Skip to main content

Ngajak Anak Bepergian? Bisa Repot Kalo 5 Barang ini Bisa Sampai Ketinggalan.

Weis, dah mau week end lagi. Cepet banget ya. Perasaan  barusan pada libur (Waisak)..eh, dah pada mau libur lagi.. (libur buat yang pada ngantor atau sekolah maksudnya). Banyak sih, yang ngisi liburan dengan njalanin hobi di rumah, tapi banyak pula yang lebih suka 'jalan', cari suasana baru. Kalo suruh milih, saya milih opsi yang kedua..meski nggak harus seharian. 


Bepergian dengan anak-anak itu menurut saya beberapa level lebih repot daripada bepergian sendiri, atau berdua atau bahkan rame-rame tapi dengan orang dewasa semua.  Tapi kalau kemudian tiba-tiba mesti pergi sendiri, kok rasanya tetep aneh. Lebih nyaman dan tentram, saat perginya plus dua bocil yang kadang punya hobi nyebelin;rebutan. Mungkin seninya ngajak anak-anak disitu kali yaa..๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Oh, iya saat berada di luar rumah, saya punya 5 barang yang sebisa mungkin dibawa. Dengan catatan, perginya agak jauhan lho yaa, soalnya kalo cuma sebentar ya nggak perlu. Lima barang tersebut adalah:

Mainan/Barang Kesayangan
Dua anak, punya dua mainan atau barang kesukaan masing-masing. Kalau pas perginya bukan hari Sabtu/Minggu, biasanya anak-anak membawa mainan yang lagi demen mereka mainkan. Klo dulu teman wajib Raka adalah guling Mickey, sekarang sudah nggak lagi. Si Mickey sudah lengser keprabon, tergantikan mainan lain. Klo hari Sabtu/Minggu, biasanya barang favorit incaran anak-anak adalah tablet. Menurut saya, barang ini dilematis. Disatu sisi inilah barang yang paling bisa membuat anteng anak-anak, pengobat bosan yang manjur saat dalam kemacetan misalnya, namun di sisi lain barang ini pula yang potensial membuat ribut dua bocil dalam perjalanan, alias rebutan.

Baju Ganti
Baju ganti ini penting saat tempat yang dituju lumayan jauh. Biasanya antisipasi saat baju anak basah  ketumpahan minum atau kotor karena cemilan/makanan. Baju ganti juga menjadi barang yang wajib dibawa saat tujuan bepergiaan adalah tempat-tempat yang mengandung 'unsur' air, atau diprediksi anak-anak akan bermain kotor-kotoran di sana.

Obat Ringan
Dulu...pernah pergi ke suatu tempat yang ternyata nyamuknya lumayan banyak. Kalau orang dewasa, mungkin bisa nahan gatalnya. Tapi beda banget dengan anak-anak. Yang ada mereka justru ribut, sibuk garuk sana-sini. Pengalaman tadi bisa jadi semacam pembelajaran. Setelahnya, sebisa mungkin saya selalu membawa minyak kayu putih atau minyak tawon sebagai obat ringan yang multifungsi. Bisa sebagai pereda gatal, bisa pula meringankan gejala masuk angin yang sering timbul saat berada dalam perjalanan.

Air minum, cemilan, dan Kotak Makan
Ngajakin anak, itu artinya juga harus menyiapkan keperluan logistik mereka selama dalam perjalanan, atau bahkan setelah sampai lokasi tujuan. Air minum dan cemilan, seandainya terlupa, sesungguhnya juga bisa juga nyari warung atau toko di jalan. Tapi resikonya, dan sering  kejadian berhenti di toko niatnya beli roti doang, tapi riilnya nanti ketambahan es krim, mainan, dan jajan-jajan yang kadang nggak perlu. Garagaranyanya ya karena masuk tokonya nya dibuntuti 2 bocil.๐Ÿ˜ƒ

Kalau kotak makan? Biasanya klo njajan makan besar..Alya susah makan di tempat. Ya udah, keep aja dulu di kotak makan. Nanti klo dia nemu tempat yang asyik, misal di rest area atau mana aja (misal cari masjid yang sebelahnya ada TK, plus prosotan, ayunan) yang bisa buat 'nylamur' barulah disuapi.

Tisu
Nah, ini perlu kalau sesi anak-anak pada ngemil. Dua bocil saya penggemar sesuatu yang berbau coklat. Mungkin banyak anak-anak yang lain juga. Jadi jajan biskuitpun senengnya yang berbalut--balut gitu, entah coklat..kadang keju. Jadinya sering celemotan ndak karuan. Sayang kan klo aneka celemotan tadi nempel di jok, baju, wajah, dan sebagainya. Makanya nyediain tisu buat saya penting. Klo tisu kering wajib, maka tisu basah buat saya optional, tapi mending bawa juga. Fungsi utama? Buat penyejuk kalau pas gerah sekaligus pewangi. Selain itu, kalau kepepet/situasi nggak memungkinkan untuk mandi, pasrahkan saja ke tisu basah๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Itu tadi 5 barang vital yang mesti kebawa klo saya dan anak-anak lagi pengen pergi keluar. Ya, pastinya berbeda antar satu keluarga dengan keluarga yang lain. Teman-teman punya bawaan wajib pula? 

Comments

  1. Tisu memang salah satu barang yang nggak boleh absen dibawa. Apalagi tisu basah, karena seperti yang mbak bilang, kadang ada beberapa hal yang pada akhirnya hanya bisa diselesaikan dengan tissu atau tissu basah, hehehe

    ReplyDelete
  2. Kalo bawa anak2 memang seru ya bun, juga hati tenang gak kepikiran.

    Cuma ya itu, apalagi saat anak2 masih balita... bepergian sebentar aja jadi seperti mau pergi liburan, pergi liburan jadi seperti mau pindahan... pernak-perniknya bejibuun, rasanya ada aja yg kurang hihihi

    ReplyDelete
  3. Setujuu....akuu pun begitu mbak. Obat, cemilan, dan tisue memang kuduu wajib dibawa mbak, nggak bolee sampai ketinggalan..hihiihi

    ReplyDelete
  4. emang bener mba tisu harus bawa ga bole ketinggalan suka riweh aku klo ga bawa tisu secara anakku makannya masih rapih banget hahaha


    ReplyDelete
  5. Satu lagi yang penting, Mbak. Uang receh. :'D

    ReplyDelete
  6. Ternyata lebih banyak persiapannya ya mbak.
    Beda kalo jalan sendiri atau bareng teman-teman.

    ReplyDelete
  7. Wah, ini penting banget buat dicatat biar nggak lupa kalau anak udah lahir nanti. Makasi mbak sudah nulis :)

    ReplyDelete
  8. wahahaha tisu sih, sepele tapi kalo ga ada suka haduuuuuuuh

    ReplyDelete
  9. Sama Mba', kalo aku tambahannya diaper sama tisu basah, karena takut si adek pup, kalo bawa bayi gini bawannya segambreng, haha.

    ReplyDelete
  10. semangat terus bun, tetap semangat...

    ReplyDelete
  11. Setuju banget, biarpun belum punya anak tapi kemarin pas bawa jalan ponakan jadi berasa. Baju ganti keknya Kalo bawa anak anak harus stand by. Segala kemungkinan bisa terjadi bisa baju basah ketumpahan sesuatu, jadi harus ganti. Hingga berkeringat sampe baju basah karena semangat mainnya.

    ReplyDelete
  12. Setuju, lima2nya pasti masuk ke tas. Bahkan meski perginya ga nginep ehehee.

    ReplyDelete
  13. Anak2 kalo nggak dibawain mainan favoritnya, jadi bosan juga ya di perjalanan, apalagi kalau jauh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin