Skip to main content

Asyiknya Menjelajah Hutan T.N .Gunung Merapi



"Wah, asyik bu...seperti petualangan. Di sini banyak tanaman dan hewan-hewan nya pula! " Tadi ada jamur besar, kepik, burung elang....celoteh Raka sambil berjalan menyusuri jalan setapak. Meski jalanan yang kami lalui menanjak, tapi sepertinya ia tak merasa lelah. Sementara, Alya terlihat riang di pundak ayahnya...sambil menirukan lagu naik gunung yang biasa ia lihat dari vcd. Saya yang dibelakang, tut wuri handayani saja, ikut senang kalau kalian senang :-) 

Ceritanya, hari Minggu lalu saya mengajak anak-anak mBolang di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, yang berada di daerah Kaliurang Yogyakarta. Disamping udara yang segar, pemandangan yang asri, tersedia juga fasilitas pembakar kalori *naik bukit Pronojiwo atau bukit Plawangan. :-)

nggak perlu kaget yaa klo lihat banyak kera ekor panjang di sepanjang perjalanan


di tahun 2010, bukit ini tersapu awan panas

"Ayo yah...naik terus, aku mau lihat gua.." rengek Raka. Pengennya sih, dia mau jalan terus sampai gua Jepang atau pos pengamatan Merapi di Plawangan. Hah, jalan dengan jarak lebih dari 1 kilo dengan medan seperti ini? * gubrak! Ya...kalau anak 8 tahunan sih, baru semangat-semangatnya, tapi kok nggak tega juga lihat suami yang gendong Alya di jalan sempit, berkelok, dan semakin menanjak. Meski sedikit kecewa, akhirnya ia mau juga kami bujuk untuk turun bukit.. Meski sudah berada dibawah, bukan berarti petualangan mesti berakhir. Air terjun Muncar, menunggu kami untuk berbagi kesegaran airnya. Brr....dingiin! Tapi bener, menyentuh air di tempat ini serasa menyentuh air es yang baru saja keluar dari lemari pendingin.


Kaliurang
Tlogo Muncar, Kaliurang.

Tak begitu  jauh dari air terjun, anak-anak bisa bermain pula di arena bermain yang cukup nyaman. Beberapa kursi taman, gazebo, dan beberapa fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan pengunjung, tak lupa disediakan pihak pengelola. Dari tempat ini pula, kami bisa berinteraksi dengan puluhan kera ekor panjang yang bersliweran, dan meminta jatah makanan. Tak perlu takut atau khawatir, selama kita tak mengusik mereka, monyet-monyet ini sama sekali tak mengganggu. Bahkan seringkali mereka berpolah layaknya anak kecil, berebut makanan, saling kejar untuk kemudian kembali naik di atas dahan. Ekspresi anak-anak liat mereka? Awalnya takut-takut, tapi mereka penasaran dan endingnya malah susah diajak pulang:-) 


Kaliurang, Yogyakarta
area bermain


Menikmati hari, melihat tawa riang anak-anak seperti siang itu, sungguh sesuatu yang menyenangkan. Mendekatkan anak-anak dengan alam, saya yakin akan memberikan pengalaman yang luar biasa berharga untuk mereka. Dan satu lagi...untuk bisa menikmati tempat ini, murah banget, hanya 7.500 rupiah/pengunjung. Hemat kan? Mau nyoba kan kalau singgah ke Jogja?

Comments

  1. Wah, asyik ya mbak jalan jalan ke taman nasional gunung merapi, ketemu hewan, alamnya adem, eh, anak -anak bisa bermain pula dekat air terjun. Seru..:)

    ReplyDelete
  2. waaa...monyet...aku bisa kabur deh kalo ketemu mereka. asyik yo main ke situ. suk nek anak2 dah mulai gede ke sana insya Alloh.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah kesiniii...huaa kangen burger tempeee ><"

    ReplyDelete
  4. wah asik juga nih menjelajah bareng keluarga , hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin