Lebih Dekat dengan Yogyakarta Independent School, Sekolah dengan Kurikulum International Baccalaureate Pertama di Yogyakarta

1 komentar


“Berapa jam anak-anak akan berada di sekolah, seperti apa lingkungan sekolah dan bagaimana pergaulannya, apakah selama di sekolah mereka mendapatkan makanan yang sehat?”


S

etelah sekian  tahun berumah tangga, memiliki keluarga dengan dua orang bocah, saya berada pada satu kesimpulan; rupanya menjadi orang tua itu tidaklah mudah. Adakalanya ia harus berpikir keras memilih satu dari sekian banyak pilihan. 

Demi kebaikan bersama, orang tua   juga mesti menimbang dengan seksama agar keputusan yang akan atau sudah dibuat tidak melahirkan penyesalan di belakang. Termasuk untuk urusan pemilihan sekolah anak. 

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah sedikit dari sekian banyak bahan  pertimbangan yang biasanya digunakan orang tua saat memilih institusi pendidikan untuk si buah hati  yang dirasa paling sesuai.


YIS Open House, Media Untuk Mengenalkan Diri Secara  Lebih Dekat Kepada Masyarakat

Yogyakarta Independent School

Adalah YIS atau Yogyakarta Independent School, salah satu institusi pendidikan yang berada di Yogyakarta. Beroperasi semenjak tahun 1989, sekolah ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta. 

Dulunya lembaga pendidikan ini dikenal sebagai Yogyakarta International School, hingga kemudian  terbit sebuah instruksi menteri yang menyatakan pelarangan penggunaan kata “international” dalam sebuah nama.  YIS pun berganti nama menjadi Yogyakarta Independent School. 

Jum’at (27/1/2023) YIS menggelar sebuah acara bertajuk Yogyakarta Independent School Open House di sekolah yang berlokasi di kawasan  Sinduadi, Mlati, Sleman.  Melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam proses pendidikan seperti kepala sekolah, para guru, siswa YIS serta calon orang tua siswa, acara berlangsung di pendopo secara interaktif. 

YIS open house
YIS Open House, agenda rutin yang beberapa kali diadakan agar masyarakat lebih mengenal lembaga pendidikan ini

Dalam acara yang berlangsung sekitar 2 jam ini, pihak sekolah melakukan pemaparan dari A-Z mengenai konsep pendidikan yang diterapkan YIS sebagai salah satu sekolah Internasional di Yogyakarta, memberi kesempatan para tamu untuk menikmati pertunjukan musik yang diselenggarakan para siswa, dan tentu saja melakukan tur sekolah. 

Acara yang rutin diadakan beberapa kali dalam satu tahun ajaran ini bertujuan agar semakin banyak orang tahu lingkungan sekolah, mengerti  dan paham dengan sistem pendidikan yang diterapkan YIS, serta melihat secara langsung fasilitas yang dimiliki sekolah.


Hal-Hal yang Wajib Kita Ketahui Tentang Yogyakarta Independent School

Sekolah internasional di Yogyakarta
Siswa YIS tampil memukau di acara YIS Open House

Kalau YIS merupakan sekolah dengan areal belajar yang sangat luas, itu adalah kesan pertama yang langsung bisa saya tangkap begitu memasuki kawasan sekolah. Di situ saya merasa bahwa YIS adalah tempat nyaman untuk belajar. 

Saya menemukan tempat yang tidak begitu jauh dari pusat kota dengan lokasi yang mudah dicari, tapi dengan kondisi yang begitu tenang dan asri. Bahkan dari tempat ini, saya membayangkan anak-anak bisa belajar sambil melihat kokohnya Merapi setiap hari. 

Yogyakarta Independent School
Playground sekolah terluas yang pernah saya lihat😊

Hari itu saya saya dibuat terpesona. Dengan penuh percaya diri, beberapa  siswa didik YIS unjuk kebolehan tampil dihadapan tamu undangan YIS Open House. Pemaparan beberapa guru, serta dialog dua arah antara calon orang tua dengan pihak Yogyakarta Independent School semakin membuka mata dan bisa dikatakan, YIS memang istimewa. 


Kurikulum yang Digunakan YIS dalam Pembelajaran

Sebagai satu-satunya sekolah internasional yang ada di Yogyakarta,  saat ini YIS  menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB).  Awalnya kurikulum International Baccalaureate dikembangkan oleh para guru di International School of Geneva yang kemudian banyak di diimplementasikan oleh sekolah di seluruh dunia.

Secara umum, kurikulum ini mempunyai tujuan untuk mendorong anak didik untuk memiliki wawasan global, kreatif, memiliki kecerdasan sosial-emosional yang bagus dan dibarengi dengan kemampuan intelektual. Secara khusus, kurikulum IB mendorong para siswa untuk:

  • Mampu meng-eksplore hal-hal yang harus mereka pelajari
  • Bertanya dengan kritis, dan bijaksana
  • Mengembangkan rasa identitas dan budaya
  • Mampu berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari berbagai budaya dan juga beragam negara.

Jadi dalam garis besarnya kurikulum International Baccalaureate dirancang secara khusus bagi siswa  mengenai bagaimana membangun kemampuan intelektual, pribadi, emosional dan sosial untuk hidup, belajar, dan bekerja di dunia dengan perubahan yang sangat cepat.

Pada dasarnya kurikulum IB menekankan pada pemahaman konsep dan melakukan evaluasi murid melalui tugas pribadi dan kelompok serta kemampuan mempresentasikan ide. 


Bagaimana Keseharian Anak-Anak Belajar di YIS?

Yogyakarta Independent School terbuka dan menerima siswa dari berbagai kewarganegaraan, suku, maupun agama. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional digunakan sebagai bahasa  pengantar dan juga bahasa percakapan sehari-hari di lingkungan sekolah. 

Anak-anak akan berada di lingkungan sekolah mulai pukul 08.00 pagi sampai 14.00 WIB dan tergabung  ke dalam kelas-kelas kecil. Format kelas dengan sedikit anak dinilai akan membuat anak-anak lebih mudah  menyerap informasi dan  pembimbing pun akan lebih fokus dengan karakteristik anak didik. YIS percaya bahwa setiap anak adalah unik, dan mereka memiliki hak yang sama untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Setiap harinya para siswa akan menikmati makan siang  dengan bekal makanan sehat masing-masing yang mereka bawa dari rumah. Di moment ini mereka akan semakin mengerti arti kebersamaan, keberagaman, dan juga konsep berbagi.

Proses belajar di YIS
Makan bersama, dengan menu sehat yang dibawa dari rumah masing-masing

Dengan style belajar yang nyaman dan lingkungan yang sangat menunjang, setiap hari mereka akan belajar dan berlatih untuk menumbuhkan rasa empati dan rasa solidaritas. Disamping akan bisa dengan mudah melanjutkan jenjang studi di luar negeri, output dari sekolah ini diharapkan mampu menjadi generasi yang terampil dan juga peduli dengan lingkungan sekitar.


Program Belajar yang Dimiliki Yogyakarta Independent School

Ruang belajar sekolah internasional
Salah satu ruang kelasnya YIS, sistem kelas kecil dan moving class agar anak-anak tidak jenuh saat mengikuti proses pembelajaran

Sesuai dengan kurikulum yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, sampai saat ini YIS memiliki 3 jenjang pendidikan, meliputi:

1. IB Primary Years Programme (PYP)

Usia termuda untuk masuk ke jenjang ini adalah 3 tahun, karena memang diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia 3-12 tahun. Ibarat menanam sebua pohon, inilah level menyemai benih. Pada tahap ini kemampuan bahasa Inggris anak benar-benar dikembangkan secara optimal. Di jenjang Primary Years Programme, siswa diberikan 6 tema lintas disiplin yaitu Who We are, Where We are in Place and Time, How We Organized Ourselves, How We Express Ourselves, Sharing the Planet, dan How the World Works. Tujuan utama dari jenjang ini adalah untuk membuat siswa aktif, peduli, mempunyai sikap hormat terhadap diri sendiri dan orang lain, serta mudah beradaptasi dengan lingkungannya.


2. IB Middle Years Programme (MYP)

Dalam bahasa mudah, ini setara dengan jenjang SMP. Jadi Middle Years Programme ini diperuntukkan untuk anak-anak usia 11-16 tahun dan merupakan kelanjutan dari program PYP.  

Dalam tahap ini, proses pelajar dilakukan dengan sistem moving class. Selain lebih efektif, metode belajar ini dirasa lebih menyenangkan karena anak-anak akan jauh dari rasa jenuh selama belajar.

Di IB Middle Years Programme anak-anak akan belajar 11  mata pelajaran yaitu bahasa Indonesia, bahasa Spanyol atau Perancis, bahasa dan sastra Inggris, Individu dan masyarakat (sejarah dan geografi), sains (biologi, kimia, dan fisika), matematika, desain, seni visual, seni musik, filosofi dan teknologi serta pendidikan jasmani dan kesehatan.  Untuk bisa lolos ke jenjang berikutnya, siswa diharuskan mengikuti assesment dalam bentuk ujian dan juga portofolio.

3. IB Diploma Programme (DP)

Jenjang ini diperuntukan bagi anak-anak yang berusia 16-19 tahun, dan merupakan lanjutan dari program MYP.  Secara mudah –dalam versi kurikulum nasional, ini  ini adalah SMA. Jenjang ini merupakan jalur persiapan menuju perguruan tinggi. 

Pada level ini siswa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai mata pelajaran dalam kerangka holistik yang mencakup penelitian independen, kerja lapangan ilmiah, proyek kreatif serta pengabdian masyarakat. Melalui mata pelajaran Theory of Knowledge, siswa diajak untuk belajar dari berbagai bidang studi. 

Fasilitas sekolah internasional
YIS mini farm. Siswa bisa terjun langsung memberi makan hewan, menanam pohon. 

Sertifikat program IB-DP dari YIS ini sudah diakui oleh berbagai universitas di seluruh dunia. Dengan kata lain, nantinya lulusan dari program ini akan bisa dengan mudah melanjutkan studi di banyak negara seperti Amerika, Kanada, dan juga Australia

Saya percaya, pendidikan yang baik adalah fondasi untuk masa depan yang lebih baik. Bagaimana dengan teman-teman?

 

Yogyakarta Independent School

Jl Tegal Mlati 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman 55284, D.I Yogyakarta

 ☎️ +622745305147 | 5305148, Fax 5305148

📱  08112632442/082243614678

https://www.yis-edu.org | 📧 info@yis-edu.org


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Pernah dengar sistem sekolah seperti ini, lupa di mana tapi memang bagus sistem kayak gini buat anak. Apalagi belajarnya nyaman kayak gini, anak semakin senang menempuh pendidikan sekolah. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar