir begitu musim hujan datang. Begitu pula, teman-teman yang dekat dengan wilayah hutan, yang rata-rata akan kebat-kebit di musim kemarau, karena imbas kebakaran hutan. Ya, semuanya ada enaknya dan ada sisi nggak enaknya.

Dari sisi kesehatan, masing-masing musim juga punya "tantangannya" sediri-sendiri. Klo musim hujan identik dengan masuk angin, karena udara yang cenderung lebih dingin, maka di musim kemarau seperti saat ini, setidaknya ada 4 macam gangguan kesehatan yang bisa jadi mengancam kita, dan mereka adalah: 

16 Agustus 2017

Hai..sudah ikutan lomba apaan nih menjelang peringatan kemerdekaan? Saya kemaren Minggu ikutan lomba makan krupuk, ngupas bawang, sama masukin air ke botol, tingkat ibu-ibu se RT. Ha..ha kalah semua๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Raka dan Alya juga ikutan ngramein lomba sama anak-anak lainnya. Pulang bawa doorprize sama hadiah buku tulis, penggaris, sama pensil, beuh senengnya luar biasa. Sampe-sampe, gara-gara terkesan dengan lomba makan krupuk, Alya minta dibeliin krupuk, trus digantung di dalam rumah. Malamnya dia minta ngelomba lagi, tapi lawan kakaknya. Ah, anak-anak itu kadang memang amazing!๐Ÿ˜Š

14 Agustus 2017

image dari www.jd.id

“Ih...ibu-ibu mah, klo ngumpul topik pembicaraannya nggak mutu...paling gosip sama arisan. Klo nggak gitu, pada belanja baju” Pernah lho saya dengar celetukan seperti itu, dari gank para bapak, pas nunggu jam bubar sekolah anak-anak. Mewakili golongan ibu-ibu, saya sih senyum-senyum aja. Mendingan kalem kan?๐Ÿ˜Š

Mungkin ada benernya juga sih, tapi kan nggak semua. Nggak mesti kok klo emak bersatu eh bertemu jadinya ngrumpi. Kadang jadinya malah diskusi. Topiknya pun nggak cuma melulu soal anak, masakan atau barang belanjaan. Misalnya kayak kemaren pas nungguian Raka dan Alya lomba 17-an. Eh..kok ya ndilalah ketemu teman sesama ibu-ibu. Dari perihal anak yang susah makan, hingga tema obrolanpun pindah ke masalah handphone.

12 Agustus 2017

Masih ingat dengan serial drama Mahabarata di ANTV yang menuai sukses? Banyak yang menanti hingga para pemainnya diundang di indonesia. Kini bukan hanya serial historikal drama, ANTV telah merambah ke serial drama percintaan. Berbagai judul yang telah hadir sebelumnya di layar kaca dirasa kurang memenuhi rasa dahaga para penggemarnya, hingga kemudian  ANTV menghadirkan serial drama acara TV terbaru bertajuk romansa berjudul “Madhubala”.

Gambar: http://www.tellychakkar.com/sites/www.tellychakkar.com/files/images/story/2013/12/16/madhubala.jpg

10 Agustus 2017

"Kita mau maen ke Semarang hari Minggu, gabung nggak?" Kakak ipar yang tinggal di Jogja sisi timur ngabari. 

Berhubung kami belum ada rencana mo kemana, dan anak-anak sudah terlanjur heboh karena salah satu tujuannya adalah Cimory, ya sudah ikut gabung, tapi ketemunya di lokasi.

Lha kok? Karena di Jogja sisi timur, Kakak milih lewat jalur timur, lewat Klaten. Karena kami tinggalnya perbatasan Jogja-Magelang, masuk Semarangnya lebih deket lewat Magelang. Ok, sepakat berangkat dari rumah masing-masing jam 05.O0, abis subuh

8 Agustus 2017


Pernah nggak ngalami kejadian, ketika angka-angka di kelender masih tengah bulan, tapi kondisi dompet sudah memprihatinkan? Klo saya sih pernah. Pastinya secara otomatis otak akan langsung mikir..ni uang ke mana ya "lari" nya? Perasaan belum lama pada ngumpul, eh kok udah pada bubar... Kalau ingat sih syukur.. Tapi payahnya, klo kita yang megang aja, lupa pemakaiannya untuk apa aja.

3 Agustus 2017

Setuju kan ya...kalo anak-anak itu lucu. Ya kadang tingkah polah mereka, obrolan meraka, atau kadang liat wajah culun dan polos anak-anak itu sudah bikin gemes. Tapi klo "gemes"  (plus tanda kutip)? Hi..hi, itu sih kombinasi antara nyebelin sama lucu..tapi kadang jadi pengen nyubit, atau malah keluar tanduk๐Ÿ˜Š

Baca juga : Celoteh bocah

Selama bertahun-tahun handle duo Raka-Alya, dan sering curhat-curhatan sesama emak-emak, rata-rata kok anak-anak sifat dasarnya sama ya. Kadarnya aja yang mungkin anak per anak akan berbeda. Tapi, biasanya akan ngelewati masa-masa, misalnya kayak gini nih..

2 Agustus 2017

Yogyakarta, sebuah kota kota  yang memilki banyak  daya tarik. Banyak tempat-tempat menawan, entah itu alam atau buatan  yang  berhasil memikat  para wisatawan baik domestik maupun mencanegara, hingga menobatkan  Yogyakarta sebagai destinasi wisata mereka.

Selain itu, kota yang terkenal dengan gudegnya ini  juga di kenal sebagai kota pelajar.  Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Propinsi DIY tahun 2015/2016 ada 5.121 sekolah mulai tingkat TK sampai SLTA yang tersebar dalam  4 wilayah kabupaten dan 1 kota.  Di tingkat perguruan tinggi, ada ratusan kampus baik itu negeri ataupun swasta yang siap menerima mahasiswa baru setiap tahunnya.  Karena itu pula, setiap tahun ajaran baru, banyak sekali pelajar atau calon mahasiswa baru datang ke Yogya, bersaing untuk bisa menjadi bagian dari sekolah, PTN ataupun PTS idaman. Hmm.. Jadi ingat seorang teman yang sudah bekerja mapan di sebuah perusahaan perkebunan di Sumatera, tiba-tiba milih pindah ke Yogya, dengan alasan karena ia pengen anaknya bisa sekolah di Yogya.