Skip to main content

Jeruk Nipis, Pertolongan Pertama saat Batuk Mendera.

Sumber: pixabay.com

Judulnya lebay, tapi biarin. Sengaja.😊😊 Jadi gini, sejak memutuskan mendisiplinkan diri minum perasan jeruk nipis tiap pagi --biar badan nggak numbuh ke samping, agar badan selalu sehat juga...saya selalu punya "simpanan" di kulkas. Apalagi kalau bukan jeruk nipis. 

Tentang mengurangi berat badan dengan jeruk nipis, bisa baca di postingan ini:

Bukan tanpa alasan, saya masih nglanjutin program me-manage berat badan ini, soalnya lumayan efektif. Selain itu, dengan selalu adanya jeruk nipis di kulkas, paling tidak saya pun sudah standby obat tradisional untuk mengatasi batuk. Bukankah batuk penyakit yang gampang sekali menjangkiti anggota keluarga?


Memilih Jeruk Nipis Sebagai Pereda Batuk Keluarga.


Sumber: pixabay.com

Lebih memilih jeruk nipis sebagai obat saat terjangkiti batuk, sebenarnya sudah pilihan saya sejak lama. Cuma kalau pak suami sering kurang tlaten, lebih memilih obat apotek. Untuk anak-anak, saya ambil jalan tengah. Andai level batuknya masih wajar, tidak terlalu menyiksa, saya redakan dulu dengan jeruk nipis. Tapi kalau anak sudah bener-bener nggak nyaman, batuk terus menerus atau bahkan disertai gejala lain semisal panas, atau hidung pilek yang sangat mengganggu, tetep harus minta bantuan dokter dengan aneka obat-obatan kimia.

Nah..yang ini kisah nyatanya Alya, bocil saya beberapa hari belakangan. Entah karena cuaca, atau kebanyakan njajan dan minum es, pokoknya mulai hari Selasa (7/2) kondisi badannya mulai drop. Sesekali batuk. 

Padahal hari itu ada acara di sekolah yang sudah sangat ia nanti, trip bareng temen-temen PAUDnya di salah satu museum di Jogja. Mau nggak diikutin..kok ya kasihan. Lha wong dia sudah berhitung akan datangnya hari dimana ia bisa naik bis dengan teman-temannya  sudah sejak lama. Maklumlah anak-anak, mau naik bis aja hebohnya sudah luar biasa.πŸšŒπŸšŒπŸšŒπŸšπŸ˜„

Akhirnya meski kondisi badan kurang fit, Alya tetep ikut.  Sepulangnya dari trip, Selasa siang saya amati frekuensi batuknya bertambah. Mungkin plus capek fisik, sama pengaruh dingin ac bis bisa jadi. Kalau sudah begini, posisi sebagai ibu juga mesti bertambah, plus jadi dokter keluarga tingkat pertama.πŸš‘πŸ˜Š Ramuan batuk andalanpun di keluarkan:
  • Jeruk nipis, panggang di atas kompor sebentar, agar air perasaannya maksimal.
  • Kecap manis
  • Sedikit garam


Perbandingan jeruk, kecap, dan garam...pake feeling! Sama kayak kalau pas masak...seberapa garam, gula, merica, dsb..saya suka ngandelin feeling. πŸ˜ƒ Campuran air jeruk nipis, kecap, garam saya berikan ke anak, sekitar 10ml, 3x dalam sehari. 

Mengkondisikan anak untuk mau minum "obat" dengan rasa yang aneh, juga susah-susah gampang. Biasanya kan obat-obatan anak berbentuk sirup, berwarna cerah, dengan aroma yang menggoda selera. Lha ini? Didominasi rasa kecut dengan rasa yang aneh. Tapi karena pernah lihat kakaknya dengan sukarela minum, ya akhirnya Alya mau juga.

Saya gunakan campuran sari jeruk nipis, kecap, dan sedikit garam itu sebagai obat dalam. Obat luarnya? Saya balur sekujur tubuh Alya, terutama pada dada, perut, dan punggung dengan minyak tawon. Alhamdulillah, anak bisa tidur siang, meski sesekali tetep masih terbangun karena batuk. 

Pengobatan dengan jeruk nipis plus baluran minyak tawon ini terus saya ulang sampe hari berikutnya(Rabu/8/2). Sengaja Alya ijin ndak masuk PAUD dulu, biar bisa lebih banyak istirahat di rumah. Saya minta ia banyak minum air putih juga, plus stop permen dan cemil-cemil yang rawan memperparah batuk. Pas Rabu siang, ada fase dimana frekuensi batuknya Alya bertambah, tapi sambil ngeluarin dahak. Bahkan sempat muntah, dan saya amati itu adalah dahak. 

Setelah muntah, saya amati frekuensi batuknya. Jauh sekali berkurang. Syukurlah, kondisi membaik. Hari berikutnya, sudah bisa masuk PAUD lagi. Salah satunya, berkat ramuan pereda batuk jeruk nipis itu tadi!  Ada yang punya pengalaman berharga dengan jeruk nipis? Share pengalaman di kolom komentar yuk..πŸ˜„

Comments

  1. aku baru tahu Mbak, kalau jeruk nipisnya dipanggang. Aku mau coba, makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan jadinya agak berasa pahit. Dan katanya para sesepuh..jadi lebih manjur mb..

      Delete
  2. baru tahu jg harus dipanggang. biasaby sy pukul-pukul dl spy bnyk airnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipukul2 ya mbak..saya malah blm pernah nyoba klo ini..
      Terimaksh sudah berkunjung..

      Delete
  3. Saya biasa minum jeruk nipis hangat.

    ReplyDelete
  4. Saya juga sudah familiar dengan pengobatan sakit batuk menggunakan jeruk nipis mbak Sulis, tapi baru dengar kalau harus dipanggang dulu supaya hasil perasannya banyak. Wah dapat ilmu nih saya :)

    Jeruk nipis memang punya banyak kegunaan ya mbak, disamping sebagai obat batuk bisa juga sebagai penghilang lemak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak anjar. Dan saya juga lebih suka make jeruk nipis ketimbang lemon impor . Biar petani indonesia lebih berjayaπŸ˜€

      Delete
  5. aku juga lebih suka bahan2 herbal gitu buat anak2 ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih aman mbak.. Klopun dosis agak over, nggak bahaya☺ makasih sudah berkunjung..

      Delete
  6. Ini resep mertuaku, awalnya nggak percaya ternyata mujarab loh

    ReplyDelete
  7. Buah Jeruk memang paten buat mengobati radang tenggorokan, batuk atau flu, saya juga suka minum jeruk peres mba

    ReplyDelete
  8. kebetulan lagi flu.. kerongkongan sakit banget dn suara serak...
    ntar resepnya dicoba deh makasih..

    ReplyDelete
  9. Andalan banget nih mba. Jeruk pas batuk sangat menolong :)

    ReplyDelete
  10. Ternyata bisa juga ya pake jeruk nipis.

    ReplyDelete
  11. Saya gak suka asin, jadi biasanya pake jeruk nipis dan kecap saja atau wedang jeruk nipis yang hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga bisa sih mbak. Ini juga cuma ngikutin para nenek moyang..katanya suruh nambah garam dikit. Klo analisa kimianya nggak ngerti aku mbak..

      Delete
  12. Kalau saya jeruk nipis peres alias jeniper kasih air hangat tokcer buat meredakan batuk bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oj, bisa juga ya mbak. Makasih sharingnya..tak kira itu buat program diet aja

      Delete
  13. aku teh anget, madu sama lemon mbak buat batuk :D tokcerrrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu.. Oke, makasih.. Aku malah belum pernah klo campuran bahan2 itu..☺

      Delete
  14. Wah jeruk nipis kalo dibakar bisa makin banyak air perasannya ya mak? Aku baru tauuu. Kalo aku biasanya jeruk nipis madu aja mak untuk anak-anak, alhamdulillah mempan juga lawan batuknyaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kadang aku plus madu juga mbak...
      Coba aja dibakar bentar mbak..biasanya airnya trus banyak

      Delete
  15. Aku juga klo batuk males bener minum yang obat kimia, duhhh takut efek sampingnya kemana mana,
    Jadi alternatifnya selalu jeruk kecap giyu, malah kdang takberaniin ga pake kecap wwkwkkw, e mb ibuku punya cara ampuh lagi selain jeruk yakni ngunyah bunga sirih, itu semriwing loh, trus tenggorokan jadi legaan ga terlalu ngiklik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunga sirih.. Belum pernah klo ini. Tapi aroma sirih mengingatkanku pada kecombrang pas beli pecel di jatijajar..
      *harusnya enak, jadi ga enak gara2 kecombrang. *lah ini jeruk..malah nyampe pecel

      Delete
  16. Aku kalau batuk jg suka obatin jeruk nipis pakai kecap, kalau suami pakai madu :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin