Personal & Lifestyle Blog

4 September 2017

7 Cara Perawatan Rambut Agar Lebih Cepat Panjang

Bagi banyak wanita, entah ia berhijab atau tidak, rambut adalah mahkota yang mesti dijaga. Itu artinya, sebuah kepuasan dan kebanggaan tersendiri jika rambut yang dimiliki terlihat indah. Melakukan perawatan rambut yang tepat, bisa membuat rambut  terlihat menawan seperti yang kita inginkan,  hitam berkilau, tumbuh dengan sehat dan bebas dari berbagai macam masalah rambut.

Selama ini, rata-rata perempuan menggunakan bantuan jasa salon kecantikan untuk melakukan perawatan ekstra terhadap rambut. Meski begitu, sebenarnya kitapun bisa melakukan perawatan rambut secara mandiri di rumah. Satu kuncinya, telaten.

image : www.pixabay.com

Di Indonesia, meski kita mengenal beberapa tipe rambut, namun rambut panjang dianggap sebagai sesuatu yang ideal, dambaan bagi banyak wanita. Dengan rambut yang panjang, mereka akan bebas mengimprovisasi bentuk rambut, mulai dari rambut panjang yang lurus, sampai rambut panjang yang wavy atau sedikit bergelombang.

Jika kamu merasa rambutmu tidak bertumbuh dengan baik atau memerlukan waktu yang lama untuk memanjang, mungkin kamu belum mengerti bagaimana cara merawat rambut anda agar lebih cepat memanjang.

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

1. Menggunakan Kondisioner
Penggunaan kondisioner setelah keramas diyakini dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan halus. Kondisioner juga dapat menambah kelembapan rambut sehingga rambut tidak akan kering dan kusam. Menggunakan kondisioner secara rutin juga dapat membuat rambutmu memanjang lebih cepat. Gunakan kondisioner minimal dua kali dalam satu minggu.

2. Kurangi Pemakaian Alat Pemanas Rambut
Jika dirasa perlu, kamu boleh saja menggunakan berbagai alat pemanas rambut contohnya hairdryer dan catokan rambut. Namun, jangan terlalu sering melakukannya. Panas yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat membuat rambut rapuh dan mudah rontok. Tekanan panas di dalam alat-alat tersebut juga dapat menghambat pertumbuhan rambutmu dalam jangka waktu yang panjang.

3. Pijat Kulit Kepala Secara Rutin
Hal sederhana berikut ini mungkin bisa kamu lakukan setiap hari, yakni dengan cara memijat kulit kepala.  Pijatan pada daerah kulit kepala akan membantu melancarkan peredaran darah, hingga akan lebih merangsang pertumbuhan rambut. Lakukan pemijatan pada saat keramas selama 3 sampai 5 menit. Selain bertujuan untuk melancarkan peredaran darah, memijat kepala saat keramas dapat menghilangkan kotoran yang memicu tumbuhnya jamur.

4. Hindari Mewarnai Rambut
Saat mewarnai rambut, rambutmu akan terkena bahan-bahan kimia. Semakin sering kamu melakukannya, semakin banyak pula bahan kimia yang diserap oleh rambut. Bahan-bahan kimia tadi, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan pada kulit kepala dan secara otomatis menghambat pertumbuhan rambutmu.

5. Konsumsi Banyak Protein
Selain merawat rambut dari luar, kamu juga perlu merawat rambut dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti, susu, telur, kacang-kacangan dan daging. Asupan protein tersebut akan membuat rambut memperoleh nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mempermudah pertumbuhan rambut.

6. Minum Banyak Air Putih
Air putih diyakini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah untuk membantu pertumbuhan rambut. Air putih dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala dan mengaktifkan berbagai sel pada rambut.

7. Kurangi Waktu Berenang
Air di dalam kolam renang mengandung klorin yang dapat merusak dan memperlambat pertumbuhan rambut. Namun, bukan artinya kamu nggak boleh berenang sama sekali. Cara yang paling aman, adalah pilih kolam renang dengan sumber mata air alami. Tapi kalau itu susah, gunakan saja penutup rambut. Segera bilas rambut setelah berenang, dan lebih baik gunakan kondisioner juga untuk tetap menjaga kelembapan rambutmu.

Beberapa perawatan rambut agar cepat panjang dan lurus di atas, juga bisa kamu imbangin dengan pola hidup sehat. Banyak mengonsumsi buah dan sayur misalnya. So, tunggu apalagi..sama-sama yuk, kita jaga keindahan rambut.

10 comments:

  1. Ini berlaku untuk cowok juga gak, ya, Bund? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..yen cowok ga usah..malah mboros2i biaya potong rambut nanti😀

      Delete
  2. Yang pasti butuh perawatan luar dalam dan hindari yang akan menghambat rambut tumbuh, oh ia mungkin faktor usia bisa juga menghambat rambut untuk panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usia..mungkin pengaruh juga mba. Soalnya aku perhatiin..klo rambut anak2 itu cepet banget panjangnya.

      Delete
  3. kebetulan banget emang niat mau nggondrongin rambut supaya terlihat ala jaman dulu lagi gituh, cuman poin tujuh yang rada sulit, maklum hobi berenangnya sulit ditahan jangankan kolam renang, ada empang aja juga suka langsung nyemplung atuh sayah mah....gimana, coba?

    ReplyDelete
  4. Walaupun saya pria saya tetap memperhatikan perawatan rambut mbak. wkwkwkwk. Tapi kalo istri saya pakai sampo yang all natural, yang tidak merusak kulit kepala dan rambut..

    ReplyDelete
  5. Aduh mbak seneng banget bacanya hahaha. Soalnya saya emang punya masalah di rambut. Si rambut susah panjangnya lagi setelah saya potong beberapa bulan yang lalu. ternyata emang ada tipsnya ya? Dan protein juga penting buat bikin rambut jadi panjang. Saya baru tahu mbak. Thanks for Sharing ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. Nice tips bunda. Kalau saya, panjang dikit aja pengen dipotong nih. rasanya berat kalo gondrong.

    ReplyDelete
  7. Saya baru tau kalau pakai conditioner bisa mempercepat rambut panjang :)

    ReplyDelete
  8. kurangi berenang ya tante,,,
    hiks, padahal dija berenang sering sekali

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin