5 Ide Barang Jualan Untuk Market Day Anak, Gampang Dibuat dan Praktis

1 komentar
Ide barang untuk dijual di market day


Penggemar sesuatu yang gampang dan praktis, itu saya banget. Makanya tempo hari ketika pulang sekolah dan Alya bilang “Bu..Sabtu depan Market Day, sama bu guru disuruh mbikin makanan atau minuman, terus dijual di sekolah. Nanti yang membeli adik-adik kelas” otak saya nge-blank sepersekian detik. Tau sendirilah, skill masak-memasak saya pas-pas an.

Fyi, untuk sekolahnya Alya market day ini biasanya diadakan pas kelas 4 dan kelas 5. Biasanya anak-anak kelas 4+5 sebagai penjual, sementara siswa kelas 1-3 bertugas sebagai pembeli. Kegiatan ini bertujuan mengasah jiwa entrepreneurship anak, termasuk mengimplementasikan matematika dan ilmu ekonomi secara langsung. 

Kembali ke bagian “menu” untuk market day yang terpikir kemudian adalah jajanan itu harus gampang mbikinnya, menarik buat anak, harga terjangkau, dan sebisa mungkin sesuatu yang proses pembuatannya cepet. Atau kalaupun agak lama proses masaknya,  ia bisa dicicil. 

Mulailah beberapa ide muncul di kepala. Meskipun akhirnya hanya dua jenis bahan makanan yang dieksekusi untuk dibawa Alya di sekolah, setidaknya ada 5 ide makan/minuman yang memenuhi syarat yang sudah saya sebut di atas. Kali aja kita tipenya samaan, trus lagi cari inspirasi mau mbikin apa, siapa tahu tulisan ini bisa membantu. 


5 Ide Makanan/Minuman Market Day anak usia SD


Kreasi Puding

Ini memenuhi syarat banget kalau yang dicari yang gampang, praktis, menarik, dan di sukai anak. Bahan bakunya cuma bubuk agar-agar dan tepung jelly,  gula, susu,  sama cup atau mika untuk mengemas. Agar menarik, puding bisa dicetak dengan bentuk tertentu dan kemudian dikemas ke dalam mika atau menggunakan cup.

Agar lebih eyecathing, warna puding juga bisa dimainkan. Kombinasikan saja beberapa warna agar terlihat lebih cantik. Agar menarik dan nutrisinya juga bertambah, puding bisa diberikan topping berbagai buah-buahan seperti potongan manga, potongan stroberi, anggur, atau bisa juga buah kiwi. 


Es Lilin

Ah, yakin ini jajanan favorit anak-anak. Cara membuatnya juga mudah. Agar lebih sehat dan bernutrisi, kita bisa membuat es lilin dengan bahan utama jus buah atau susu. Agar tampilan lebih menarik, isian es bisa dikombinasikan dengan coklat lumer atau potongan buah kecil-kecil. Kacang hijau yang sudah direbuspun, enak lho dijadikan isian es lilin...

Es lilin mudah
Es lilin coklat kesukaan anak-anak. Untuk membuatnya, cukup menggunakan kental manis/susu bubuk juga bisa +choki-choki


Plus nya jajanan ini untuk market day adalah cara menyiapkannya bisa cukup longgar, karena  bisa disimpan terlebih dahulu sebelum dibawa ke sekolah. Tapi minusnya adalah kita cukup repot pas mesti bawa ke sekolah, harus bawa cooler box untuk memperlambat proses pencairan es. Dulu pas market day jaman masih kelas 5, sulung saya saya bikinkan es lilin ini. 


Minuman Susu Jelly

Ini dari ranah minuman segar juga. Bayangin saja minuman susu dingin dengan potongan jelly aneka rasa dan aneka warna di dalamnya. Sudah seger duluan kan? Serunya karena bikin susu jelly ini cukup mudah, bahkan anak di rumah bisa ikut membantu menyiapkan barang dagangan, misalnya ikut memotong jelly, menuang susu ke botol/plastik kemasan.


Biskuit Pop

Tampilannya bakalan mirip permen lollipop, tapi bahan dasarnya biskuit. Tempo hari Alya saya ajakin mbikin ini untuk acara market day nya. Bahannya mudah dicari yaitu biskuit yang berbentuk bulat, stik es krim, dan juga coklat batang untuk dilelehkan. Tambahkan juga sprinkle sebagai hiasan. Salah satu merk biskuit yang bisa digunakan Oreo misalnya. 

Biskuit pop

Jadi secara teknis, cara membuat biskuit pop ini adalah jadikan 2 keping biskuit dalam satu pasang biskuit. Pilih biskuit yang berisi selai, pisahkan keduanya , sisipi dengan stik es krim. Agar stik kuat, antara biskuit bisa “dikuatkan” dengan menggunakan coklat yang sudah dilelehkan, dan kemudian simpan dalam lemari es sebentar.

Setelah posisi stik kuat, tinggal olesi/celupkan biskuit yang sudah berbentuk mirip lollipop ke dalam coklat cair. Hias dengan sprinkle warna-warni agar lebih menarik. Saat sudah mongering, biskuit pop ini bisa disimpan dalam lemari es agar coklat makin “kres” dan nikmat. 

Keuntungannya membuat biskuit pop ini sebagai barang jualan anak saat market day tak lain karena alasan kepraktisan dan bisa diprediksi akan digemari anak-anak. Kami bisa membuat biskuit pop satu hari sebelum hari H market day, sehingga paginya tidak perlu terburu-buru menyiapkan sesuatu yang mau dijual. Dan memang benar, biskuit pop Alya laris manis tak bersisa satupun. Bahkan sempat nolak pembeli karena kehabisan katanya…


Kreasi Roti Tawar

Memang roti tawar bisa ya dikreasikan sedemikian rupa menjadi makanan yang menarik? Bisa ternyata. Gara-gara youtube, saya jadi ngerti kalau roti tawar itu nggak cuma enak dibikin roti bakar atau carang gesing doang. Ada berbagai menu praktis yang dibuat dengan bahan dasar roti tawar. Sebut saja bola-bola coklat, pizza roti, ataupun roti goreng.

 Itu tadi beberapa ide barang jualan untuk acara market day anak, semoga selalu sehat dan tulisan ini bermanfaat .


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. yang coklat itu tadine takkirain gula kacang kaya jajanan sd mba lis xixixi

    pengen puding en es liline hihi..aku biasane es lilin pake es kacang ijo atau tambahin buah bligo

    BalasHapus

Posting Komentar