Skip to main content

Jangan Segan Lakukan 5 Hal ini, dan Dapatkan Harga Buku Miring di Taman Pintar Bookstore/Pasar Buku Taman Pintar

Menjadi warga Jogja itu saya anggap sebagai berkah. Apalagi kalau membandingkan dengan kondisi beberapa teman yang ada di luar Jawa, Saya sering mendengar cerita teman-teman di luar Jawa, betapa fasilitas publik mereka sangat terbatas. Jadi ingat juga, cerita tetangga yang mesti hunting buku untuk keponakan yang kuliah di salah satu PTS di Sumatera, karena di sana susah nemu katanya.


Di Jogja, semua ada. Mau gaya hidup seperti apa...kayaknya bisa. Ah, gara-gara tetangga yang dititipi buku ponakan, saya jadi ingat kebiasaan saat pengen mbeli buku. Di Jogja, nggak hanya toko buku yang beragam (Gramedia, Toga mas, dan Social Agency dengan beberapa cabang), tapi ada juga Taman Pintar Bookstore, atau Pasar Buku Taman Pintar. 



Kios buku di Taman Pintar Bookstore, jadi konsumen tinggal milih, mau yang mana

Pasar Buku Taman Pintar, berlokasi di Jalan Sriwedani No 1, Ngupasan. Berada persis di sebelah utara  Taman Pintar, tak jauh dari Taman Budaya Jogja. Posisinya berada di jantung kota, jadi  mudah dicari, dan cepat populer juga di tengah masyarakat. Seberapa sering saya ke pasar buku? Nggak begitu sering, tapi inilah tempat favorit saya berburu bacaan untuk keluarga.
Ada banyak alasan yang mengantarkan berbagai kalangan masayarakat sampai ke kios-kios buku ini. Kalau saya, biasalah emak-emak, lebih ke alasan ekonomis. Buku-buku di Pasar Buku Taman Pintar lebih murah. Soal kelengkapan koleksi, kios-kios  Pasar Buku Taman Pintar juga lengkap, mulai buku pelajaran, buku umum, aneka majalah, novel, dan juga komik. 

Sst..sebagai pengikut aliran iritology πŸ˜„, ada beberapa tips dan trik yang saya terapkan sebelum belanja buku:

1. Survai/intip-intip harga di toko buku lain

Ini berguna banget, terutama untuk buku-buku kategori mahal. Jadi pas nyampai ke pasar buku, sudah tahu standar harga buku yang mau dibeli berapa. Jadi nanti ketika mbak/mas penjual masang harga, kita tinggal nego-nego aja.


2. Datang pagi-pagi
Pasar buku Taman Pintar buka dari pukul 08.00 sampai 20.00 malam, meski dalam prakteknya  antar kios bisa buka dan tutup tidak barengan. Pernah saya ke sana habis anter Alya sekolah, trus nyampe lokasi sekitar pukul 08.30. Faktanya, belum semua kios buka dan rata-rata yang sudah buka juga baru beberes/menata barang dagangan mereka. Lalu kenapa mesti pagi? Berusahalah menjadi pembeli yang pertama.


Kita cukup bilang saja ke penjual, maunya buku apa. Nanti akan dicarikan judul bukunya, plus diliatin bacaan serupa lainnya. Biar komsumen lebih lega, adakalanya buku-buku langsung digelar di lantai

Entah apa alasannya, biasanya pedagang enggan menolak "tawaran" pembeli pertama. Mungkin pembeli pertama adalah "jalan" pembuka rezeki untuk hari ini. Penglaris istilahnya... Itu juga alasan saya sering nemu pedagang yang setelah menerima uang dari pembeli pertama, lantas mengipas/menyentuhkan uang ke barang dagangan. *apakah kebiasaan ini ada juga di tempat teman-teman?

3.Jangan sungkan untuk menawar harga
Kalau di toko, potongan yang menguntungkan konsumen, biasanya berbentuk diskonan. Besarannya, juga bervariasi, tergantung jenis buku. 
Kalo belanja di pasar, hak konsumen tentu saja menawar. Kalau yang memang lihai..bisa banget nawar to the max di pasar buku taman pintar ini, yang penting harga pasaran sudah tahu... Kalau aku seringnya pake strategi "pura-pura" ninggalin mbak/mas pedagang, sambil berharap dipanggil kembali tanda barang dagangan ia lepas. Trus kalau nggak ngerti harga pasaran dan nggak terbiasa nawar? Jangan sungkan untuk bertanya.."harga pas nya berapa mas/mbak?" Dari harga yang disebutkan Mas/mbak yang jual..biasanya masih bisa turun sedikit.

4. Pilih-pilih kios buku, boleh kok
Di Pasar Buku Taman Pintar ini, ada lebih dari seratus kios yang terbagi dalam dua lantai. Kalau situasi pas bisa memilih (maksudnya sedang tidak terburu-buru atau pas semua kios sudah buka) saya lebih suka naik ke atas, nyari kios buku yang posisinya agak tersembunyi. Wkk..ini teknik gambling aja sih. Logikanya, kalau kios yang posisinya kurang strategis biasanya kurang dilihat pengunjung, nah demi omset..penjual justru lebih bisa banting harga.  Nggak percaya? Bisa dicoba.

5. Penampilan, sederhana saja.
Maksudnya gini, kalau tujuannya ke pasar buku ini untuk mendapatkan buku dengan harga yang lebih murah..ya tampilannya nggak usah model big boss, juragan. Mending ala-ala mahasiswa nan sederhana. Kenapa? Biar tawaran yang kita ajukan ke pedagang di cepet di accπŸ˜ƒ

Btw, memang saya belanja buku apa saja tho kalau di Pasar Buku Taman Pintar? Seringnya buku anak-anak. Kadang campuran juga, buku baru plus buka 2nd an. Lumayan sih..rata-rata buku atau majalah anak-anak kan timeless, jadi soal aktualitas bisa dikesampingkan dulu. 

Buku-buku hasil  negosiasiπŸ˜„

So..mau ngikutin jejak saya berhemat ria di Pasar Buku Taman Pintar Jogja?


Comments

  1. Sementara aku belum kelayapan ke shopping karena buku2 anak2 dapat dari sekolah semua, paling 1-2 beli di social agency. Tapi aku ingat waktu kuliah dulu kebutuhan buku byk tersedia disini. Mungkin ntar anak2 juga gitu kalau sdh kuliah.

    ReplyDelete
  2. Kalo di Bandung ini kayak Palasari. Udah lama gak ke sana, Tapi sebentar lagi anakku bakal jadi pengunjung tetap. Cari komik hihi

    ReplyDelete
  3. Tempat ini jadi tujuan setiap bulannya untuk beli buku yg harganya pas dengan anak kost..hehe
    Selain murah, cukup murah juga harganya..

    ReplyDelete
  4. Waktu ke Taman Pintar bulan November 2016 lalu saya nggak sempat mampir ke toko bukunya mbak Sulis. Karena sudah sore dan harus segera berkumpul untuk melanjutkan ke Malioboro. Jadwalnya nggak cukup kalau harus mampir kesini, padahal pasti seru ya belanja buku yang banyak pilihannya itu.

    Kapan-kapan kalau kesini lagi pengen mampir nih mbak :)

    ReplyDelete
  5. Aku jg lbh suka beli buku di tempat2 gini mba. Krn buatku yg ptg mah buku itu lengkap halamannya :p, jd mau bekas asal murah dan msh komplit ga masalah :D. Drpd mahal2 ya di tokbuk..

    ReplyDelete
  6. Nice informasinya bunda.. sayangnya saya di Jakarta nih, next kalo ke yogya bisa nih jadi referensi buat nyari buku disini.. sukses selalu ya bunda

    ReplyDelete
  7. sama lapak buku yang di perempatan nol kilometer nya jogja itu murah mana mbak?

    baru tahu kalau yg di taman pintar ada 2 lantai hehe. biasanya cuma lewat aja sih, jadi taunya cuma 1 lantai

    ReplyDelete
  8. Pernah sekali ke sana pas nganter murid piknik, Mbak. Dan aku beli apa? Nggak beli apa-apa. Karena buru2. Pengen deh ke sana lagi. Tapi entah kapan.

    ReplyDelete
  9. lapak buku seperti itu uda jarang di batam. harganya juga mahal mahal

    ReplyDelete
  10. pengen nih kesana untuk menambah koleksi buku saya... untuk menambah wawasan juga...
    sepertinya banyak banget tuh disana buku yg aku cari..

    ReplyDelete
  11. Wah seru ya. Klo datang ke satu daerah itu yang aku suka cari pasar. Nah ini boleh juga. Asyik ya

    ReplyDelete
  12. Wah seru ya. Klo datang ke satu daerah itu yang aku suka cari pasar. Nah ini boleh juga. Asyik ya

    ReplyDelete
  13. Wah beruntung di kota tempat tinggal mbak ada pasar buku. Kalo aku mau beli buku, harus online. Di kota tempat tinggalku gak ada toko buku sih. Kalo pun pengen hunting ke toko buku harus ke kota seberang, nempuh 7 jam perjalanan dgn mobil. Huhuhuhuhu 😭😭😭

    ReplyDelete
  14. Sudah 3x beli buku di dekat taman pintar. Yang penting pinter2 nawar aja.. he he he

    ReplyDelete
  15. Aku pasti ke sini kalo ke Yk Mbak. Hehehe miring memang ya harga2nya

    ReplyDelete
  16. aish...ngiming-imingi wae.

    di sini ga ada kios gituan. pameran buku juga ga ada. syedih.

    ReplyDelete
  17. Aku suka nawar mb, tapi ya nggak sadis-sadis amat sih hehehe
    Paing suka pergi ke tempat begituan bareng temen2

    ReplyDelete
  18. Bener banget penampilan kalo perlu ga makeup an haha

    ReplyDelete
  19. Andai taman pintar seperti itu ada di Lombok mba. Tak sabar rasanya menjelajahi buku bagus satu persatu

    ReplyDelete
  20. Sejak tahun '92, saya seriiiing banget ke tempat ini, dulu namanya shopping center, masih ada pasar sayurnya (sekarang pindah ke Giwangan), masih ada gedung bioskopnya, hehe...

    ReplyDelete
  21. waktu ke Jogja 2012 lalu saya juga sempat mampir ke Taman Pintar, gak sempat beli buku sih waktu itu karena cuma jalan-jalan lihat-lihat aja. Semoga nanti bisa ke Jogja lagi dan mampir ke Taman Pintar lagi. Noted ini tipsnya Mbak, makasih yaaah :)

    ReplyDelete
  22. Wiih dapet buku apik2. Aku pas ke sini ma anak2 jadi malas berburu buku. Maunya anak2 kan dpt buku yg disuka langsung bayar pulang, ga pake lama πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
  23. Mb di taman pintar ada bobo 90an g yaaa huaaaa
    Kupingin hunting, di jabodetabek uda langka

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin