Skip to main content

Menikmati Minggu Pagi di Taman Balekambang, Surakarta


Tempat wisata keluarga di Surakarta? Sebagai emak berbocil, pasti pikiran saya langsung ke Taman Jurug, atau Pandawa waterpark. Padahal aslinya kangen pengen wisata belanja di Pusat Grosir Solo atau kalau nggak gitu Pasar Klewer. Tapi tempo hari --pas maen ke tempat adik ipar yang tinggal di Boyolali,  suami ngajakinnya ke Taman Kota Balekambang, Surakarta.

Alasan utama, karena lokasi nggak begitu jauh rumah adik ipar, jadi berribet-macetnya nggak begitu lama. Kebetulan adik ipar tinggal di seputaran Colomadu, sementara taman kota Balekambang berada nggak jauh dari stadion Manahan. Dari daerah Colomadu, sekitar 20 menit perjalanan, dengan kondisi jalan ramai-lancar.

Baca juga

Gapura masuk Taman Balekambang

Dari sisi sejarah, taman Balekambang di bangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Di awal keberadaannya, tentu saja taman ini hanya bisa diakses oleh keluarga keraton.

Kini, semua masyarakat bisa menikmati keteduhan taman ini, dengan beragam cara tentunya. Sekedar duduk di bangku-bangku taman,  menggelar tikar dan menikmati sarapan di bawah rindangnya pepohonan, ataupun momong para bocil di tengah gegap-gempitanya pelaku bisnis jasa mainan anak. 

Taman Balekambang Surakarta



Melihat suasana pagi di Taman Balekambang, otak saya otomatis teringat sebuah taman yang letaknya tak jauh dari rumah saya di Jogja. Suasana akhir pekan yang hampir sama, cuma mungkin Taman Balekambang ini jauh lebih luas.

Baca juga

Taman Reptil Balekambang

Daya tarik lain yang ditawarkan Taman Balekambang adalah keberadaan sebuah taman reptil yang baru diresmikan  pada tahun 2012. Untuk bisa masuk, kami harus membeli tiket terlebih dahulu @5000 rupiah untuk dewasa, dan @2500 untuk anak-anak.

Taman Satwa Balekambang
Ini iguana beneran lho..bukan patung


Taman Reptil Balekambang
Kolam kura-kura

Koleksi binatang yang ada di taman reptil ini semuanya merupakan sumbangan dari komunitas pecinta reptil yang ada di kota Surakarta dan sekitarnya. Mirip-mirip demokrasi gitu lah. Dari-oleh-dan untuk rakyat. Nah, kalau yang ini dari dan oleh komunitas pecinta reptil, untuk dinikmati semua kalangan masyarakat. Jadi ya wajar, kalau  pengunjung harus membayar.  Binatang-binatang ini kan tiap hari butuh perawatan dan juga makan...

Meski koleksi satwa di Taman Reptil Balekambang tidak begitu banyak, dan penataannya masih terkesan sederhana dan seadanya, tapi dua bocil saya cukup terhibur. Lumayan, bisa menikmati minggu pagi di paru-paru kota Surakarta. 

Ada yang punya agenda liburan atau jalan-jalan ke kota ini? Semoga saja postingan ini bisa jadi salah satu sumber referensi.

Comments

  1. Waw seru sekali mbak liburannya pengen juga nih dapatkan waktu yang berkualiatas yang bisa berkumpul dan berlibur bersama dengan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kmrn karena sekalian ke tempat adik ipar kang. Makasih..sudah mampir...😊

      Delete
  2. wah asyik ya, di Surakarta ada taman seperti ini.Saya juga berharap di kota saya ada taman yg asyik sprti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru pertama kesini mbak. Rame klo minggu pagi..

      Delete
  3. Hari ini di balekambang juga ada festival payung mbak. Saya nggak nonton sih. Hihi. Lama nggak ke balekambang lagi nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..iya. Aku baca juga beritanya di KR. Pasti lebih cantik ya tamannya

      Delete
  4. Udah pernah ke Balekambang, tapi udah agak malam gitu, jadinya kurang menikmati suasananya.
    Semoga bisa ke Solo lagi, buat mampir ke Balekambang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ramenya mmng pagi ini mbak. Pada nyari udara sejuk sama nikmati matahari yang masih anget2 gitu..

      Delete
  5. wah harga tiket masuk ke Taman balekambang sangat terjangkau ternyata

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo masuk ke tamannya..malah bayar parkir aja mas. Yang pake bayar..klo mau liat koleksi reptilnya doang..

      Delete
  6. sering lewat kalo dari dan ke jogja. dekat sama terminal itu to?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koyone ho oh mbak. Sak ngertiku deket pasar hewan... He..he, aku yo ndak hapal jalanan solo..

      Delete
  7. wah, serunya..... jadi baper deh pengen kesana juga kalau berkunjung ke Yogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini di Surakarta sih mb. Tapi klo mo ke Jogja, dr arah timur...bisa ke Surakarta dl. Mksh sudah mampir

      Delete
  8. Mba Sulis, itu iguananya gede banget Mba, serem banget saya lihatnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh mbak. Aku juga nggak berani megang. Takut digigit..

      Delete
  9. wah, iguananya gede banget mbak, galak gak sih mbak?

    ReplyDelete
  10. Kayaknya kalau ke sana, bakal saya lewatin yang bagian reptilnya. Apalagi yang ular :D

    ReplyDelete
  11. Oh ada reptil juga ya. Saya sering ke Solo tapi nggak pernah dolan ke taman balekambang nih mbak.

    Oh iya, maaf baru sempat mampir lagi, udah lama juga nih :)

    ReplyDelete
  12. Itu becaknya memang kecil khusus buat anak-anak ya? Kayaknya seru.

    ReplyDelete
  13. Belum pernah kesini. Asyik ya mbak Sulis, ada taman reptilnya juga, anak-anak pasti suka. Kalau saya pasti geli dan takut :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin