Personal & Lifestyle Blog

27 September 2017

Penemu Huruf? Mmm..Siapa Ya

"Ibu..penemu huruf siapa?"

"Huruf abjad, alphabeth..?"

"Iya"

(Diem, saya berusaha mikir..tapi tetep aja nggak nemu jawaban)

"Cari jawabannya sama-sama aja yuk. Tahunya Ibu cuma orang jaman dulu.. Selebihnya Ibu udah lupa"
**
Kejadiannya sore kemaren pas lagi nemeni raka mbaca buku pelajaran ips kelas 5 pas tema kerajaan-kerajaan tempo dulu, dan tiba-tiba ni anak keceplos nanya itu. Persis, sama kayak pas nanya kenapa timun pahit, tiba-tiba aja nanya. 

Klo pertanyaannya seputaran kerajaan Majapahit bubarnya gara-gara apa, mungkin masih mending. Nyambung sama buku yang lagi dibaca. Lha ini, malah nanya, yang nemuin huruf siapa. Jadinya mau nggak mau ngubek google..nyari jawaban yang paling masuk akal.

Sebenarnya pas saya sekolah, pasti udah dapat materi tentang manusia pra sejarah dan sejarah, yang belum dan sudah mengenal tulisan. Lupa-lupa ingat,  kayaknya pas diajar pak Bambang, guru sejarah SMA. Jaman ngomongin peradaban bangsa-bangsa pendahulu macam Mesir, Roma, Babilonia dan kawan-kawannya. Tapi kalo inti pelajarannya, sudah menguap pastinya..

Untung ada Mr. Google si penyelamat


Dan ternyata oh ternyata, meski jumlahnya cuma 26 biji, huruf yang saya rangkai dan teman-teman baca ini sejarahnya lumayan panjang. Konon, manusia sudah saling meninggalkan pesan sudah sejak 7000 tahun yang lalu. 

Berawal dari huruf paku, kemudian simbol-simbol yang banyak dipahat di dalam gua, kemudian ada alphabet perincian yang dibuat bangsa Yunani, kemudian disempurnakan bangsa romawi, hingga bentuknya seperti yang kita pake sekarang. 

Lah, ngapain juga saya nerangin di postingan ini malah kayak Cikgu sejarah? Ha..ha, kali aja, bukan Raka aja yang nanya. Kan bisa ngerti jawabnya. Eh, bukan itu ding.

Pengingat aja buat saya sendiri. Di rumahpun, saya harus upgrade ilmu. Anak sekarang, kadang klo nanya bener-bener ga terduga. Nggak cuma anaknya aja yang dikejar-kejar suruh belajar, tapi ibunya malah glagepan dapat pertanyaan.   Aku banget. 

Buktinya niatnya belajar sejarah Indonesia, jadinya malah ngulik asal mula tulisan..hi..hi. Btw, yang anak-anaknya lagi pada persiapan UTS..good luck ya! Rata-rata tingkat stressnya lebih tinggian Emaknya daripada anaknya😊
.

11 comments:

  1. pertanyaan anak memang jadi membuat orang tuanya belajar lagi ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..
      Jd mesti buka buku lagi, baca lagi.

      Dalam hal pelajaran sekolah juga gitu, meski masih SD..tetep masih harus bljr lagi.

      Delete
  2. hihihi untung sekarang ada Google. Ya meskipun gak semua info dari sana kita bisa langsung telan mentah-mentah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo nggak ada..nggak ngerti mo nanya siapa mb. Soalnya klo mesti buka2 buku..pstinya lama

      Delete
  3. iya ini. lagi uts di madiun lis. mana materinya banyak yg belum diajarkan tapi diujikan. emaknya pening dilaporin sama anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogja awal okt mb.. Minggu ini buanyak ulngn harian

      Delete
  4. selamat uts-an raka! semoga penemu huruf masuk dalam ujian-nya yaa :))

    ReplyDelete
  5. Jadi mikir sebenere orang jmn dulu yok cerdas bin briliant yo mb, la pinter bikin koda kode trus dijadiin bahasa komunikasi, sama kyk penemuan2 lain yg awal2....ibarate pelopor
    Skrg baru tambah berkembang lg entah itu improvisasi ato penemuan baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Coba bayangkan klo orang2 tempo dulu itu tipikal males mikir..njuk cuma tidur n makan semua... Paling kita jadinya juga cuma ikut ikutan hidup untuk tidur dan makan yo Nit.

      Delete
  6. eh iya
    pertannyaan cerdas
    jarang murid2 tanya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha, iya. Anak sekarang lebih ngeyel..tapi kritis. Klo anak jaman dulu, banyakan iya..tapi sebenarnya ga paham. Hi..hi

      Delete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin