Penting! Periksa Bagian Motor Ini Secara Berkala Demi Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

12 komentar
Bagian motor yang wajib dicek saat service


Laporan statistik Indonesia tahun 2023 yang dirilis Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa sampai akhir tahun 2022 lalu, ada 125,3 juta unit motor di Indonesia. Bahkan dalam sepuluh tahun terakhir, terjadi penambahan jumlah sepeda motor sebesar 48,9 unit atau tumbuh sebanyak 64%.

Data ini menggambarkan bahwa saat ini, sepeda motor masih menjadi alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat.  Tentunya banyak alasan yang melatarbelakangi hingga masyarakat kita cenderung menyukai sepeda motor, dibanding alat transportasi yang lain.  Rata-rata keputusan ini diambil masyarakat karena kebutuhan hidup yang mengharuskan. Bisa jadi karena lokasi tempat tinggal yang belum terjangkau fasilitas transportasi umum atau akses jalan yang terbatas. 

Sepeda motor juga dinilai sebagai jenis kendaraan yang cukup fleksibel. Ia mudah dikendarai kemanapun kita mau, tidak memakan banyak space saat parkir, harga relatif terjangkau dengan biaya perawatan yang cukup murah. Intinya, dengan sepeda motor aktivitas sehari-hari kita semakin mudah. Sebagai pengguna sepeda motor,  manfaat inipun  secara pribadi juga saya rasakan. Saya menjadi sangat terbantu ketika harus  membawa cukup banyak barang ataupun bepergian dengan jarak tempuh yang cukup jauh. 

Mengingat begitu pentingnya peran sepeda motor, maka hal yang juga mesti kita lakukan adalah melakukan perawatan terhadap kendaraan yang kita miliki. Agar ia nyaman dan aman saat dikendarai,  ada beberapa bagian motor, yang harus melalui fase pengecekan rutin. Agar hasilnya maksimal, lebih baik pasrahkan saja urusan ini kepada pihak yang kompeten. 


Jangan Sampai Telat, 5 Bagian Motor yang Harus  Rutin Dicek 

Meskipun masuk kategori benda yang tidak bernyawa, tapi berhubung fungsinya  banyak dan juga penting, maka motorpun harus kita jaga kesehatannya. Iya, mirip kok sama badan. Kalau kita berapa bulan sekali seyogyanya  Medical checkup ke klinik kesehatan, sepeda motor yang kita punya pun juga wajib kita kontrol kesehatannya, di bengkel tentunya. Ada beberapa bagian motor yang harus kita pastikan berfungsi dengan baik dan mendapatkan perawatan secara berkala. Bagian tersebut diantaranya:

Kampas Rem

Pada sebuah motor, kampas rem merupakan komponen yang akan memberikan kenyamanan sekaligus menentukan keselamatan pengendaranya. 

Pernah terbayang tidak misal kita sedang berkendara, terus tiba-tiba kondisi mengharuskan kita melakukan pengereman, sementara ternyata kampas rem kendaraan kita tidak baik-baik saja? Bisa ngeri kan akibatnya!

Begitu banyak kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian pengendara dalam merawat kampas rem. Karena itulah, kampas rem menjadi bagian penting yang selalu harus dicek saat melakukan service kendaraan. 

Oli Mesin

Pada motor, oli berfungsi sebagai pembersih dalam mesin. Selain itu, oli memberikan pelumasan terhadap setiap komponen mesin yang membutuhkan pelumasan. Fungsi ini juga berperan untuk mencegah kebocoran gas di ruang bakar. 

Mesin yang tengah bekerja, otomatis membuat suhu mesin meningkat. Oli mesinlah yang akan mendinginkan hingga suhu mesin motor tetap stabil. 

Oli motor matic

Rata-rata produsen sepeda motor menganjurkan penggantian oli mesin setiap 2000 atau 3000 km atau 2 bulan sekali, mana yang tercapai lebih dulu. Klausul “mana yang tercapai lebih dulu berkaitan dengan engine hour atau waktu yang sudah dilalui oleh mesin motor. 

Keterlambatan penggantian oli mesin bisa berakibat pada kerusakan pada komponen mesin motor. Kekentalan oli yang sudah menurun menjadikan kualitas pelumasan menjadi berkurang dan bisa menimbulkan gesekan antar komponen. 

Untungnya beberapa bulan terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian oli mesin matic sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Hal ini dikarenakan oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester dan menghasilkan base oil tertinggi di kelas oli.

Lampu Motor

Keberadaan lampu motor, erat kaitannya dengan keamanan dan keselamatan selama berkendara. Selain mendukung aktivitas selama berkendara di jalanan yang minim cahaya, lampu juga merupakan media komunikasi antar pengendara di jalan. 

Pada umumnya, sebuah motor memiliki dua buah setting lampu yaitu lampu jarak pendek dan lampu jarak jauh. Keduanya memiliki fungsi yang sama penting. Sementara di body bagian belakang, kita mengenal lampu belakang. Lampu ini berfungsi untuk memberikan isyarat pada kendaraan bermotor lainnya yang ada di belakang. Lampu belakang pada umumnya menyala bersamaan dengan lampu kecil yang terletak di bagian depan. Jangan lupa juga pastikan semua lampu sign berfungsi dengan baik. 

Ban Motor

Ban memiliki peran yang penting dalam operasional sebuah sepeda motor. Idealnya, usia ban motor yang direkomendasikan hanya berkisar 1,5 sampai dua tahun, dan melakukan penggantian setelahnya. 

Usia ban yang cukup lama dikhawatirkan akan menimbulkan masalah yang merepotkan atau malah membahayakan, seperti bocor halus, timbul retakan, aus, permukaan yang benjol, dan sebagainya.

Tune up Sepeda Motor Rutin

Tune up motor adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor ke performa standar. Langkah ini bertujuan untuk membuat sepeda motor tetap aman dan nyaman saat digunakan. 

Tiga sektor yang perlu diperhatikan saat melakukan tune up motor meliputi sektor mesin, chasis, dan transmisi. Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada pemilik motor tentang apa saja yang harus diganti dan kisaran biaya yang diperlukan. Kalau terjadi kesepakatan oleh dua belah pihak, mekanik baru akan melakukan perbaikan.


Memilih Tempat Servis Motor Terpercaya

Sama lah seperti kita mempercayai dokter yang memantau keadaan kesehatan dan  merawat kita di kala sakit, maka perawatan motorpun harus dilakukan di bengkel terpercaya. 

Di kilometer awal, biasanya produsen sepeda motor memberi kesempatan pada konsumen untuk melakukan servis gratis. Namun tentu fasilitas itu tidak berlaku selamanya. Setelah terlewati waktu maksimal atau kilometer maksimal maka urusan service sepeda motor dikembalikan ke pemilik sepeda motor, terserah mau dilakukan dimana. 

Planet ban adalah salah satu bengkel motor yang bisa diandalkan. 

Awalnya saya mengira gerai ini hanya melayani pembelian/penggantian ban dan oli saja. Tapi rupanya saya salah. Selain menanggulangi kebocoran ban tubeless, ganti ban dalam, ganti ban luar, dan ganti aki motor yang mati, Planet Ban juga menerima jasa service sepeda motor.

Di bengkel ini, konsumen bahkan akan mendapatkan servis  rasa mesin baru. Service dilakukan menggunakan teknologi modern dalam pembersihan mesin motor, tanpa membongkar banyak bagian mesin sehingga lebih hemat waktu/lebih efisien.

Keuntungan  Melakukan Service Motor di Planet Ban

Banyak bengkel motor di sekitar kita. Sebagai konsumen, tentu kita memiliki hak untuk memilih dan  berhak untuk mendapatkan bengkel terbaik, dengan layanan yang paripurna. Sebagai bengkel dengan banyak gerai  dan tersebar di banyak kota di Indonesia, ada beberapa poin plus yang dimiliki Planet Ban dan tidak dimiliki banyak bengkel kebanyakan:

Pasca Servis, mesin akan lebih bersih

Mesin motor yang sama, tapi dengan rasa mesin baruJika di bengkel kebanyakan masih sering ditemukan banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tersisa di beberapa bagian mesin motor pasca servis, maka saat melakukan servis motor di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan bahkan  kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body semuanya akan bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran. Mesin akan terlihat seperti mesin baru. 

Motor akan jauh terasa lebih nyaman 

Ini tentunya berkaitan dengan mesin lama rasa mesin baru yang ditawarkan Planet Ban. Hasil service di Planet Ban membuat tarikan motor lebih enteng, emisi turun dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin menjadi bersih total. Secara tidak langsung kita jadi ikut membuat bumi lebih sehat karena telah meminimalisir polusi udara.

Harga terjangkau

 Harga service motor di Planet Ban yang bisa dikatakan lengkap banget, rupanya tidak terlalu mahal. Tarif service motor injeksi hanya 20.000 rupiah, service CVT sekaligus rantainya 19.500 rupiah, sementara service throttle body hanya 20.000 rupiah. 

Sudah ada bengkel Planet Ban dengan begitu banyak layanan, jadi jangan sampailah  kelupaan service atau  sampai  telat ganti oli motor matic kesayangan. Sudah banyak dimudahkan dan ditolongin sama motor, jadi sudah selayaknya motor yang ada sekarang dirawat sebaik-baiknya. Sepakat kan?!


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. Sebagai pengguna motor yang nggak tahu mesin, servis motor rutin menjadi caraku agar performa motor tetap prima. Dan dalam hal ini planet ban bisa diandalkan. Bagus pelayanannya dan harganya juga masuk akal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. He eh ya...aku pun minimalis juga ilmu permotorannya mb, jadi memang harus ketemu sama mekanik yang nggak ecek2. Untung kenal planet ban ya

      Hapus
  2. Kemarin akhirnya motor ganti oli. Terakhir kapan diganti, lupa. Soalnya jarang dipakai jauh jadi mikirnya, ah baru berapa km juga.

    Tapi sekarang ada anak lanang remaja yg perhatian sama motor. Rada aman, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, damar sudah bisa diajakin barengan njagain motor. Raka malah belum bisa e mba...

      Hapus
  3. Emang mbak, aku merasakan juga nih sama motorku yang rutin perawatan sama tidak itu beda rasanya. Terutama bagian ganti oli itu wajib diperhatikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampe telat berabe ya mba.. mesin malah rusak jadinya

      Hapus
  4. Ponakan perlu baca deh artikel ini, secara kadang lupa servis motornya, padahal dibawa kemana-mana. Ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. He eh...kadang do ngertine nganggo tok...

      Hapus
  5. motor 2 nganggur soale jarang dienggo mba lis di terasku...kudune tlaten cek mesin ya...cus deh ke planet ban. trutama masalah akine sih biasane kek kita hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saiki kemana2 paketan berempat yo nit...dadi motormu akeh nganggur e ..😊

      Hapus
  6. Servis sepeda motor memang penting banget dilakukan secara berkala, rutin. Saya Prnah ngalami kena tilang gegara lampu depan mati. Kaget dong pas diberhentiin karena merasa sdh tertib lalin....eeehhh ternyta karena lampu yg depan gak nyala.

    BalasHapus
  7. Iyo mba. Lampuku yo bbrp kali mati ora keconangan. Untung pas nggak ada razia...

    BalasHapus

Posting Komentar