Skip to main content

5 Universitas Pilihan di Kota Gudeg

Yogyakarta, sebuah kota kota  yang memilki banyak  daya tarik. Banyak tempat-tempat menawan, entah itu alam atau buatan  yang  berhasil memikat  para wisatawan baik domestik maupun mencanegara, hingga menobatkan  Yogyakarta sebagai destinasi wisata mereka.

Selain itu, kota yang terkenal dengan gudegnya ini  juga di kenal sebagai kota pelajar.  Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Propinsi DIY tahun 2015/2016 ada 5.121 sekolah mulai tingkat TK sampai SLTA yang tersebar dalam  4 wilayah kabupaten dan 1 kota.  Di tingkat perguruan tinggi, ada ratusan kampus baik itu negeri ataupun swasta yang siap menerima mahasiswa baru setiap tahunnya.  Karena itu pula, setiap tahun ajaran baru, banyak sekali pelajar atau calon mahasiswa baru datang ke Yogya, bersaing untuk bisa menjadi bagian dari sekolah, PTN ataupun PTS idaman. Hmm.. Jadi ingat seorang teman yang sudah bekerja mapan di sebuah perusahaan perkebunan di Sumatera, tiba-tiba milih pindah ke Yogya, dengan alasan karena ia pengen anaknya bisa sekolah di Yogya.

Banyak faktor pendukung, hingga banyak orangtua atau anak-anak muda memilih Yogya sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan.  Jumlah sekolah dan perguruan tinggi yang begitu banyak, apalagi dilengkapi  fasilitas serta tenaga pendidik berdedikasi tinggi,  membuat pelajar mudah dalam menentukan pilihan. Dengan kata lain,  kesempatan meraih pendidikan berkualitas terbuka lebar di kota ini.

Nah, untuk kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke Kota Gudeg, berikut beberapa kampus yang dapat menjadi tujuan kamu.


Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM Yogyakarta
image dari www.ugm.ac.id

Berdiri pada tanggal 19 Desember 1949, UGM merupakan universitas pertama yang didirikan pemerintah setelah Indonesia merdeka.  Berlokasi di kawasan Bulaksumur, popularitas kampus yang akrab dengan sebutan Kampus Biru ini tak diragukan lagi. Setiap tahun, Universitas Gadjah Mada menjadi incaran ribuan lulusan SMA ataupun SMK  melalui beberapa jalur test  masuk yang diadakan.  Meski awalnya hanya memiliki 6 fakultas, kini UGM memiliki 18 fakultas, dan dua sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana, dengan lebih dari 100 program studi untuk S-2, S-3, dan spesialis.

Universitas Negeri  Yogyakarta (UNY)

image dari www.unycommunity.com

Didirikan pada tanggal 21 Mei 1964, awalnya UNY merupakan Institut yang spesialis mencetak calon-calon guru dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP).  Ditahun 1997, dibuka 12 program studi non-kependidikan untuk jenjang SI dan juga D3, hingga pada 14 Agustus 1999, UNY telah sah menjadi lembaga pendidikan tinggi negeri  dengan menyelenggarakan 6 fakultas, yakni F-MIPA, Teknik, Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Ilmu Sosial dan Ekonomi, serta  Fakultas Ilmu Keolahragaan. Pada  perkembangannya kemudian Fakulatas Sosial dan Ekonomi kemudian berkembang menjadi dua fakultas, yaitu fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial. Secara geografis, letak kampus UNY berdekatan dengan kampus UGM.


 UPN Veteran Yogyakarta


image dari www.hoteldekatkampus.com

Universitas Pembangunan Nasional, universitas terakredetasi yang berlokasi di Kota Jogaja ini salah satu universitas yang telah berdiri sejak Oktober 1958 di Kota Jogja. Terdapat puluhan jurusan yang dapat kamu pilih sesuai dengan semangatmu. Salah satu jurusan favorit di UPN ialah Teknik Pertambangan. Selain pendidikan setingkat Strata 1, UPN juga telah membuka Prodi untuk pendidikan Magister. Meski awalnya berstatus sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta, sejak Juni 2015, UPN resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri.


  Universitas Atma Jaya Yogyakarta

image dari www.uajy.ac.id

Sebelum Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah cabang dari Universitas Atma Jaya Jakarta, namun pada tahun 1973 Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah melepaskan diri dari jakarta dan telah berdiri secara mandiri di Yogyakarta.

Program pendidikan di universitas ini terbagi ke dalam 3 kategori, pendidikan sarjana, magister, dan pendidikan internasional. Mungkin perlu untuk di ketahui bahwa universitas ini merupakan salah satu universitas katalik di Indonesia. Salah satu program studi yang menjadi unggulan ialah Prodi Arsitektur, yang memiliki visi menciptakan sarjana arsitektur yang unggul dan berstandar internasional. Tak heran jika Universitas Atmajaya termasuk universitas yang memiliki standar pendidikan berkualitas yang baik.


  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


image dari www.viva.co.id

Pilihan selanjutnya yaitu UMY, universitas ini telah berdiri sejak Maret 1981. Selain  mengedepankan pendidikan berkualitas UMY juga memiliki tujuan untuk melahirkan lulusan yang “Unggul dan Islami”.

Itulah 5 dari sekian banyak  universitas yang ada di Yogyakarta, yang  terus berusaha menciptakan pendidikan berkualitas untuk seluruh anak negeri.  Harapan kedepannya, dengan sumberdaya yang terdidik,  Indonesia mampu menjadi negara yang lebih baik, tentunya  malalui pendidikan yang baik dan berkualitas.


Referensi:
https://yogyakarta.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/20
https://id.wikipedia.org
beberapa sumber lain yang relevan

Comments

  1. Di Jogja memang banyak banget PTS dan PTN bun, saya juga kuliah di Jogja.

    ReplyDelete
  2. Dulu sempet pengeeen banget bisa kuliah di jogja, intinya sih di jawa. Dulu mikirnya kuliah di pulau jawa itu kyknya asyik banget, krn jauh dr tempat ku tinggal, di medan :D. Tp rezeki kuliahnya di tempat lain :D.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin