Personal & Lifestyle Blog

5 September 2017

Jenuh? Lakukan 5 Hal Ini, dan Kamu Bisa Kembali Fresh

Secara gampang, jenuh bisa diartikan jemu atau bosan. Efek ikutannya adalah timbul rasa tidak nyaman, yang kemudian pelampiasannya sering lari ke hal-hal negatif, misalnya jadi nggak fokus, nggak konsentrasi, atau malah jadinya ngomel-ngomel. 

Biasanya jenuh datang karena sesuatu yang monoton, hal-hal yang sama setiap hari, atau proses menunggu yang terlalu lama dan belum menampakkan hasil juga. Bosan, jenuh, saya rasa semua pernah mengalami rasa itu. Nggak pandang bulu juga. Bahkan pekerjaan yang dari luarnya tampak begitu menyenangkanpun, saya pikir tetep ada titik jenuhnya. 


Saya pernah jenuh gitu? Ya jelas! Yang paling potensial bikin jenuh bagi saya adalah sesuatu yang teratur, berulang, sama setiap hari. Makanya klo udah jenuh, sesekali saya milih alur hidup yang random. Acak. Sengaja dalam ketidakteraturan, cuek-cuek sebentar, boleh lah. 

5 Cara Jitu Mengatasi Rasa Jenuh

Selain mengubah ritme hidup beberapa saat, cara lain yang yang lumayan mujarab untuk mengusir rasa jenuh adalah:

1. Istirahat
Mungkin banget lho, rasa jenuh cuma disebabkan karena capek fisik alias letih. Solusi  paling gampang ya tidur. Tambah porsi tidur aja, setelah bangun coba cek apakah moodnya membaik atau belum. Kalau masih sama, coba cara ke 2.

2. Cari suasana baru.
Harus jalan-jalan atau piknik? Nggak juga kok. Dengan menata ulang perabot di tempat kerja atau perabot di rumah, sebenarnya kita udah bisa dapetin suasana baru. Tapi kalau misalnya suka, jalan-jalan di tempat baru, ketemu wajah-wajah baru juga bisa di coba. Namanya wisata kan nggak harus mahal, tinggal sesuaikan aja sama budget.

3. Manjakan diri.
Me time kalo bahasa kerennya. Apa dan ngapainnya tentu saja bisa beda antar orang perorang. Yang suka belanja, ya paling nge mall. Bisa jadi klo yang hobi dandan atau perawatan tubuh, me time nya ke salon, luluran atau apa. Ada yang  cara menikmati me time nya masak, bikin kue, atau malah nanam sayuran dan berkebun, ya gak apa-apa..malah banyak manfaatnya kan? 


Yang hobi nonton, udah nonton aja! Kalau sudah bosan sama tayangan TV, nggak apa-apa lah sekali kali ngeluarin dana untuk nonton film bioskop terbaru. Untuk yang satu ini,  kamu bisa ajak teman, pasangan, atau semua anggota keluarga. Bukan waktunya lagi ngerasa minder gara-gara minim info soal film bioskop,  toh kemajuan  teknologi informasi telah menyediakan banyak cara untuk  update info film bioskop terbaru.  

4. Silaturahmi ke teman lama.
Serius, ini bisa banget ngebunuh rasa jenuh. Ketemu teman lama, memang bisa langsung membuat kita bernostalgia. Tapi bukan tidak mungkin, dari pertemuan dengan teman-teman lama pula akan muncul ide-ide yang inovatif dan brilian.

5. Bersyukur
Kita (termasuk saya) seringkali  melihat "rumput sebelah lebih hijau." Padahal, Klo orang Jawa, ada istilah hidup itu Wang-Sinawang. Secara filosofis, wang sinawang bermakna saling menilai orang lain dan biasanya memandang orang lain lebih beruntung dari diri sendiri. Iya, jadi apa yang kita lihat nyaman, belum tentu nyaman bagi si empunya. Begitu juga sebaliknya. Jadi kata kuncinya, tergantung  yang jalani. Intinya, biar nggak jenuh..di jalani, dinikmati semua prosesnya, trus disyukuri aja. 

Jadi kesimpulannya, sebenarnya  hal paling pokok adalah mencari penyebab kejenuhan. Kalau sudah ketemu, segera cari solusi yang sesuai dengan situasi dan kondisi, serta tingkat kejenuhan.

Ok, good luck!! Yang lagi jenuh..semoga jenuhnya segera menjauh yaa....😁

20 comments:

  1. Kalau saya me time nya paling suka berendem di pemandian air panas mbak, kalau sudah jenuh sama aktifitas harian yang sama teruss setiap harinya :D

    ReplyDelete
  2. paling setuju sama yang akhir mbak.. kalau saya untuk menghilangkan kejenuhan, biasanya ganti minyak goreng mbak..


    emangnya minyak goreng

    ReplyDelete
  3. Dengan mengetahui penyebab dari rasa jenuh, kita bisa keluar dari kejenuhan secepatnya, rasa jenuh yang berkepanjangan akan sangat berbahaya

    ReplyDelete
  4. Saya pengen ke salon buat menghilangkan jenuh :D

    ReplyDelete
  5. saya nulis aja sambil BW biar gak jenuh hehe

    ReplyDelete
  6. Saya justru jenuh karena kebanyakan melakukan cara jitu dari mbak Maya yang nomor 1, saya jenuh karena kebanyakan tidur hahaha -_-

    Silaturahmi ke teman lama memang ampuh mbak. Nostalgia tentang cerita-cerita waktu dulu selalu berhasil menghidupkan suasana dengan tawa :))

    Bertemu teman-teman baru melalui blogwalking juga bisa jadi salah satu solusi untuk menghilangkan jenuh :D

    ReplyDelete
  7. Ngilangin jenuh ala saya mah tidurrrr XD

    ReplyDelete
  8. Ngilangin jenuh ala saya mah tidurrrr XD

    ReplyDelete
  9. manjakan diri dengan ke salon, creambath, pijat dll

    ReplyDelete
  10. Wah terimakasih ya tipsnya. Dicoba deh ntar biar ga bosen :)

    ReplyDelete
  11. nomer 4 paling manjur. nek konteks saiki diterjemahkan sebagai: pulang kampuang hehehe

    ReplyDelete
  12. Semuanya aku banget tuh, mb Sulis. Dan yang terakhir itu paliiiing penting. Bersyukur. Bahkan terhadap hal-hal yang kecil. Dan itu bakal buat kita bahagia 😍

    ReplyDelete
  13. Kalau saya pilih jalan-jalan aja mbak, selain bisa keluar rumah dan menemukan pemandangan baru, siapa tahu bisa ketemu teman juga dan ngobrol-ngobrol.

    Selanjutnya nonton film, meskipun buat saya tidak harus ke bioskop. Yang penting filmnya bagus dan bisa sambil tiduran itu udah nikmat banget loh mbak Sulis :)

    ReplyDelete
  14. yang biasa saya lakukan di point diatas adalah silaturahmi ke rumah temen kadang ampe nginep biar sekalian nostalgia,, btw thanks informasinya yaaa mbaaaa

    ReplyDelete
  15. Traveling ato nyobain sesuatu yg extreme, itu caraku ngilangin jenuh mba :) .. Bungy jumping , ato ke themepark yg ada rollercoaster, yg extreme2 begitu buatku ampuh utk bikin fresh lagi :)

    ReplyDelete
  16. aku perlu semua, tapi yang paling mudah dan praktis adalah istirahat, mumpung anak tidur. Tapi giliran anak tidur, malah enggak ngantuk, heheee. Makasih tipsnya Mbak

    ReplyDelete
  17. Biasanya sih kalo udah jenuh bakal nyari kegiatan lain atau tidur deh.

    ReplyDelete
  18. yang poin terakhir itu bener banget

    ReplyDelete
  19. makasih tipsnya Bunda, kalau saya lg jenuh ya jalan-jalan atau makan enak biar jenuh nya ilang. hehee

    ReplyDelete
  20. Kalau bunda lagi jenuh bisa seharian nguplek ngutak ngatik pot-pot tanaman, ya ngeganti medianya, ya, beli pot-pot baru dan memindahkan anakannya. Pokoknya berkutat sama tanah sampe keringetan. Waaah, setelah disiram pot-pot semuanya, rasanya, gimana...gitu.

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin