Personal & Lifestyle Blog

23 December 2016

5 Wisata Alam yang Lagi Nge-top di Kulon Progo.


Sedang liburan di Jogja kah? Hampir semua tahu kalau Jogja salah satu destinasi wisata yang tersohor di Nusantara. Dari 4 wilayah kabupaten dan 1 Kota yang di miliki, masing-masing punya icon wisatanya sendiri, dan semuanya siap menyambut kedatangan wisatawan yang siap merayakan pergantian tahun di wilayah ini.

Salah satu kabupaten di Jogja yang kini tengah moncer alias banyak diperbincangkan karena potensi wisatanya adalah Kulon Progo. Apalagi, ditambah dengan rencana pemindahan bandara Adisucipto beberapa tahun ke depan, maka bisa diprediksikan wilayah Kabupaten ini akan semakin ramai di sektor ekonomi, dan juga wisata.

Beberapa tahun yang lalu, mungkin kabupaten ini hanya dikenal masyarakat karena  makanan tradisionalnya yang unik, yakni geblek dan tempe koro, pantai Glagah Indah, Pantai  Congot atau pun Waduk Sermonya. Tapi sekarang, jangan sekali-kali memandang sebelah mata. Diam-diam, Kulon Progo kaya pesona alam lho...

Dari survai kecil-kecilan, dengan ngepo in akun IG beberapa teman, baca-baca artikel, dan juga sempat nanya teman kuliah yang made in dan tinggal di Kulon Progo sampai sekarang, munculah 5 obyek wisata yang lagi nge-top ini, dan mereka adalah:


1. Dusun Nglinggo.
Duluuuuu...pernah dua kali saya ke dusun ini, sekitar 2008, dalam rangka pekerjaan. Statusnya masih Desa Wisata, belum obyek wisata kayak sekarang. Seingat saya, dulu yang ditonjolkan adalah air terjun yang dimiliki, sementara kebun teh adalah daya tarik tambahan. Kini, hamparan tanaman teh yang terdapat di perbukitan menoreh inilah yang menjadi magnet wisatawan asing atau domestik.

Berada di ketinggian, maka bisa ditebak kalau suasana dan panorama alam menjadi daya tarik utama tempat ini. Ditambah lagi dengan fasilitas-fasilitas penunjang yang kian hari kian lengkap.

Nglinggo, samigaluh
Melihat hijau perbukitan dari ketinggian.
Foto, dokumen adik ipar yang minggu lalu habis maen ke Nglinggo

Satu hal yang mesti diperhatikan ketika memutuskan untuk ke tempat ini adalah kondisi kendaraan yang prima; ingat medan jalan berkelok, dan segera turun apabila kabut turun atau hujan deras. Jarak pandang yang terbatas, dan juga bahaya longsor menjadi dua hal yang harus tetap diwaspadai.

2. Kawasan Kalibiru
Meskipun aslinya penasaran, tapi sampai hari ini saya belum pernah ke spot wisata alam yang begitu tenar belakangan ini. Kalau menilik foto-foto yang wira-wiri di dunia maya, segmen Kalibiru adalah para golongan muda, suka berfoto atau berselfie ria. Ibu-ibu kayak saya, nanti dulu lah...tak tinggal naik pohon untuk sekedar foto, anak-anak sama siapa?? 😀😁

Daya tarik utama tempat ini tentu saja melihat panorama alam perbukitan serta menikmati luasnya Waduk Sermo dari atas.
Naik ke rumah pohon, dan berfoto diatasnya, dan sepertinya inilah yang mayoritas dilakukan pengunjung. 

Foto dari www.tempatwisataseru.com
Sama dengan wisata alam dusun Nglinggo, sebelum berangkat pastikan kendaraan, terutama bagian rem dalam kondisi oke.

3. Kawasan hutan Mangrove
Kalau boleh berpendapat,  mayoritas tempat wisata baru di era digital ini adalah menjawab permintaan publik akan kebutuhan tempat yang indah, tidak hanya di lihat..tetapi juga fotogenic. Buktinya? Hutan mangrove yang hijau, semakin di percantik dengan jembatan-jembatan bambu, plus spot-spot menarik yang diperuntukkan khusus untuk berfoto.

Jembatan mangrove pantai pasir kadilangu
Salah satu jembatan bambu di Pantai Pasir Kadilangu. Foto: Dokumen pribadi
Di Kulon Progo sendiri, ada beberapa "kapling" hutan mangrove yang bisa dinikmati pengunjung, yakni Hutan Mangrove Wanatirta, Jembatan Api-Api, Maju Lestari, dan Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu yang posisinya sebaris dari timur ke barat. Tinggal pilih salah satu, salah dua..atau bisa kunjungi semuanya.

4. Taman Sungai Mudal

Foto dari www.tamansungaimudal.blogspot.com

Awalnya adalah mata air dari kedalaman gua, yang membentuk air terjun, dengan kolam-kolam alami di bawahnya. Agar pesona alam ini makin menawan, maka penduduk sekitar melengkapinya dengan berbagai tanaman bunga hingga menyerupai sebuah taman, hingga di kenal sebagaiTaman Sungai Mudal.

Taman Sungai Mudal berada di Pedukuhan Banyunganti, Jatimulya, Girimulya, Kulonprogo, yang bisa ditempuh sekitar 1 jam an dari Jogja. Untuk bisa menikmati keindahannya, pengunjung dikenai retribusi sebesar 4000/orang.

5. Curug Kedhung Pedut.

Dalam bahasa Jawa, curug berarti air terjun, kedung artinya kubangan dan pedut artinya kabut. Secara mudah, bisa diartikan daya tarik dari tempat ini adalah kolam-kolam (kubangan) alami yang lahir dari keberadaan sebuah air terjun. 

Dibuka sejak pertengahan Februari tahun 2015, lokasi Curug Kedhung Pedut berada tak begitu jauh dari Taman Sungai Mudal. Iya, karena air yang mengalir di Curug Kedhung Pedut berasal dari sumber mata air yang sama. 

Warna kedung yang kebiruan, gambar dari wikipedia.or.id

Keunikan dari kolam-kolam yang berada di Kedhung Pedut adalah warna air yang berbeda pada kolam-kolam yang ada; ada yang berwarna putih jernih, dan ada pula yang berwarna biru tosca. Mau bukti? Datang aja yaa.. Curug Kedung Pedhut berada di Desa Kembang, Jatimulya, Girimulya, Kulon Progo

Gimana, 5 tempat diatas termasuk dalam list destinasi liburan kamu? Happy holiday temans 🚃🚖🚗🚕🚘😁😁

Referensi: http://www.wikipedia.or.id, http://www.tamansungaimudal.blogspot.com, beberapa sumber lainnya

7 comments:

  1. makin banyak aja ya pilihan tempat jalan-jalan. makin rame, semoga makin sejahtera penduduknya tanpa meninggalkan ciri khas mereka.

    ReplyDelete
  2. Hoalah..asli itu indah banget, tapi jauh :(

    ReplyDelete
  3. Asyikkk, halan-halan lagi.., ajak-ajak dong mbak Sulis :)

    Wah Kalibiru bagus tuh mbak, suasananya bisa bikin baper dan romantis, hehehe..

    Saya belum perbah ke Kulonprogo mbak, moga-moga suatu saat kesampaian ya, aamiin :)

    ReplyDelete
  4. Kalibiru lg ngehits bgt ya... Pgn ih...

    ReplyDelete
  5. pilihannya banyak banget ya mba... mudah-mudahan berjodoh ke sana suatu hari...

    ReplyDelete
  6. Kulon Progo sepertinya lagi jadi destinasi idaman. Kalau lagi musim libur begini rame banget kali, ya

    ReplyDelete
  7. Wahhhhh semakin kepengen ke Jogja ihhhh >.<

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin