Personal & Lifestyle Blog

29 March 2016

Molen! Senama, Tapi Beda

"Molen!!"
Teriak putri saya tadi siang. Posisi kami sedang di jalan. Saya focus ke depan, sementara Alya sibuk tengok kiri-kanan melihat suasana jalanan. Rupanya ada molen yang kemudian nyalip dari sisi kanan motor... "Oh, jenis mobil ya. Ibu kira ada penjual kue molen Nak"... Ha..ha..ha
Gara-gara itu, tiba-tiba iseng saya kumat. Dari kecil, saya taunya mobil pencampur semen itu namanya molen. Kue berisi pisang yang bentuknya mirip dengan bagian belakang tu mobil, namanya juga molen. Ini siapa niru siapa tho?
Jangan-jangan saya salah mensosialisasikan jenis-jenis mobil..siapa tahu gitu lho ada nama yang lebih keren dan lebih ilmiah dari sekedar mobil molen. Mosok tho mobil segede itu namanya kayak kue? :-D
Proses berikutnya standard, berkonsultasi sama pakdhe google. Ternyata....

Sumber gambar dari kaskus.co.id

Nama asing dari gambar diatas adalah Concrete mixer, kalau dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih Truk Pengaduk Semen. Wuih, cukup panjang. Bahasa Belandanya concrete mixer, adalah betonmolen. Inilah yang lebih masuk akal kenapa kita lebih akrab dan mudah dengan menamainya Molen.


Sumber gambar dari tokomesin.com

Klo yang ini kue Molen. Dari wikipedia Indonesia, kue Molen didefinisikan sebagai hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Konon katanya, kue ini pertamakali lahir di Bandung. Dinamakan Molen, karena bentuknya yang menyerupai truk Molen. So...ketahuan kan siapa yang meniru siapa..?? Mm...tiba-tiba laper! Pengen ngemil kue molen yang masih baru keluar dari penggorengan.

28 comments:

  1. Tapi bentuknya kue molen sama mobil molen hampir sama ya, tidak jauh berbeda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya karena itu juga deh...nama mereka sama :-) terimakasih sudah mampir ya..

      Delete
  2. oo dari bahasa belanda to.baru tau. hihihi...

    molen isi nanas juga enak lis.apalagi anget-anget. mmmm....kriuk-kriuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..ada ya mbak. Kok aku malah belum pernah nemu di sini. Klo isinya ubi..ada. Enak juga. Nanasnya selai, ato potongan nanas gitu..?

      Delete
  3. karena bentuknya mirip ya mbak :) kalau nyebut concrete mixer lidah terganggu, kalau nyebut molen, perut yang terganggu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener-bener.. Jadi lapar mendadak :-) apalgi pas dingin atau ujan-ujan ...kriuk!

      Delete
  4. haha, aku juga baru tau namanya molen sejak punya anak mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..ya? Trus dulu klo nyebut jenis truk/ kue itu apa dong mb? Btw..makasih ya sudah mampir..:-)

      Delete
  5. Jangan-jangan ada yang berfikir kalau mobil molen tuh nanti setelah bahan diaduk didalam terus keluarnya kue molen ya mbak Sulis, hehe

    Lihat gambar kuenya kok jadi lapar beneran ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Molen berbahan baku semen mbak.. :-) molen cor-cor an.


      Kue molen memang menggoda mbak...po meneh masih anget.. :-)

      Delete
  6. Mungkin mobil itu disebut molen karena bentuk bulat di tengahnya itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bulat di tengah...ingatanku langsung donat mbak.. :-)

      Delete
  7. Di sini mobil itu namanya juga molen Mbak. Ada juga molen kecil yg ga ada mobilnya, buat proyek rumahan ato proyek kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener-bener vhoy. Itupun juga ditiru sama molen pisang ya; muncul versi molen mini * halah, malah mbahas pangan :-D

      Delete
  8. Hahahaha itu mobil bukan moleh tapi pengudek semen mbak, xixixixi salam kenal kunjungan perdana dan salam sukses buat para sahabat yang sudah diatas komennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke ghandy...makasih sudah mampir... Salam sukses juga...! :-)

      Delete
  9. saya lebih suka molen mbak tapi yang pisang kue itu maknyuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mbak. Soalnya klo molen yang truk...nggak bisa dimakan :-D

      Delete
  10. Aiiissh..awalnya aku juga mengira teraik molen itu karena melihat makanan, Mbak :D

    ReplyDelete
  11. Molen itu makanan kesukaankku banget. Apalagi molen mini. Xixixix

    ReplyDelete
  12. Ooo barutau sejarah nama kue molen heheee. Kalau sy lbh suka molen yg gede krn itu keseharian pekerjaan suami, biar dapur tetep ngebul. Heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo molen gede..demi kesehatan isi dompet ya mb... :-)

      Delete
  13. aha, saya mau molen yang bisa dimakan aja Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manis....empuk. Makasih mbak, sudah mampir

      Delete
  14. Hahahaha ..ibuknya begitu ada kata molen, langsung ke kue molen ya xixixi... Saya waktu itu juga gak tahu kalau itu dari bahasa Belanda, suatu hari suami saya tb2 bilang bla bla bla.. molen. Heh? Molen? Persis kayak mbak Sulis,sy langsung membayangkan molen (gak berani berharap lebih karena sy tahu gak ada pisang molen disini) ternyata cmn mobil molen. Wkwkwkw..sy cerita suami dia ketawa. Tapi selain beton molen, komedi putar itu bahasa belandanya draaimolen , kalau orang ditempat saya sering nyebutnya 'dremolem' :D

    ReplyDelete
  15. ohhh, jadi molen itu bakasa Belanda daan sama arti dengan mixer dalam English...wow nice info... salam kenal ya, Mbak.

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin