20 December 2017

Berbagi Resep Masak Sayur Lodeh Enak

Sayur Lodeh enak, Sasa Santan Kelapa


Sudah masak hari ini? Saya sudah. Anak-anak libur sekolah, jadi Pak Suami aja yang makan siangnya di kantor, selebihnya semua makan di rumah. Beberapa hari kemarin, menu sayur di rumah berputar di sayur sop, soto, dan tumis. Makanya, hari ini pengen sesuatu yang seger tapi kuahnya pake santan.

Paling gampang sayur lodeh. Tau sendiri kan, saya tinggalnya di pedesaan. Bahan sayuran masih gampang dicari di pasar atau pedagang sayur malah kadang, tetangga yang panen sayur, saya ikut dikasih juga. Ya, gitulah asyiknya tinggal di desa. Selain  bahannya mudah didapatkan, rasa sayur lodeh yang lezat dan gurih karena mengandung santan, sangat pas di lidah saat pagi hari sehingga memberi semangat untuk menjalankan aktivitas harian.

Ribet ah, mesti parut-parut santan! Mana kelapa mahal lagi. Mungkin sebagian akan bilang begitu. Benar, di musim penghujan seperti sekerang, kelapa segar cenderung akan menghilang di pasaran. Susah kan panennya. Tapi sebenarnya, ada kok cara mendapatkan santan secara cepat, mudah, dan sangat praktis. Yess! Sasa Santan kelapa. Berkat hadirnya Sasa Santan Kelapa dari pabrik bumbu terbaik di Indonesia bernama Sasa,  mendapatkan santan berkualitas jadi mudah.

Sasa Santan Kelapa memiliki kualitas yang sama dengan santan kelapa langsung dari perasan kelapa. Di nilai dari rasa, tidak ada bedanya. Dari aroma juga sama. Karena memang Sasa Santan Kelapa dibuat dari kelapa pilihan dengan proses pengolahan menggunakan teknologi modern. Karena itu, ia memiliki beberapa kelebihan, diantaranya: sudah matang dan siap pakai. Itu artinya kita tidak perlu repot-repot mengolahnya. Juga memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas sehingga bisa dipastikan bahwa Sasa Santan Kelapa sangat cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman. Apalagi ia juga tanpa pengawet. Itu artinya sangat baik untuk kesehatan sebagaimana santan kelapa biasa. 

Oke, balik lagi ke sayur lodeh. Tentang bahan, ada dua opsi sebenarnya. Bisa nyiapin sayurnya sendiri-sendiri, atau beli yang paketan itu di pasar. Kalau ditempat saya ada, sudah diplastik kecil-kecil itu sama penjualnya, @2000-an. Mau pilih yang mana, tinggal sesuaikan sikon aja. Gampangkan?!

Sasa Santan Kelapa

Bahan dan Bumbu Sayur Lodeh Enak

Kamu bisa memasak sayur lodeh enak dan lezat dengan mengikuti resep masak yang ada. Resep masak tersebut adalah :
Bahan utama yang diperlukan dalam memasak sayur lodeh :
100 gram daun melinjo
200 gram buah labu siam
100 gram/ 4 buah kacang panjang
1 buah terong
3 potong jagung
1 bungkus Sasa Santan Kelapa
kulit mlinjo secukupnya


Bumbu yang diperlukan dalam memasak sayur lodeh :
3 buah bawang putih
6 buah bawang merah
3 buah kemiri
1 sendok teh ketumbar
1 sendok makan garam
Gula putih secukupnya

Bumbu pelengkap :
1 buah cabai merah
3 buah cabai hijau
1 cm lengkuas/laos
1 lembar daun salam


Cara memasak sayur lodeh terbagi menjadi beberapa bagian :

a. Bagian pertama adalah menyiapkan bahan-bahan.

1. Labu siam dikupas dan dipotong dengan bentuk dadu.
2. Kacang panjang dipotong dengan ukuran sekitar 2 cm.
3. Terong dipotong dengan bentuk dadu.

b. Bagian kedua adalah membuat bumbu

Cara membuat bumbu untuk sayur lodeh adalah :
  1. Haluskan semua bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri dan ketumbar, garam dan gula putih.
  2. Setelahnya, iris cabai merah dan cabai hijau secara serong.
  3. Lalu, potong tomat yang telah disiapkan menjadi 4 bagian.


Cara memasak sayur lodeh adalah :
  • Rebus dahulu Sasa Santan Kelapa dan bumbu yang telah dihaluskan di dalam panci. Aduk terus hingga mendidih. Atau kamu juga bisa memasukkan Sasa Santan Kelapa pada bagian terakhir saja. sebab Sasa Santan Kelapa sudah matang. Pokoknya sesuai selera saja. 
  • Lalu masukan lengkuas, jagung, kulit mlinjo, labu siam, dan kacang panjang secara bergantian. Masaklah semua bahan tadi hingga matang.
  • Terakhir masukan daun melinjo, cabai merah, dan terong. Kemudian lanjutkan memasak kembali hingga matang dan bumbu meresap. 
  • Setelah matang itu angkat. Dan siap disajikan sayur lodehnya. 


Nggak nyampe satu  jam, acara masaknya beres kok. Apalagi kalau  tungku kompornya diduet-in. Satu masak  sayur, satu goreng lauk. Sayur lodeh, dipasangin  sama lauk  apa saja juga enak. Tempe goreng-sayur lodeh-nasi panas, aih mantaps! Hemat bernutrisi..hi..hi. 

Senangnya ya, karena  untuk menikmati masakan bersantan sekarang ini semakin mudah.  Di samping itu, acara masakpun lebih praktis dan hemat waktu dan tenaga. Terimakasih Sasa Santan Kelapa. Sasa Santan, Aslinya Santan

6 comments:

  1. Sedaaappp
    Masak sayur lodeh gak perlu ribet tinggal sur santannya

    ReplyDelete
  2. doooh...laperr. sayur lodeh aku paling seneng kalo ada kembang mlinjonya. enak tenan!

    btw, pake tempe semangit ga?

    ReplyDelete
  3. wah ternyata mudah sekali bikinnya, apalai kalo pake Sasa Santan pasti lebih Top markotop

    ReplyDelete
  4. Lodeh termasuk masakan rumahan yang ternyata gampang cara masaknya dan banyak disukai. Santannya yang gurih dan rasa pedasnya itu membuat kita ketagihan ya..

    Ibu saya sering masak lodeh mbak, apalagi kalau ada ikan asinnya.. wah ngabisin nasi pastinya :)

    ReplyDelete
  5. sayur My favortie.... ada kacang nya.....

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin