Cara Simpel Bersih-Bersih Ruang Penyimpanan HP

Posting Komentar
Membersihkan ruang penyimpanan smartphone


Ruang penyimpanan hampir habis, beberapa fungsi sistem mungkin tidak dapat bekerja. 

Duh, kalau lagi menggunakan smartphone  dan tiba-tiba muncul pesan seperti itu, bikin bad mood pasti. Pernah, atau malah lagi ngalami?  Tenang, banyak temannya kok. Hape mu, hape kita, bisa jadi sering ngalami masalah sama. Kepenuhan. Mirip kayak kalo kita punya satu lemari, tapi keseringan beli baju, sesak dan umpel-umpelan jadinya. 

Kalau di handphone yang saya pakai sekarang, sebelum “complain” ruang penyimpanan hampir habis, biasanya ia ngasih sinyal dulu. Kalau nggak kerjanya lambat atau lemot, biasanya terus hobi nge-hang. Tiba-tiba mogok, ngunci dan nggak bisa diapa-apain. Jadi harus nunggu beberapa menit, baru bisa dipakai lagi. 

Penyebab Ruang Penyimpanan HP Cepat Penuh

Sebenarnya, kalau kita tengok ke belakang, produsen hape sekarang ini sudah memberikan ruang yang cukup lega dalam hal ruang penyimpanan. Tapi kenapa masih berasa kurang terus yaa? Kitanya kurang bersyukur, eh..kurang bisa memaintance ruangan hape dengan baik kayaknya.

Beda orang, mungkin akan beda preferensi ya. Kayak dua bocah saya, hapenya sering penuh karena kebanyakan game. Ada yang ngeluh spacenya cepet penuh karena semua aplikasi belanja diinstal. Kalau di saya, kepenuhan foto dan video, tapi males mindahin atau males menghapus, padahal fotonya burem, videonya goyang. Ya..gitulah. Intinya sih karena manusia sekarang ini bentar-bentar ambil foto, dikit-dikit di video in. Mana kadang ambil foto juga satu angle yang sama, take nya berulang. Videopun sama. Aplikasi juga makin beragam macamnya, jadi berasa ruang penyimpanan di handphone ini kok kurang terus.. 

Tapi kadang saya mikir juga,  mungkin gini ya kamera jaman dulu kan resolusi masih rendah, jadi ukuran gambar yang dihasilkan tidak sebesar gambar/video sekarang yang resolusinya makin besar. Terus kalau cepet penuh ya wajar. Eh, bener nggak sih? 

Eits, beneran kurang..atau kita malas bersih-bersih ya? Siapa tahu karena faktor kedua, jadi kita yang sering nimbun file-file yang sebenarnya bisa dihilangkan, tapi dibiarkan pada bobok manis di smartphone. Makanya, yuk barengan bersih-bersih smartphone, biar nggak lemot lagi kalau lagi dipake.

Bersih-Bersih, Mengurangi Beban Penyimpanan di Handphone

Untuk mengetahui seberapa besar ruang penyimpanan dan seberapa yang tersisa, kita bisa mengeceknya di bagian file manager. Biasanya, kalau di hape yang saya gunakan, ketika ruangan yang tersisa dibawah 1 GB, sudah akan muncul notifikasi, kalau ruangan penyimpanan hampir penuh, terus kita diminta untuk menghapus. Apa saja yang bisa kita hapus?

1. Cache

Cache atau singgahan adalah informasi yang disimpan di lokasi penyimpanan sementara di smartphone. Data cache berfungsi untuk mempercepat akses pada aplikasi atau situs web. Meskipun bermanfaat, sayangnya cache ini memakan penyimpanan internal perangkat. Selain itu cache juga menghambat akses terhadap update website yang sering dikunjungi. Untuk menghapus cache di smartphone, caranya cukup mudah. Bisa melalui aplikasi pembersih (logo sapu) atau bisa melalui menu setting/pengaturan. Dari menu pengaturan, pilih ke menu App, pilih opsi clear cache. Bisa juga dengan tekan icon di layar cukup lama, masuk ke info apl, pilih hapus dat, lanjut ke bersihkan cache. 


2. File Berukuran Besar, hapus yang tidak diperlukan lagi

Numpuk foto yang sama, take video dengan angle dan obyek yang sama, download file-file besar  dan malas menghapus, ini saya banget. Coba yuk sekarang kita ke file manager, trus klik garis 3 di sisi kiri. Pilih menu pembersihan lanjutan. Nah, di situ kita akan tahu, file-file mana yang sebenarnya memakan tempat dan cepat membuat ruang penyimpanan kita hampir penuh. Cara yang bisa kita lakukan adalah, pilih dan pilah. Hapus yang sekiranya tidak diperlukan lagi, atau pindah ke device lain data berukuran besar yang sekiranya masih diperlukan. Atau bisa juga manfaatkan g drive untuk memperingan beban penyimpanan di smartphone.


3. Matikan Fitur Unduh Otomatis

Ini yang menjadi jawaban ketika  tiba-tiba banyak foto-foto “asing” yang  masuk dalam media penyimpanan kita. Biasanya hal ini dikarenakan kita mengaktifkan fitur unduh gratis. Aplikasi WA merupakan salah satu aplikasi sejuta umat yang memiliki fitur ini. 


4. Pilah dan Pilih Saat Download Aplikasi

Ini maksudnya gimana? Ya, jangan asal unduh dan akhirnya nggak terpakai, misalnya dobel-dobel aplikasi dompet digital, taunya saldonya 0. Ha..ha, saya udah pernah, tapi dah insyaf. Aplikasi media sosial yang berbasis video juga harus di clear cache dan bersihkan data. Kalau dibiarkan begitu saja, tau-tau ukurannya mengembung dan memakan banyak ruang penyimpanan. 

Itu tadi beberapa cara simpel mengurangi beban muatan penyimpanan di smartphone kita. Mungkin teman-teman punya tips dan triks lain, boleh banget berbagi informasi di kolom komentar. 


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar