14 February 2018

5 Referensi Untuk Memberi Nama Bayi Laki Laki


Kamu pasangan muda yang tengah bahagia menunggu kelahiran sang buah hati? Selamat ya! 

Sama asyiknya seperti saat tengah berburu berbagai printhilan perlengkapan bayi baru lahir, “berburu” nama untuk calon bayi pun bisa jadi hal yang menyenangkan, tapi juga kadang membingungkan. Apalagi kalau hasil USG mengatakan kalau bayi di dalam kandungan berjenis kelamin laki-laki. 

Kadang saya ngerasa pilihan nama untuk bayi laki-laki mirip stok jenis pakaian di toko baju; lebih sedikit dibanding stok nama untuk bayi perempuan. Eh, bener nggak sih?

Proses pemberian nama bayi laki laki  ini memang gampang gampang susah. Idealnya setiap orangtua itu menginginkan jika anak laki lakinya itu memiliki nama yang baik, dan seringnya nama bayi laki laki yang mengandung doa biasanya menjadi keinginan orangtua untuk anak kesayangannya itu. Sama seperti 11 tahun silam, ketika saya dan pak suami memilihkan nama untuk si sulung. Raka Adhi Gunattama, kami ambil dari kamus bahasa sansakerta, Raka artinya kakak, adhi berarti unggul atau bisa dibanggakan, dan Gunattama bermakna sholeh (pintar dalam hal agama). Melalui namanya, kami berharap kelak ia mampu menjadi kakak/anak yang unggul dan bisa dibanggakan.

Belakangan ini, nama-nama bayi yang merupakan hasil adopsi dari bahasa arab dan berbau Islami kerap menjadi pilihan. Nggak cuma untuk bayi perempuan, tapi juga bayi laki-laki mereka. Namun tidak sedikit pula orangtua yang menginginkan anaknya itu mempunyai nama yang unik. Mbedani kalau orang Jogja bilang.


Ketika calon ayah dan ibu muda ini sedang kebingungan mencari nama yang cocok untuk buah hati mereka,  biasanya ada berbagai sumber yang bisa dijadikan rujukan. Beberapa sumber yang biasanya dijadikan orangtua sebagai referensi untuk memberi nama bayi laki lakinya diantaranya yaitu : 

Dari Sebuah Buku
Seringkali sebuah buku menjadi sumber inspirasi orangtua untuk memberi sebuah nama yang baik untuk nama bayi laki laki. Misalnya ketika orangtua ini suka membaca buku tentang sejarah nabi maka kemungkinannya orangtua ini akan mendapat sebuah nama dari para sahabat nabi itu. 
Dari Internet
Di era teknologi canggih seperti ini ketika semua informasi dapat dilihat dari internet maka untuk mencari sebuah nama juga orangtua ini dapat mengakses internet. Dengan memanfaatkan mesin pencari,  para calon orang tua akan mendapat info tentang nama nama yang islami, nama nama yang modern, atau nama nama yang laiinnya. 

Dari Tayangan Televisi
Terkadang televisi bisa menjadi inspirasi orangtua untuk menemukan nama bayi laki laki yang cocok. Misalnya si calon ayah ataupun calon ibu suka sekali menonton sinetron dan di sinetron itu tokoh utamanya itu memiliki nama yang unik dan keren, bukan tidak mungkin ia akan mengadopsi nama  anaknya dari tokoh dalam tayangan tv tersebut.

 Inspirasi dari Seorang Teman
Bukan tidak mungkin hubungan orangtua dengan seorang temannya akan memberikan inspirasi orangtua ini untuk memberi nama bayi laki laki. Misalnya orangtua ini mempunyai teman yang dianggapnya sebagai seseorang yang patut ditiru karena temannya itu seseorang yang baik. Sehingga orangtua ini akan memberikan nama bayi laki lakinya dengan nama seorang temannya.

Dari Kenangan Masa Lalu
Kenangan masa lalu seseorang juga terkadang menjadi inspirasi seseorang untuk memberi nama bayi laki laki. Misalnya orangtua ini teringat dengan kenangan saat sedang sekolah dulu tentang seorang temannya yang sangat pintar. Sehingga ini mungkin akan menjadi inspirasi untuk memberi nama bayi laki lakinya itu dengan nama dari temannya yang pintar itu. Yang penting..asal jangan ngambil nama bayi dengan namanya mantan aja deh! Bisa berabe ntar malah kalau ketahuan.. wkk..wkk

Itu tadi  5 sumber yang biasanya dijadikan para calon ayah-ibu sebagai sumber referensi untuk memberi nama bayi laki lakinya. Kamu punya sumber referensi yang lain?

10 comments:

  1. wah cocok ini yang belum punya anak laki-laki dan lagi berharap

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya saya sudah menyiapkan sebuah nama laki-laki, tapi sayang nggak kepakai karena saya nggak punya anak laki-laki hehe. Yaitu Anugrah Maulana Priyoga, nggak tahu artinya apa, seneng aja dengan nama itu. Tapi kayaknya sih artinya bagus ya mbak :)

    Yang pasti memberi nama anak itu harus yang baik supaya anaknya kelak sepeti harapan orang tua sesuai arti nama tersebut. Iya setahu saya kebanyakan nama anak sekarang berbau ke Arab-Araban gitu, nggak apa sih yang penting artinya bagus :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya bagus mba..
      Disimpen aja dl mba, buat ntar klo punya cucu laki2.. 😁😁

      Delete
  3. Kalau aku dari internet, sekalian cari arti namanya :D Tapi sayang aku belum punya anak laki-laki, semuanya perempuan.

    ReplyDelete
  4. ya jangan dari nama mantan aja ya mbak
    jadi inget temenku cewek tapi namanya dari mantan ayahnya
    hehe

    ReplyDelete
  5. Dari internet juga enak.
    Bisa cari banyak nama dan sekalian arti namanya juga.

    ReplyDelete
  6. Referensi yang cocok nih buat persiapan yang mau punya anak laki-laki, hehe
    Tapi internet kayaknya lebih unggul karena lebih detail dan lengkap informasi serta maknanya :D

    ReplyDelete
  7. Dari kenangan masalalu hihi
    Ada sih rencana bikin nama dari kenangan masalalu, tapi ntar istri takut marah, hahahaha

    Kenangan masalalu bersama mantan masalahnya wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Aku nyari nama dari buku, mba. Karena semua anakku laki-laki namanya agak mirip. Kadang orang tua kalau nggak terbiasa jadi tertukar menyebutnya.

    ReplyDelete
  9. Kalau anakku, semua yang kasih nama neneknya. :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin