CoretanBunda

Personal & Lifestyle Blog

26 June 2017

Hati-Hati,  5 Gangguan Kesehatan ini Sering Datang Pasca Lebaran

Selamat Lebaran teman-teman.. Mohon maaf lahir batin yaa..


Lebaran, hampir di semua tempat merayakan sebagai pesta. Kalau sebulan kemarin kita belajar menahan nafsu (nafsu apapun) melalui puasa, begitu Idul Fitri datang, udah deh kadang kayak air bendungan di buka.. Bebas, lepas.

Secara nggak sadar, kadang saya ngerasa kita berlebihan. Apa-apa pengen dimasak. Apa-apa dimakan.  Minum juga, kelihatan enak...langsung glek..glek, masuk perut. Apalagi anak-anak yang sangat potensial asal comot. Berkali-kali saya mesti ngingetin, "pilih yang sehat.." Atau "sedikit saja..." kalau memang cemilan yang disediakan semua tipe gurih2.

Beberapa kali lebaran, saya sering ngamati..bahwa stamina kita cenderung turun paska lebaran. Gampang sakit, dan beberapa keluhan yang sering muncul diantaranya:

1. Flu (Batuk-Pilek)
Biasanya kalau ini gara-garanya kecapekan. Letih fisik. Selain itu, karena nggak bisa ngendaliin hasrat memamah biak alias ngemil cemilan berminyak 

Meski statusnya libur ngantor atau sekolah, lebaran, memang biasanya mobilitas masyarakat meningkat. Selain itu, juga karena faktor asupan makanan. Yang paling sering adalah batuk/serak pasca lebaran karena over minuman instant, sirup ataupun cemilan yang terlalu banyak minyak/bahan peguat rasa.

Pernah ngrasain batuk pilek abis lebaran..? Pernah banget klo saya. Tapi dulu malah pengalaman nyatanya, tak jadiin cerita fiksi. Mampir sini ni klo penasaran..

2. Maag
Selain serak, batuk dan pilek...penyakit maag potensial juga untuk kambuh. Penyebabnya, karena jadwal makan yang seringnya jadi kacau. Kemaren-kemaren, makannya relatif sedikit, teratur di jam sahur dan jam buka, eh..begitu 'bendungan' di buka...bisa bablas..sehari makan bisa 6x. Lha gimana lambungnya nggak terkaget-kaget? Belum lagi kalau banyak ketemunya makanan berkuah santan kental, pedes.. Ya jangan disalahkan klo akhirnya ada organ diperut yang protes.

Enak dan menggoda, tapi tetep nggak boleh berlebihan

3. Hipertensi
Percaya nggak percaya, lebaran itu surganya cemilan dengan kandungan garam tinggi. Hi..hi, survai aja toples-toples di meja ruang tamu masing-masing. Berapa banyak?

Kalau nggak asin, pasti juga manis yang manisnya pake banget..misal coklat, atau kue-kue dengan kadar lemak tinggi. Belum nanti kalau ketemu opor, rendang, gulai..yang tipe-tipe bersantan. Yang punya riwayat hipertensi..harap jaga diri dan kendalikan diri baik-baik yaa..

Cemilan gini, klo berlebihan juga bisa bahaya. Apalagi klo bagi yang punya potensi sakit

4. Panas dalam.
Efek ikutannya, biasanya sembelit, sariawan. Lagi-lagi biang keroknya karena makanan yang kita konsumsi. Makanya, kalau lebaran gini..saya milih banyakin sayur dan buah. Intinya sih, biar aneka goreng-gorengan yang masuk ke tubuh dapet penyeimbang.


5.Diare
Tertuduh utamanya, kebanyakan ngemil kacang bawang.. Ha..ha. Sebenarnya nggak itu doang sih. Kebanyakan makan bersantan juga bisa, makanan pedas mungkin juga. Faktor pemicu yang lain adalah jajan sembarangan. Biasanya, frekuensi jajan dipinggir jalan (apalagi anak-anak yang habis dapat banyak THRan) meningkat, nah itu, kadang higienitas yang kurang diperhitungkan.

Trus ngapain coba, Lebaran malah ngabsenin penyakit? Buat jaga-jaga. Antisipasi. Doa dan harapannya, semuanya sehat, setelah kangen-kangenan sama keluarga, bisa kembali beraktivitas seperti semula, dengan tenaga ekstra. Aamiin...

9 comments:

  1. Kalau aku biasanya malah sembelit, hihihi :'D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya mba sudah mengingatkan. Bener banget itu. Apalagi saya busui segala rasanya pengen dimakan hihihi

    ReplyDelete
  3. Saya lagi flu sekarang, cuma emang selalu gini sih, haha... Kalau Ramadhan-nya sehat, berarti flu nya lebaran.

    ReplyDelete
  4. Betul sekali bun, kalo saya 'penyakit' lebaran itu sering di daerah perut, mules, mungkin kemaruk dgn hidangan lebaran ya .

    ReplyDelete
  5. Kak Ghifa juga nih lagi kena bapil. Kalau ada saudara yg makan apa ikutan makan. Ada yg beli es krim ikutan comot. Ya sudahlah ya.

    ReplyDelete
  6. Nah biasanya magh datang bertandang, mungkin lambung kaget ya dari puasa terus sulit menolak makanan saat silaturahmi, bendungannya di buka hehe ....

    ReplyDelete
  7. Betul mbak, saya lagi flu nih udah minum obat jadi sudah agak mendingan :)

    Selain itu kolesterol deh kayaknya secara kemarin nafsu makan saya luar biasa mbak, hehe..

    Semoga kita semua sehat-sehat ya mbak Sulis aamiin :)

    ReplyDelete
  8. Betul banget Mba, apalagi ditambah sehabis mudik jauh. Saudara pun malah ada yg kena DBD sekeluarga. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan yang sedang sakit semoga segera disembuhkan, aamiin. :-)

    ReplyDelete
  9. Kolesterolku naik nih mba.. Mungkin krn makan ga teratur, kurang serat juga.. :( .. Biar bdn ku kurus gini, tp ttp aja kolesterol mah ga pandang bulu.. Gemuk kurus bisa aja kena. Kalo udh gini, baru deh aku berusaha normalin dgn puasa, sekalian ganti yg bolong kemarin.

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin