Personal & Lifestyle Blog

15 November 2017

5 Aktivitas Seru Menyongsong Tahun Baru



Waktu beneran berasa berlari. Perasaan, belum lama keluar ujan-ujan, pengen liat suasana Kaliurang pas pergantian tahun bareng suami dan anak-anak, eh, sekarang rupanya dah mau ganti tahun lagi. Kalender juga sudah hampir habis, tinggal bulan November sama Desember doang. Ya ampun, 2017 sudah mau berlalu tergantikan tahun 2018.

Rasa hati di penghujung tahun seperti ini, antara seneng dan sedih. Senengnya, bersyukur karena bisa menjalani tahun ini dengan nikmat. Buktinya, tau-tau dah mau ganti tahun. Tapi ada rasa sedih juga, karena artinya jatah usia kita semakin berkurang. Aduh, klo ingat yang ini, sering jadi melo...😢 Ah, semoga jatah umurnya masih panjang, dan masih bisa berguna untuk sesama. Aamiin.

Meski kayak permen nano-nano, saya yakin, penghujung tahun adalah salah satu moment spesial yang dinanti, hingga kemudian beragam cara dilakukan untuk melaluinya. Buat kamu yang masih  ngeblank mau ngisi akhir tahun dengan kegiatan apaan, mungkin ide-ide ini bisa membantu.

Habiskan Jatah Cuti dan Bersantailah

Siapa sih yang nggak suka santai? Maka ketika hak untuk mendapatkan  jatah 12 hari dalam satu tahun untuk bebas dari rutinitas pekerjaan, ya kalau menurut saya, dipakai saja haknya. Biasanya sisa cuti akan hangus di bulan Desember.

Seandainya masih ada jatah tersisa, nggak ada salahnya untuk mulai mengatur jadwal dan melakukan negosiasi dengan atasan plus rekan kerja. Ya, tujuannya biar kerjaan tetep bisa berjalan lancar, meskipun kita tinggal.

Nikmati Liburan Seru Bareng Keluarga


Coba deh cek kalender di bulan Desember, lumayan banyak kan tanggal merahnya. Anak-anak sekolahpun juga akan mendapatkan banyak libur semesteran di bulan ini.

Melakukan perjalanan wisata, sepertinya ide yang bagus. Tujuan pertama, merefresh pikiran dan tenaga. Tujuan kedua, biar ada kesan yang tertinggal di tahun 2017, ya buat kita sendiri dan juga  anggota keluarga yang lain. Ajak orang tua, kakak atau adik untuk menikmati liburan rame-rame, pasti akan seru.

Cuma perlu diingat, nggak perlu terlalu maksa juga. Semuanya tetep kudu direncana dengan baik, apalagi kalo acara liburannya mbawa anak atau balita.

 Baca juga : Tips Perjalanan Nyaman dengan Anak dan Balita


Lakukan Petualangan Berkesan, Pendakian Misalnya


Kalau ngomongin yang ini, saya berasa pengen setback ke belakang..pengen muda lagi 😀 Tempo hari, saat lagi di depan tv yang nayangin program wisata petualangan, saya sampai bilang ke sulung saya yang usianya hampir 11 tahun, "Ka..kalau kamu besar nanti, jelajahilah alam dan dunia sejauh yang kamu bisa. Lakukan itu selagi kamu muda, karena pasti akan lebih maksimal".

Petualangan di sini, artinya sangat luas, tergantung minat masing-masing tentunya. Beberapa teman kuliah, termasuk Pak suami saat masih usia 20an, sering sekali menghabiskan penghujung tahun dengan mendaki gunung bersama teman-temannya. Saya? Kepengen, tapi pasti nggak bakalan diijinkan orang tua. Katanya, banyak sekali hal yang mereka dapatkan  dan mereka petik pelajaran saat melakukan perjalanan berat di alam bebas. Jadi kegiatan ini, menurut saya recomended untuk mengisi akhir tahun biar lebih berkesan.

Melakukan Kontemplasi dan Evaluasi  Diri


Perenungan. Terlihat sepele, tapi sebenarnya ini lumayan berat. Di sini, yang perlu kita lakukan adalah menengok sebentar ke belakang, melihat apa yang harus kita perbaiki dan kita koreksi, untuk kemudian mantap menatap ke depan siap dengan segepok resolusi-resolusi yang siap dijalankan.

Nggak ada salahnya  juga menyusun rencana, untuk memulai tahun baru nanti dengan nuansa baru pula. Menjadi pribadi yang lebih oke, dengan tatanan rambut yang lebih stylist atau bahkan gaya berpakaian yang labih fashionable. Untuk yang ini, nggak perlu khawatir karena kamu cukup nge klik link ini untuk melihat penawaran eksklusif di ZALORA Indonesia.

Upgrade Kemampuan, atau Bikin Project Pribadi

Nah, bisa banget klo mau nyoba yang ini. Anti mainstream. Jadi liburan ato akhir tahun nggak melulu soal liburan, pesta-pesta dan senang-senang. Bisa jadi malah dijadikan pemacu untuk menjadi pribadi yang lebih trampil dan kompetitif di tahun depan. Sekedar gambaran, misalnya ketika yang lain pada liburan,  malah ambil kursus stir, trus punya target tahun 2018 udah lancar bawa kendaraan. Atau memanfaatkan penghujung tahun dengan makin produktif, menulis atau berkarya di bidang lain misalnya.

Bagaimana, sudah punya gambaran? Hidup ini penuh pilihan. Cuma akan sayang sekali kalo akhir tahun ini kamu lewatkan begitu saja tanpa sesuatu yang spesial, tanpa ada kesan yang tertinggal.

13 comments:

  1. Baca ini jadi pengen camping tahun baru ntar. :'D

    ReplyDelete
  2. Suamiku ambil cuti menjelang tahun beru. Ada rencana liburan dan sangat kunantikan. :D

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen cepet2 tahun baru. Nggak sabar mau liburan.

    ReplyDelete
  4. setiap tahun baru gak pernah punya rencana, soalnya cuma nonton tv apa nonton film aja dirumah :(

    ReplyDelete
  5. Mungkin aktifitas untuk menyongsong tahun baru ini bagi saya yang seorang pelajar yaa mungkin cuma belajar, dan cuma istirahat diwaktu akhir pekan.

    ReplyDelete
  6. eh iya ya, saya baru ngeh sebentar lagi pergantian tahun. harus mulai nabung buat liburan hehe... belanjanya nyari yg promo :)

    ReplyDelete
  7. Tahun baru biasanya di rumah saja saya mbak. Kalau bisa sih pengennya pergi kemana gitu, tapi belum ada pembicaraan lebih lanjut. Kalau yang sudah-sudah paling lihatin kembang api pada malam tahun baru dari gapura perumahan :)

    ReplyDelete
  8. Duhhh gak berasa...udah mau ganti tahun ya... Pngen pendakian..tapi kok cuaca akhir tahun biasanya gak mendukung heheh

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen liburan. Hehehee...
    Entah kenapa kalo pas tahun baru rasa sate ayam jadi dua kali lebih nikmat ya? Padahal kalu dimakan di hari biasa juga sama-sama sate ayam kok hehhee...

    ReplyDelete
  10. salam kenal mba, kalau saya dan suami kerjanya nggak kenal tanggal merah jadi kami memanfaatkan libur dinas untuk liburan. Meskipun nggak bisa liburan akhir tahun tapi liburan pas weekend udah happy hihi. Thanks for sharing ^^

    ReplyDelete
  11. Liburan bersama keluarga tentunya asyik di akhir tahun. Tapi, biasanya di tempat-tempat liburan yang sudah pada umumnya akan ramai sekali. Maka, memilih tempat-tempat liburan yang belum berdesak-desakan adalah pilihan yang sip kalau menurut saya, hehe...

    ReplyDelete
  12. Kalo saya lebih milih liburan di tempat yang tenang, jauh dari kembang api dan kegaduhan ibu kota.pokoknya pengen jauh dari kota. pengen suasannya asri

    ReplyDelete
  13. cepet yah udh mau taun baru.
    sebentar lagi saya punya anak.. hehe

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin