Skip to main content

Membersihkan Broken Link, Salah Satu Cara Mudah Menaikkan Skor Page Authority Blog

Sumber dari pixabay.com

Awalnya, saya cuek bebek dengan segala macam skor. DA, PA, PR..terserah lah mau berapa nilainya. Nulis, ya nulis aja. Yang penting saya punya aktivitas selain momong anak, nyetrika, dan beres-beres rumah. Tapi semenjak pindah dari domain gratisan (blogspot) ke top level domain akhir Oktober tahun 2016 kemaren, dan mulai banyak ngisi form-form yang mensyaratkan angka-angka minimal untuk skor DA dan PA, mau tak mau saya mesti peduli dengan angka. Untuk DA, mungkin karena makai akhiran my.id, skor DA langsung lumayan tinggi (level tertinggi yang pernah saya capai 63, pas rajin update). Tapi untuk PA, sekian lama memprihatinkan. Meski sudah update, tetep dilevel angka 1.


Apa itu Domain Authority (DA) dan Page Authority(PA)


Oke, mungkin ada yang masih belum ngeh dengan DA dan PA. Saya aslinya juga belum begitu mudeng, makanya mari belajar sama-sama aja yuk!  

Mengutip dari www.bukainfo.com, yang dimaksud Domain authority (DA) adalah
sebuah istilah dalam SEO yang sering dipakai sebagai sebuah alat ukur untuk melakukan prediksi terhadap popularitas domain dari sebuah blog atau website yang banyak tampil di halaman hasil search engine atau mesin pencari. Skala yang ditetapkan 1-100.

Sementara merujuk pada situs www.klikmania.net, Page Authority (PA) atau sering di sebut Otoritas Halaman menggambarkan popularitas halaman tertentu dari situs/blog yang ditemukan di mesin pencari. Skor yang lebih tinggi menggambarkan kemungkinan besar halaman situs/blog muncul di search engine. Skalanya juga 1-100. 

Kalau saya simpulkan sih, selama kita sering update, rajin nyebar tulisan ke media sosial, belajar kata kunci yang sering dipake penggemar google, DA dan PA kita akan baik. Tapi kok saya ngerasa ada yang aneh dengan blog saya ya?

Skor DA berubah, tapi Kenapa PA saya stabil?

Sebelum bersih-bersih brokenlink. Ini screenshoot yang saya screenshoot lagi, karena gambar asli udah tak hapus, tapi ternyata nemu cadangannya di google photo

Awal-awal memakai alamat baru www.coretanbunda.my.id, saya tenang-tenang aja ketika cek DA dan PA, dengan skor PA yang sangat rendah, 1. Mungkin karena masih baru, mikirnya saya gitu. Tapi lama-lama kok penasaran juga, apalagi saat partner blog saya, mbak diah si pemilik www.damarojat.com mengabarkan kalau skor DA dan PA nya merambat naik. Padahal kami pindahan hampir berbarengan? Frekuensi update juga kayaknya juga hampir samaan, sekitar 2 postingan perminggu. Kenapa hanya skor DA saya yang berubah? Kalaupun turun pas saya jarang posting ya wajar. Tapi kenapa dengan PA yang jalan ditempat, di angka 1 mlulu. Apa karena artikel saya sama sekali tidak berkualitas? Bener, saya sampe mikir begitu. Hingga kemudian kami chit-chat, dan terlontar ide brilian dari beliau:

"Coba deh lis, chek broken link kamu..siapa tahu itu pengaruh"
"Mm..gitu ya. Oke mbak, saya coba"

Jadi begini, dari hasil baca-baca, secara mudah brokenlink diartikan link yang rusak. Link yang sudah tidak bisa dibuka lagi, mungkin karena sudah dihapus, atau error. Ato blog yang saya link-i sudah mati. Pada suatu hari mainlah saya ke www.brokenlinkcheck.com, sebuah situs yang bisa dipake untuk ngecek berapa banyak brokenlink yang ngganggu blog kita, dan ternyata ada 800an brokenlink. Buanyak banget kan? Pening juga darimana mulai beres-beresnya, apalagi modal hape layar 5,5 inch. Bener-bener njlimet. Belum lagi kalau tiba-tiba hape nge-hang karena kepanasan. Aduh, tapi inilah perjuangan, masak mau nyerah gitu aja.


Memulai Gebrakan Baru, Hapus Broken Link!

Sekitar 3 harian saya nlateni, hapus coment atau meng-offkan link hidup yang terdeteksi sebagai brokenlink. Paling banyak adalah dari kolom komentar yang model jual-jual jamu ambein, jamu amandel gitu. Makanya, sekarang saya hapus coment dari para penjual jamu dan obat. Selain itu dari gambar-gambar yang dulunya saya pakein link hidup, plus link hidup giveaway yang mungkin oleh pemilik blog aslinya artikel sudah dihapus. 

Itu juga alasan kenapa akhir-akhir ini setelah posting tulisan, saya jadi jarang maen ke blognya teman-teman blogger. Bukan nggak mau, tapi lagi bersih-bersih rumah maya judulnya. Pas sudah bersih...saya istirahat dulu. Bener, klo orang Jawa bilang...mblenger liat tulisan. 

Hingga suatu sore..pas imlek kemarin, kembali mbak Diah ngirim pesan ke saya..

"Udah cek DA/PA lagi..?"
"Belum mbak... ya, bentar tak check dulu"


Skor pasca bersih-bersih


Meski DA turun, ternyata PA udah naik drastis euyy! Udah bisa ngisi form-form yang ada kincring-kincringnya nih.. 😀😀😄
Thank ya mbak Diah, atas ilmunya..👍

Ayuk, yang belum bersih-bersih, beberes yuk!!💪


Referensi: www.bukainfo.com
                    www.klikmania.net
                    Beberapa sumber lain

Comments

  1. "pada suatu hari..." kudu ngguyu baca kalimat ini.

    anyway, selamat ya berhasil bebersih! salut deh, dalam tiga hari bisa bersihin 800 broken link! rekor tenan!

    selanjutnya adalah berusaha ga nambah broken link ya lis. bukannya pelit, tapi ketimbang repot di belakang.

    ReplyDelete
  2. Thanks tipsnya Mak, saya jadi ikut bersih-bersih juga deh. Hehehehhe kalo saya ternyata bukan obat ambeieun tapi obat cantengan wkwkkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. dulu... saya juga cuek dan gak tau apa2 ttg DA PA ini, tapi skrg ini saya sudah mulai rajin ngebersihin blog dari broken link :)

    ReplyDelete
  4. menghapus brokenlink memang bisa menaikkan da/pa Mbaa, saya juga gitu, setelah menghapus brokenlink langsung naik da/pa-nya :)

    ReplyDelete
  5. Iya banget nih. Jadi keingetan, blogku udah lama gak dibersihin brokenlink-nya. Pantes aja DA dan PA turun. Makasih sudah diingatkan. :)

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Mbak sharing informasinya jadi nambah pengetahuan kalau broken link bisa nurunin PA....nanti saya mau Cek blog ah.....

    ReplyDelete
  7. Saya juga baru pindah TDL dan baru waspada dng PA/DA. Mau cek-cek ah broken link. Makasih sharingnya yaaa

    ReplyDelete
  8. Wah jadi ngerti saya... Pantesan PA saya ngak naik naik... ternyata ini permasalahan yang sering muncul toh...

    ReplyDelete
  9. biasanya tiap awal bulan saya rutin cek broken link

    ReplyDelete
  10. Kalau pakai WP ada plug in cek broken link. Dulu sebelum masang say jg cek satu2 pakai itu. Emang nyebelin ya brokenlink

    ReplyDelete
  11. Barusan coba ada 54 broken links. Semoga bisa naikkan PA ya �� By the way, kenapa ada link yg tiba2 masuk ya? Seingetku ngga pernah submit link seperti itu di post. Tapi kok ada dan termasuk broken link. Apa ini wajar terjadi?

    ReplyDelete
  12. Wah meskipun saya juga sudah pakai dotcom tapi masih cuek juga tuh mbak dengan DA, PA dll. Saya pindah ke dotcom sih cuma biar keren aja hehe..

    Tapi benar juga ya harus lebih peduli lagi dengan blog sendiri. Oke deh mbak Sulis tulisan ini memberi semangat saya untuk menghapus broken link. Ntar deh saya cek dulu :)

    ReplyDelete
  13. Huaaaa pantesan alexa rankku jadi gembulan, kakean broken link, e ini ngaruh ga sih mb sulis?

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin