Personal & Lifestyle Blog

15 October 2017

5 Tempat Wisata di Bandung ini, Beneran Bikin Saya Penasaran.


"Kapan to Raka libur agak lama? Selesai UTS nggak libur?" Tanya pak suami. Tumben. Kayaknya belio lagi pengen jalan-jalan agak jauhan.

"Yo nggak lah...libur habis terima raport, biasanya Desember. Sekalian libur Natal dan Tahun Baru" Jawab saya sok tahu, padahal belum ada info resmi dari sekolah, kapan anak-anak bakalan libur semesteran.

Dan ketika mata kami mencermati kalender di bulan Desember nanti, wow! Ada 4 hari libur yang jatuhnya berurutan. Pak suami libur di hari Sabtu-Minggu, dan libur hari Raya Natal pas hari Senin dan Selasa. Lumayan banget kan. Jadinya, bisa atur-atur strategi ngisi liburan mulai sekarang.

Sebenarnya kami punya rencana, udah lama, tapi ketunda mlulu. Pokoknya, klo pas nemu libur panjang (tapi bukan Lebaran, soalnya males berjubel dan macetnya) kami niat mau ke Bandung. Ada kakak, tinggal di Cimahi. Jadi maunya, silaturrahmi sekalian maen, soalnya udah lama banget anak-anak nggak nginep tempat pakdhe -budhenya. Penasaran juga dengan obyek-obyek wisata ngehitsnya Cimahi, Bandung, dan sekitarnya.

Ada waktu dua bulan berarti, buat matengin rencana, sekaligus ngumpulin dana. Ya, habisnya bepergian bareng anak-anak, dengan jarak agak jauh, riskan juga klo spontan. 


Mobil, atau Kereta?




Yang pertama kudu dipertimbangkan tentu moda transportasi. Kalau bawa mobil sendiri, paling enak berangkatnya sore, biar nanti sampai tujuan dini hari atau pagi. Enaknya bawa kendaraan sendiri, nanti di tempat tujuan sudah nggak perlu nyari rental mobil lagi. Tapi nggak enaknya, stamina pak suami yang pegang stir semalaman juga perlu dipertimbangkan.

Alternatif kedua, pake kereta api. Cara ini yang sering dipake keluarga kakak klo lagi mudik ke Jogja, dan juga dari Jogja balik lagi ke Cimahi. Kereta api menjadi sarana transportasi favorit mereka, karena  selama perjalanan semuanya bisa istirahat. Belum lagi, kemudahan dalam pembelian tiket.

"Sekarang beli tiket kereta gampang kok. Online saja..hemat waktu dan tega, toh banyak situs tiket kereta api terpercaya" Kata Kakak beberapa waktu lalu, saat kami barengan nungguin Bapak pas opname di RS. Mm..bener juga ya. Lagian saya dan pak suami, kan sering juga belanja online di Tokopedia.

Sebenarnya, alternatif ini perlu banget kami pertimbangkan juga. Jadi nggak ada cerita sampai tujuan malah masuk angin dan loyo karena kecapekan di jalan. Lagian, kalau misalnya nanti milih jadi make kereta api, kan Alya bisa nambah pengalaman lagi. Jam terbangnya naik kereta api bertambah


Oke lah, soal moda transportasi nanti kami timbang-timbang, mana baiknya, mana enaknya. Nanti minta pendapat juga ke anak -anak maunya naik apaan. Yang pasti kalau sudah sampai Jawa Barat, saya mau ngobatin penasaran saya dengan 5 Obyek Wisata Keren ini. Saat ini sih baru sebatas melihat mereka bersliweran di medsos atau sumber informasi yang lain, makanya pengen nikmati langsung dengan mata kepala sendiri.

Ini Lho, Mereka-Mereka yang Sukses Bikin Penasaran.


Kampung Gajah
Ha..ha, begitu denger namanya, saya hampir yakin anak-anak akan teriak "gak mau, takut terinjak gajah", karena mikirnya pasti tempat wisata ini isinya perkampungan para gajah si binatang besar, yang hidungnya panjang, telinganya lebar itu. Padahal sebenarnya Kampung Gajah kan tempat dengan beragam wahana permainan. Sepertinya tempat ini menarik banget kalau buat liburan keluarga, dengan member 2 plus dua bocil kayak saya. Penasarannya, kalau sama Dreamland Salatiga, cakepan mana ya?


image dari akun instagram @kampunggajah_wonderland


Floating Market, Lembang
Nah, klo yang ini benernya saya sama pak suami yang penasaran. Pengen nyoba juga karena konsep dasar tempat wisata ini kan wisata kuliner yang cukup unik. Menjadi unik, karena format jual-belinya mirip transaksi yang ada di pasar-pasar terapung di Kalimantan.

image dari akun instagram @floating.market.lembang
  

Kalau kemaren-kemaren, pasti saya mikir klo mesti ngajakin anak ke tempat wisata yang mesti pake adegan naik perahu, karena anak-anak mesti mogok, nggak mau dengan alasan takut. Tapi pasca dapat pengalaman naik boat di Telaga Sarangan tempo hari, kayaknya nggak perlu khawatir lagi.

Kawah Putih
Dulu, pernah sekali ke tempat ini. Pas Raka masih kecil, Alya belum lahir. Saya ingat komentarnya waktu itu saat melihat hamparan putih di depan mata.. "Kita kayak di awan"

Selain pemandangan eksotisnya, yang masih membekas diingatan saya tentang Kawah Putih adalah udaranya yang super duper dingin. So, wajib bawa jaket! Setelah bertahun-tahun berlalu, kayak apa ya sekarang? Tambah cantikkah?

Trans Studio Bandung
Sebenarnya untuk skala yang lebih kecil, di Jogja sudah ada trans studio mini. Anak-anak juga pernah maen dan seru-seruan di sana. Tapi, kalau di Trans Studio Bandung pasti wahana bermainnya jauh lebih banyak dan lebih menarik. Mengajak Raka dan Alya ke science center Trans Studio Bandung, pasti banyak manfaatnya. Kalau saya, penasaran sama jet coasternya!


Museum Geologi Bandung
Nah, ini penyeimbang. Biar kalau jalan-jalan isinya nggak cuma senang-senang atau makan-makan, tapi perlu juga ngajak anak-anak yang di sana ia bisa sekalian belajar. Banyak informasi menyebutkan, koleksi dari Museum Geologi Bandung ini lengkap, mulai dari fosil-fosil manusia purba, Replica Tyranosaurus, plus berbagai batuan mineral. Kami sekeluarga belum pernah ke sana..makanya, pengen nyoba.

image dari akun instagram @geomuzee

Itu tadi 5 tempat cakep, yang sepertinya bakalan kelar dikunjungi selama 2 hari. Berharap saja, semoga semua sesuai dengan rencana. Teman-teman sudah punya agenda juga mau kemana  akhir tahun ini? Kemanapun itu, semoga lancar jaya yaa...

14 comments:

  1. Untuk transportasi sepertinya lebih aman jika naik kereta mbak. Saya sih kalau bawa mobil sendiri untuk perjalanan jauh khawatir dengan keselamatannya.

    Wah, saya juga jadi pengen jalan-jalan ke Bandung mbak. Dulu pernah ke Bandung karena ikutan lomba di sana waktu kelas 3 SMA. Nggak banyak diajak jalan-jalan disana karena lombanya cuma bentar haha -_-

    ReplyDelete
  2. biasanya kalo ke kampung gajah, nanti makannya di kampung daun tu yaa.. hahahaha..

    ReplyDelete
  3. Kalau menurut saya yang lebih enak dari 5 yang disebutkan diatas adalah Museum Geologi Bandung & Kawah Putih..karena sekalian jalan-jalan bisa dapat wawasan juga tentang sejarah serta alam haahaaa!!😂

    ReplyDelete
  4. Aku pernah ke kampung Gajah, kirain ada gajah beneran hehe, taunya ya tmp wisata main dan kuliner saja

    ReplyDelete
  5. Mengenin banget tempat wisatanya ya Bunda Raka.....

    ReplyDelete
  6. wah kebetulan wiken besok mau ke bandung. pengennya sih ke tras studio, mudah2an jadi :)

    ReplyDelete
  7. Ngenesnya aku cuma mpe pager kawah putihe trus pulang mb, pagi kejebak macet, mpe lokasi jm 5, ya ngalamat tutup wkwk

    ReplyDelete
  8. Belum pernah ke Bandung mbak, pengen juga sih. Tapi untuk transportasi saya lebih sreg pilih Kereta Api aja, karena lebih nyaman sekaligus bisa melihat-lihat pemandangan alam yang bagus :)

    Saya kok penasaran dengan floating market yang di Lembang itu ya, meskipun sebenarnya takut air, tapi kepo nya lebih besar nih hehe..

    Selanjutnya ke museum, disana banyak pengetahuan buat anak-anak dan ingin membuktikan bahwa museum itu nggak selamanya serem :)

    ReplyDelete
  9. Pengen ke museum geologinya. Kalau kawah putih udah pernah. Naik kereta ekonomi dari Jogja ke Bandung. Ternyata capek juga

    ReplyDelete
  10. pernah ke bandung sekali, terkenal murah oleh-olehnya hehe

    ReplyDelete
  11. Paling penasaran sama museum Geologi. :D

    ReplyDelete
  12. Aku jadi pengen ke Kampung Gajah dan Museum Geologi Bandung. Soalnya aku suka hewan dan suka hal-hal yang berbau pubakala. Hihi... Thanks ya aku jadi tahu di Bandung ada apa. Bisa buat wishlist destinasi. :)

    ReplyDelete
  13. Yang belum tinggal kampung gajah :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin