Ada Cinta Dalam Sepiring Udang Asam Manis...

11 komentar
Postingan kali ini lagi-lagi tentang makanan. Tapi bedanya, ini bukannya njajan tapi saya masak sendiri. Dunia para Emak gitu lho.. Bukan ahli masak juga sebenarnya, tapi motivasi utamanya adalah anak lanang a.k.a Raka yang hobi banget pesen seafood asam manis kalo ada kesempatan makan di luar. Kalau boleh dibilang, makanan favorit pertama.

Diantara jenis seafood yang sering di masak asam manis, udang adalah yang menurut saya paling gampang dicari. Berbekal resep hasil nanya-nanya pakdhe google, eksperimen masak udang asam manispun dimulai:

Bahan
20 ekor udang ukuran sedang. Bersihkan kotoran. Kalau cangkang atau kepala mau dihilangkan atau tetep dipertahankan, itu optional.

Bumbu:

  • 1 buah bawang bomboy, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah tomat yang sudah matang, ukuran sedang
  • Garam. Takaran, tergantung selera.
  • Sedikit gula pasir, sekedar menggantikan penggunaan penyedap rasa.
  • Saus tomat botolan. Ini sifatnya opsional, bisa make atau nggak.

resep masakan udang asam manisa

Bahan tambahan:

  • Air, 100ml
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
Yuks..mari kita mulai masak. Setelah minyak panas, yang aku masukkan pertamakali adalah udang. Setelah tubuh udang mulai kemerahan, baru kemudian menyusul irisan bawang bombai, garam, baru kemudian tomat. 

memasak udang asam manis

Agar berasa segar dan matang lebih sempurna, aku tambahkan sedikit air. Aku lebih suka make air termos, jadi langsung panas begitu dituang. Masak beberapa saat, timernya kalo aku pake feeling.

Sesaat sebelum matang, tambahkan saos tomat dan sedikit gula pasir. Tujuan pake saos tomat biar warna lebih cantik aja sebenarnya, jadi penggugah selera tepatnya. Gula pasir, pengganti penggunaan vetsin. Meski gurihnya beda, tapi ini lebih aman menurut aku. Dan setelah berasa matang, begini tampilannya. 


"Ahh..kok nggak ada kuahnya..?"
Komentarnya Raka. Iya e.., ternyata tadi ibu masaknya kelamaan..malah airnya kering..hi..hi. Ya begitulah kalo chef amatiran. Rasanya? Lumayan.. Nggak gitu jauh kok dari yang pas kami beli waktu njajan. Malah kalau ini, bikinnya pake bumbu istimewa, yakni cinta.. 😁😁🍚🍛


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. bisa jadi contekan nih saat saya pengen masak udang. selama ini kalo masak udah paling di goreng bumbu asem sama udang goreng tepung

    BalasHapus
  2. masak udang tuh cepet, dan asam manis ini bikinnya gampang
    yang lama pas bersihin udangnya hehehhe

    BalasHapus
  3. mm, yummmy...kalo pengen pedes tambah cabe kali ya mba??

    BalasHapus
  4. Mau dong. Hari ini banyak banget post2 makanan. Bikin ngiler. :v

    BalasHapus
  5. Udang laut apa udang tawar? Mau dong?

    BalasHapus
  6. Aku malah baru tahu, setelah udang langsung aja, bawang Bombay dimasukkan. Ternyata gampang yaaa, bikin ach

    BalasHapus
  7. Yang pake bumbu istimewa pasti akan jadi istimewa buat anak, mbak. :)

    BalasHapus
  8. Restoran kalah deh hihi
    Raka doyan seafood udang ternyata, klo aku doyane cumik

    BalasHapus
  9. Saya juga suka udang mbak, mau diapain juga enak ya, entah cuma digoreng aja atau dibumbu lain :)

    Dan masakan mbak Sulis ini sepertinya mudah ya, sepertinya loh ya karena saya nggak jago masak, hehe.. penampilannya juga bikin laper pagi-pagi gini, apalagi tadi belum sarapan :)

    BalasHapus

Posting Komentar