Personal & Lifestyle Blog

3 September 2017

Tips Memilih Layanan Cleaning Service dan Asisten untuk Rumah Tangga

Dalam urusan membersihkan rumah, mempekerjakan asisten rumah tangga dan menyewa jasa cleaning service memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kekurangannya, bisa saja privacy kamu jadi terusik saat ada ART atau petugas cleaning service  melakukan tugasnya. Sisi positifnya, kedua jasa bersih-bersih rumah tersebut akan menghemat tenaga, pikiran dan waktu yang kamu miliki. 


Kamu bisa saja sesekali membersihkan  rumah sendiri. Tapi jika kemudian bermaksud  untuk menggunakan jasa cleaning service, kami telah merangkum 5 buah tips yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu  menyewa layanan Asisten  Rumah Tangga ataupun jasa  cleaning service. Langkah ini juga dapat kamu gunakan sebagai pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Pilihlah layanan Cleaning Service yang telah dirujuk dan Memiliki Review Positif

Memilih layanan kebersihan untuk rumah  sama krusialnya seperti memilih dokter. Jika kamu khawatir dengan keamanan rumah dan barang, temukan layanan rumah tangga ternama yang memiliki kontak yang bisa kamu hubungi. Pertimbangkan saran dari tetangga, rekan kerja, atau anggota keluarga. Jika perlu, lakukan riset kecil dengan mencari review layanan cleaning service tersebut di Internet. Pastikan layanan tersebut memiliki review yang positif dan memiliki banyak klien yang merasakan kepuasan. Selain itu, pastikan penyedia layanan bersih-bersih rumah tersebut memiliki asuransi akan kerusakan yang jelas

Banyaklah Bertanya Sebelum Memilih Suatu Penyedia Layanan Cleaning Service 

Sebelum memilih suatu penyedia jasa, kamu harus sedikit kritis dan banyak bertanya. Seperti pepatah yang berbunyi 'malu bertanya sesat dijalan', jika kamu tidak jeli dalam menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan layanan, maka kamu bisa jadi  tidak akan mendapatkan kepuasan dan rumah akan tetap kotor meski telah mengeluarkan biaya yang besar.

Sebagian besar layanan pembersihan akan menyediakan konsultasi gratis. Kamu  dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meyakinkan diri sendiri, dan kamu  dapat menggunakan list pertanyaan berikut:
  • Jenis produk pembersih dan desinfektan apa yang mereka gunakan? 
  • Apakah mereka mengganti kain dan alat pembersih tiap berganti rumah? 
  • Apakah mereka memiliki lisensi dan ikatan jika terjadi kerusakan atau pencurian di rumah yang mempekerjakan? 
  • Berapa lama mereka membuka layanan ini?
  • Bagaimana skema tarif yang akan dikenakan pada pelanggan 

Pekerjakan Asisten Rumah Tangga yang Berpengalaman 

Jika kamu  lebih memilih menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART) untuk membantu mengurus rumah, pekerjakan seseorang yang sudah berpengalaman, tekun dan detail dalam mengerjakan pekerjakan yang kamu berikan. Seorang ART umumnya dapat melakukan pekerjaan rumah tangga dasar seperti mencuci dan melipat pakaian, menyapu dan mengepel, membantu membersihkan dan membenahi rumah hingga memasak. Jangan lupa untuk mengantongi kontak ART darurat yang dapat kamu  gunakan ketika ART utama kamu berlibur atau pulang kampung. Dengan demikian, kamu tetap akan terbantu meski ART utama bepergian dalam waktu yang cukup lama.


Pilih Layanan yang Memberikan Pay per Service



Pilihlah jasa yang dibayar perjumlah layanan yang terdiri dari seberapa berat pekerjaan atau seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bersih-bersih di rumah. Hal ini akan lebih hemat apabila kamu harus melakukan pembayaran perjam atau paket tertentu. Karena apabila sang staff kebetulan memiliki kinerja yang lambat, kamu akan mendapatkan kerugian yang cukup besar. Selain itu, untuk membantu menghemat biaya, lakukan inspeksi dan bersihkan beberapa tempat yang mudah dijangkau agar menghemat waktu yang dibutuhkan oleh sang cleaning service untuk membersihkan rumah.


Pikirkan dengan Baik, Jika Perlu, Diskusikan Bersama Keluarga

Kamu harus berpikir berkali-kali sebelum memutuskan pilihan menyewa layanan rumah tangga. Ajukan pertanyaan yang akan menyelesaikan masalah. Jangan takut atau sungkan untuk mendiskusikan secara terbuka dengan keluarga atau pasangan. Rumah, anggota keluarga dan barang-barang kamu harus merasa aman saat berada di tangan layanan pembantu rumah tangga.

Jika kamu merasa memiliki suatu rahasia yang sangat privat atau merasa tidak aman jika ada pihak selain keluarga yang masuk ke dalam rumah, mungkin sebaiknya kamu  tidak terlalu sering menggunakan jasa ini atau batasi kinerja mereka pada lokasi tertentu saja. Sebaliknya, jika Anda merasa terlalu sibuk dan membutuhkan bala bantuan untuk mengurus kebersihan, kehigienisan, dan keasrian tempat tinggal milik Anda, maka gunakanlah jasa ART atau cleaning service terbaik yang Anda percayai. 

Demikian tips memilih layanan  cleaning service dan ART ini. Artikel ini ditulis agar kamu  bisa memikirkan tips dan mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan untuk menyewa bantuan untuk membersihkan rumah dan dekorasi kamar kamu. Keputusan ini harus didasari dengan mempertimbangkan rasa aman dan nyaman dengan orang diluar keluarga yang masuk dan keluar dari rumah.

Pada intinya, memilih jasa ART dan cleaning service adalah mencari mereka yang dapat memberikan layanan terbaik dan terpercaya serta  harga yang bersahabat bagi keuangan Anda. Semoga berguna, dan selamat mencoba!

7 comments:

  1. ART yang jelas harus jujur, ga emberan dan nyaman di hati kita ya. soale kan ngurusin wilayah pribadi kita.

    dulu ibuku punya tukang setrika yang anteng dan jujur. mau diceritain apaaa aja dia ga pernah ngember ke mana-mana. dan di rumahku pun ga pernah ngrasani orang lain yang juga pakai jasanya.

    jempol tenan deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dah nemu yang begini..harus dijaga bener2. Yen aku pribadi...misale pke ART milih yang udah ibu2/lebih tua...ngerti gawean. Dikasih job desk, langsung paham

      Delete
  2. Sekarang memang lagi musim pake jasa cleaning service. Pengen tapi kok Yo sayang rumah cuma sakuplek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi sama. Aku sekali aja pke ART, pas masih kerja lapangan dl mba. Buat jagain raka. Sekarang blm butuh..nanti ndak aku malah nganggur..soale podho mbak..sak uplek gitu..masih bisa kehandle, meskipun sak tekane­čśä

      Delete
  3. Waktu lagi musim banjir, beberapa teman saya yang kena lebih memilih pakai jasa ini. Abis capek kalau harus bebersih rumah sendiri

    ReplyDelete
  4. Keren mbak, bisa buat referensi untuk nyari ART nanti...


    nanti kalo udah punya rumah gedong T.T

    ReplyDelete
  5. Kalau saya selama ini lebih memilih membersihkan sendiri mbak Sulis. Meskipun pulang kerja sudah capek tapi mau nggak mau harus semangat karena nggak enak kalau rumah kotor/berantakan. Tapi seringnya urusan bersih-bersih gini justru suami yang handle, hehe..

    Tapi bagi yang ngga punya waktu sama sekali, boleh juga dicoba layanan ini yang penting ngga ganggu waktu istirahat ya mbak :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin