Skip to main content

Mengajak Anak-Anak Ke Pantai Suwuk, Pantai Dengan Boeing 737

Wisata Kebumen

"Liat pantai yang ada pesawatnya mau...?"
"Mau..." 

Serentak duo krucil saya menjawab kompak. Iya lah, pantai plus pesawat adalah sesuatu yang baru bagi mereka. Sepakat bulat, destinasi wisata dalam rangka ngisi libur sekolah anak-anak jatuh di Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa tengah.


Rute Pantai Suwuk

Pantai Suwuk terletak di kampung Suwuk, Tambak Mulya, Puring, Kebumen, Jawa Tengah. Dari Jogja, pantai ini bisa di jangkau melalui beberapa jalur, dan kami memilih   melalui jalan Deandels pantai Selatan.  Rute yang bakal dilewati lumayan nyaman, bahkan saat suasana sepi bisa injak gas kenceng. Jalur yang lurus, plus aspal yang mulus dari Jogja-Purworejo merupakan anugrah besar bagi pengendara kendaraan. Tapi jalanan berangsur memburuk begitu masuk kecamatan Ambal, Kebumen. Banyak lubang di beberapa titik badan jalan,  hingga seringkali harus berjalan teramat pelan atau zig-zag dalam rangka menghindari lubang-lubang jalan yang kadang menganga terlalu lebar.  Untung tidak turun hujan, hingga lubang-lubang atau jalan yang tidak rata masih bisa kelihatan. Oke lah, gak pa-pa, anggep aja uji kesabaran.

Nggak sampe 2,5 jam perjalanan, papan petunjuk arah ke Pantai Suwuk sudah terlihat. Tapi, upss rupanya ada perbaikan jalan! Sekitar 300 meter jalur jalan yang harus kami lewati tengah dalam proses perbaikan, tapi belum kelar. Yang ada kemudian adalah beberapa batu yang menonjol di permukaan. Untuk kendaraan dengan ground clearence tinggi, lancar. Tapi untuk jenis city car..harus pinter-pinter milih rute kalau mau bagian bawah mobil tetap mulus tidak terantuk batu.

Akhirnya, gerbang retribusi di depan mata. Untuk masuk ke area Pantai, kami harus membeli tiket @3500/orang. Kami berempat, kemarin cuma diitung 3 orang. Sepertinya Alya masih bebas biaya masuk.

Pesona Pantai Suwuk

Kami menapakkan kaki di lokasi sekitar pukul 07 pagi. Pantai Suwuk belum begitu ramai. Meski begitu, sempat kecewa juga karena rencana sarapan pake bubur ayam gagal, karena sudah kehabisan. Rupanya hanya ada satu penjual bubur ayam dengan gerobak, dan dagangannya laris manis oleh pengunjung yang sengaja mruput datang ke pantai.

pantai kebumen
Arsitek2 cilik Indonesia

Beberapa penyedia jasa seperti penyewaan payung dan tikar, baru memulai aktivitas mereka. Begitu juga kedai-kedai makanan/minuman yang banyak berjejer di kios-kios pinggiran pantai. Belum banyak kuda tunggangan yang lalu lalang, hingga dua bocil saya langsung bisa beraktivitas dengan lebih leluasa.

Bibir pantai Suwuk datar dan luas. Karena itu, area tepi pantai juga dimanfaatkan sebagai jalur/rute kuda tunggangan yang bisa disewa pengunjung. Untuk satu kali jalan menyusuri pantai, tarif yang dipatok adalah Rp.20.0OO

Berkuda di tepian pantai
Bisa juga merasakan sensasi berkuda ditepian pantai
Meskipun bibir pantai datar dan luas, tapi ombak di Pantai Suwuk hari itu tergolong besar. Makanya, anak-anak juga saya wanti-wanti, mainnya di tepian saja, daripada mendekat ke marabahaya, mending cari amannya saja.

Boeing 737 di Pantai Suwuk

Kalau berenang di laut terlalu berbahaya, saya lebih tenang apabila anak-anak bermain air di kolam renang saja. Uniknya, ada satu kolam renang tak jauh dari tepian pantai Suwuk yang di "hias" dengan bekas pesawat penumpang tipe Boeing 737.

Untuk masuk ke arena kolam renang, kami harus membeli tiket @20.000, dan juga bea sewa pelampung (optional) @10.000. Meski kesannya luas, tapi ternyata di dalan hanya ada satu kolam dengan kedalaman 50cm, dengan bau kaporit yang cukup menyengat. Ada beberapa mainan air di dalam kolam yang bisa dipake seru-seruan sembari berenang. Badan pesawat, bisa sekaligus berfungsi ganda sebagai daya tarik plus peneduh kalau cuaca lagi panas.

kolam renang plus pesawat
Kolam renang Pantai Suwuk
Lalu pesawatnya hiasan thok gitu aja? Nggak dong. Kalau yang tertarik mau naik ke badan pesawat,  pengunjung diharuskan membeli tiket @15 ribu. Ah..masih satu lokasi, kok masih  kena charge lagi tho..Di dalam pesawat,  akan diputarkan fim 3D dengan durasi sekitar 15an menit. Ada satu mbak-mbak diatas yang bertugas sebagi "pramugari" yang membagikam kacamata 3D merangkap operator tv di dalam pesawat.

dalamnya pesawat
Nonton film 3D di dalam badan pesawat


Film yang diputar, adalah film anak-anak, jadi dua bocil saya pasti seneng. Sayang, kualitas sound pas pemutaran film standard banget.. Kursi juga tidak disetting ikut bergerak, jadi kalau orang dewasa yang liat, ya serasa nonton tv pake kacamata aja. Ah, tapi yang penting anak-anak sudah heboh! Sudah ngrasain naik pesawat (walau diam di tempat) 😀😁✈✈

Comments

  1. wuih... kereen amat ya, pasirnya juga bagus :)

    ReplyDelete
  2. Lah ada pesawatnya? Duh terakhir kesini udah lama bangeet

    ReplyDelete
  3. Waahhh unik ya tempatnyaaa :D. Mba, tp bagian dlm pesawatnya panas ato dingin? Aku pernah k baturaden di purwokerto, ada atraksi pesawat garuda yg dijadiin hiasan gini, di dalam jg diputerin film. Tapiiiiii sumpah dalamnya pengap dan panas. Jdnya anakku ga mau lama2 dan lgs rewel kepanasan.. Yg ini kalo liat fotonya sprtinya rada bagusan dan terang :)

    ReplyDelete
  4. kebumen...

    ingat bapak.

    dolane uadoh men ya Alya...seneng dong.

    ReplyDelete
  5. Unik ya Mbak, di kolam ada pesawatnya. Anak2 pasti senang ini ya Mbak :)

    Biaya masuknya jg masih masuk akal :)

    ReplyDelete
  6. tahun baruan mau kesana aku mba :D semoga ngga rame ya...

    ReplyDelete
  7. Wah Unik ya ada pesawatnya. Kalo deket, aku pasti ke sana. Bocah-bocah di rumah pada seneng dengan pesawat..

    ReplyDelete
  8. di kebumen ada pantai cantik juga ya

    ReplyDelete
  9. Biaya masuknya sama naik kudanya murah ya Mbak. Tapi masuk kolam renang pesawatnya jatuhnya mahal ya kalau bayar 2x gitu :)

    ReplyDelete
  10. Wah baru tahu saya kalau ada pantai sekaligus buat parkir pesawat, mbak Sulis. Kesannya unik dan pasti sangat menarik minat anak-anak ya.. :)

    Iya tuh, harusnya biaya udah jadi satu dengan kolam renangnya ya mbak. BTW saya justru nggak suka nonton film 3D yang beneran karena pasti banyak kejutan-kejutan yang menegangkan. Alias takut :)

    ReplyDelete
  11. halo mbak sulis salam kenal ya. Rute Jogja purworejo via daendels ini selalu menjadi favorit suami saban pulang kampung ke Wates kalau Lebaran tiba. Dan kami pun selalu lewat daerah Suwuk ini. Waktu itu sih pernah mampir tapi di karang bolongnya, mbak. Seru ya ada replika Boeing juga di dalam area rekreasinya :)

    ReplyDelete
  12. wah unik ye, pengen nyoba bawa ponakan kesitu :D

    ReplyDelete
  13. Lah mak bayar 15rb pas naik pesawat itu buat bayar listrik muter videonya wkwkk

    ReplyDelete
  14. Wah pantai yang unik. BTW bayar 15ribu naik pesawat, ternyata karena ada nonton film juga ya 😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin