Personal & Lifestyle Blog

27 March 2017

Menikmati Gurihnya Bebek Bumbu Rempah di Kandank Bebek Resto, Sleman

kandank bebek
Berasa makan di tengah kebun😊

Kandank Bebek Resto; Berawal dari Sebuah Kebun Manggis


Tak jauh dari rumah, ada sepetak lahan perkebunan yang ditanamai puluhan pohon manggis. Hingga beberapa bulan yang lalu, pelan tapi pasti perkebunan manggis itu bertransformasi. Mau dibuat apa ya? Batin saya setiap kali lewat.

Yang saya tahu, beberapa pekerja tampak sibuk menebang beberapa pohon, menggali lahan untuk kolam, dan mendirikan beberapa gazebo. Aha, rupanya kebun manggis yang awalnya hanya kebun biasa, kini digunakan untuk mendirikan garden-resto, dengan nama Kandank Bebek Resto.


Karena itu dari segi umur, tempat makan ini masih kinyis-kinyis. Resmi beroperasi belum ada dua bulan. Tapi namanya baru..tetep aja mbuat saya penasaran.

Secara lokasi Kandank Bebek Resto berada di Jl. Yogya-Magelang km 15. Meski tidak berada di tepi jalan raya persis, tapi dengan bantuan papan nama tempatnya mudah di cari. Cuma sayangnya kalo dari arah Jogja, harus cari putaran balik dulu, karena kehalang pemisah jalan. Enaknya klo pas dari arah barat (Magelang) karena begitu ketemu Km 15, tinggal belok kiri aja, masuk sekitar 50m.

"Ibu.. temannya pada dimana...?"

Bisik Alya polos begitu kami duduk setelah memilih gasebo. Saya ngerti maksudnya. Yang ia tanyakan adalah mana pengunjung yang lain, karena waktu itu, pengunjung yang makan cuma kami berempat, saya, pak suami dan dua bocil.

gasebo format lesehan

Kesan yang kami dapatkan di kunjungan pertama ini, resto memang masih sepi. Tapi ya maklum, namanya masih baru banget. Belum banyak publikasi mungkin. Tapi di situasi yang sepi ini, tetep ada untungnya juga, yakni cepet terlayani. Selain itu, lebih asyik juga kalau memang tujuannya makan mau sambil menyepi, merenungi nasib dibawah naungan pohon manggis, dikitari areal perkebunan salak.

Harganya bersahabat


Bebek Rempah Kandank Bebek, Dagingnya Empuk, Sambelnya Beda.


Ngomongin menu, selain bebek ada pula lele dan ayam. Tapi mumpung di resto yang andalannya bebek, kami pesen menu bebek goreng bumbu rempah. Supaya cepat dan tanpa ribet, kami memilih menu paketan, paket bebek bisnis @Rp.18.000/porsi (tidak termasuk minum).
Nggak pake lama, menu sudah diantar di atas meja. Sip! Siap disantap!!👍


Bebek goreng kandank bebek resto
bebek goreng Kandank Bebek Resto

Untuk ukuran porsinya, menurut saya lumayan jumbo. Pokoknya kalau nasi dihabiskan , levelnya akan kenyang banget! Rasanya..skala 7,5 dari 10. Kurang sukanya karena gorengan bebeknya kurang garing, jadi kesannya masih berminyak. Tapi bumbu dan gurihnya, meresap sampe ke dalam. Satu lagi, teksturnya juga empuk. Jadi saat makan, anak-anak nggak ngeluh daging bebek  keras atau alot.

Daging bebeknya empuk

Sebagai pecinta pedas, saya ngerasa nggak lengkap kalo makan tanpa lauk yang dilengkapi cocolan sambal. Asyiknya karena di kandank bebek ini ada sambal yang jarang ditemui di warung/resto kebanyakan yakni sambel pencit.

sambel pencit kandank bebek resto
Sedikit asam-pedas-seger
Rasa asam dari mangga yang serut halus, pedasnya cabe, dan rasa khas trasi menjadikan cita rasa sambal memang terasa segar dilidah. Untuk level pedas, sedikit kurang memang, tapi harap maklum dulu, harga cabe masih mahal. Atau mungkin level pedas saya yang masih ketinggian? 

Sayangnya, saya ke sini pas musim manggis sudah lewat. Kata salah satu mbak-mbak yang jaga, kedepannya resto kandank bebek ini akan dibikin plus wisata petik manggis. Jadi bisa makan plus petik manggis dari pohonnya. Wow, kudu coba nanti! Ada yang mau coba juga..? 

Yang masih penasaran, boleh dicoba mampir ke 

Kandank Bebek Resto
Alamat: Jl. Magelang Km 15, Dusun Cungkuk, Margorejo, Tempel, Sleman.

16 comments:

  1. bunda namanya bikin geli kandank bebek ya? hihihi jadi pengen nyobain kalo mau mudik ke Yogya nanti, apalagi seporsinya cuma 18k jadi ramah dikantong

    ReplyDelete
  2. Yogya memang ngangenin, hehehe. Baca Sleman jadi mampir deh. Belum pernah aku makan di situ Mbak. Kapan2 kalo lewat mau ah :)

    ReplyDelete
  3. tetiba jadi ngidam makan bebek nih saya.. sambalnya pedes banget kayaknya..

    ReplyDelete
  4. Sambelnyaaa bikin mupeeeng. Nelen ludah aku, MBak. Pasti seger banget y

    ReplyDelete
  5. Salah banget baca ginian, jadi laper.. hee..

    ReplyDelete
  6. waaah ngebayangin bebek pake sambel mangga, udh pasti sueeger mba :D.. apalagi kalo pedesnya pas ama level kita yaa :).. Akupun suka bgt pedes, makanya kalo nemu sambel yg kurang josss, lgs sedikit kecewa :)

    ReplyDelete
  7. tempat baru lagi lis? dekat rumah ya? wah bisa sering mampir dong, hehehe...

    btw, sambel pencit aku belum pernah nyobain. tapi pernah maem sambal pakai kweni. katanya sambel ala palembang gitu. ini mangga ya, bukan kweni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb...deket rumah. Klo lidahku..ngrasainnya mangga mb, tp yang masih mentah/ keras. Mungkin krn kweni lebih sulit ditemukan, apalagi pas nggak musim mangga

      Delete
  8. Makanan yang menggiurkan.
    Rasanya memang lezat walau nggak boleh terlalu banyak apalagi untuk lansia karena kadar purinnya cukup tinggi.
    Terima kasih sajiannya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  9. Sambelnya menggugah selera mba, jadi laper :)

    ReplyDelete
  10. Jadi tertarik sama sambalnya ni mbak Sulis. Enak kali ya sambal dicampur serutan mangga gitu, berasa segar deh :)

    Kalau selera pedas sepertinya kita berkebalikan mbak. Saya suka pedas tapi dikittt ajaa, kalau kebanyakan perutnya nggak kuat, mbak, jadi tersiksa malah :(

    ReplyDelete
  11. Duuh baca postingan ini bikin laper aja hihihi..

    ReplyDelete
  12. Wah makan bebek gorengnya dengan sambal mangga. Pedes seger ini. Sekalian ada wisata petik manggisnya juga ya.

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin