Personal & Lifestyle Blog

2 September 2017

Dua Olahan Otak Sapi Yang Yummy...

Masakan Otak sapi
Pepes Otak sapi dan Otak Sapi Krispi

Dua Idul Adha terakhir, setiap pulang dari acara penyembelihan hewan qurban di kampung, pak suami selalu membawa oleh-oleh yang dinanti anak-anak. Mereka suka karena rasa gurih, dan teksturnya yang empuk. Apalagi kalau bukan otak sapi.

Iya, Otak Sapi Memang Berkolesterol Tinggi.

Banyak artikel menyebutkan kalau otak sapi merupakan salah satu jenis bahan makanan yang tergolong berkolesterol tinggi. Tapi, banyak juga yang menyatakan kalau otak sapi, justru bagus di konsumsi oleh anak-anak. Seperti dilansir viva.co.id, dalam satu artikelnya yang menyatakan bahwa anak yang tumbuh dengan asupan otak sapi, akan membuat otak anak dan sistem saraf anak lebih sehat.

Otak sapi dipercaya mengandung nutrisi lebih tinggi jika dibandingkan dengan organ sapi lainnya, karena dalam otak sapi terkandung minyak alami yang sehat. Dalam 100gram otak sapi terkandung

Nutrisi otak sapi
nutrisi dalam otak sapi

Bagus kan secara nutrisi? Paling aman sih, kalau pas ada di depan mata, ya dimakan aja. Apalagi ngepasi suasana Idul Adha kayak gini. Kuncinya satu, makan apapun, jangan berlebihan, karena nantinya pasti nggak baik. 

Otak Sapi Crispy

Sebenarnya, olahan otak sapi paling standar adalah digoreng dengan baluran telur kocok, atau bisa juga langsung dibalur tepung. Tapi untuk saya pribadi, lebih suka yang pake balutan tepung tanpa telur,  karena hasilnya jadi lebih garing dan kriuk. Garing di luar, tetap empuk di dalam.

Bahan yang digunakan, sangat simpel:
  • Separuh bagian otak sapi, saya kukus dulu, agar lebih mudah diolah/dipotong/tidak hancur.
  • Bawang putih dan garam sebagai bumbu
  • Tepung, bisa tepung bumbu instant atau campuran tepung buatan sendiri, yang terdiri dari tepung tapioka, tepung terigu dan tepung beras, dengan perbandingan 1:1:1.
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng.
Step by Step Otak Sapi Crispy

Otak sapi tepung
Bumbu dan ngolahnya mudah

Potong otak sapi yang telah dikukus ➡ bumbui dengan garam bawang ➡gulingkan dalam tepung kering ➡goreng dalam minyak panas. Angkat setelah berwarna kecoklatan. Otak krispipun siap di santap.

Pepes Otak Sapi

Agar lebih variatif, separuh bagian otak sapi saya masak dengan cara lain. Saya coba masak pepes. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan:

Bahan
  • Otak sapi yang sudah dikukus terlebih dahulu
  • Daun pisang sebagai pembungkus
  • Tusuk gigi, sebagai penyemat daun
Bumbu
  • Garam
  • Gula pasir
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Kemiri
  • Kunyit
Tumbuk semua bumbu sampai halus

Bumbu Tambahan
Semua bumbu tambahan, iris.

Pepes otak sapi
Bahan-bahan pepes otak sapi

Untuk takaran, semua bumbu secukupnya. Gunakan feeling. Maksimalkan perasaan, insyaalloh hasilnya enak

Step by Step Pepes Otak Sapi

Campur semua bahan ➡ bungkus dengan daun pisang➡ kukus sekitar 20 menit. Pepes otak sapi, siap di nikmati. Hmm..Yummy!!

Resep Pepes Otak

Setelah dua hasil masakan dicicip enakan mana? Semua enak. Hi..hi. Kalau versinya anak-anak, mereka suka otak sapi krispi. Kalo saya pribadi, lebih suka yang pepes. Aroma kemangi-daun pisang kukus-gurih otak itu menggoda beneran. Apalagi ini pake cabe, jadi meski nggak pake banget...ada rasa pedesnya. Itu yang saya suka. Kalo pak suami, katanya semuanya enak. Cihuyyy...! 😁😁

14 comments:

  1. Aku belum pernah makan otak sapi. Gimana rasanya ya? :o

    ReplyDelete
  2. Otak sapi crispy? Coba bikin ah. Penasaran rasanya. :D

    ReplyDelete
  3. Aku cuma makan gulai otak itupun di RM Padang ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gulai otak aki malah blm pernah mbuat/ makan mba..

      Biasanya klo di Padang, paling sering pke lele😁

      Delete
  4. Teksture brarti langsung amoh gitu yo mb? Aku blom pernah mkn nek otsk sapi, seringe otak ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amoh ki opo e..? Hi..hi, radong aku yen boso kebumen...πŸ˜€

      Delete
  5. whoaa...anyar iki lis. sing crispy ketoke mak nyus deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba mba..lebih gampang...tanpa ribet. Tinggal gulungin ke tepung, goreng srenggg

      Delete
  6. Ga pernah makan otak sapi, tapi katanya emang enak banget... sebanding sama kolesterol yang didapat.. whahahahaha

    ReplyDelete
  7. Otak sapi kesukaan Vani dan emaknya juga. Kebetulan kemarin pas qurban dapet otak sapi, tapi ya cuma digoreng doang biar cepet masaknya mbak.

    Boleh juga nih resepnya, jadi ada variasi masak otak sapi biar nggak ngebosenin ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. pengen nyoba bikin pepesnya, mbak. kalau pas saya waktu kecil, ibu saya sering bikinkan otak sapi balut telur. klo sekarang seringnya sih beli di warung padang, eh tapi pernah sekali beli agak bau gimana gitu mbak, kayak langu. hoho. salam kenal ya mbak ^^

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin