CoretanBunda

Personal & Lifestyle Blog

25 February 2016

Cara Mudah Mengatasi Saluran Air Mampet

Sebagai ibu- ibu rumahan, mau nggak mau saya harus berakrab ria dengan beberapa saluran pembuangan yang ada di rumah. Dari beberapa yang ada, paling akrab sama saluran cucian piring yang ada di dapur.

Beberapa hari yang lalu, saluran air jurusan dapur-saptic tank saya ada gejala mampet. Jika dipakai bersih-bersih agak banyak, air akan menggenang di bak cucian, meskipun nanti klo dibiarkan lama juga habis sendiri. Sebel juga karena untuk urusan cuci- mencuci perabot, urusan bersih-bersih sayuran harus nebeng ke belakang, di kran cuci baju atau kamar mandi. Tapi kalaupun mampet....benernya karena ulah saya juga sih. Males mbuang sisa-sisa nasi, atau remah-remah sisa makanan saat cuci piring.

Sebenarnya duluuu tempat cucian piring dilengkapi saringan juga oleh suami, biar tertib. Tapi karena tidak dibikin permanen alias bisa dicopot-copot..ya gitu deh.. saringan sering saya lepas dengan tujuan air mengalir lebih cepat, bebas hambatan, eh..ujung-ujungnya malah ilang. Ya sudah...sekian lama saluran air di dapur tanpa saringan.
Akhirnya...ngalami juga saluran air Mampet! Salah siapa, dikasih saringan malah diilangin *Mungkin begitu kata hati suamiku.. Ha..ha.

Cari-mencari solusi...biasa, nanya pakdhe google dulu, ternyata ada cara mudah yang bisa dipraktekkan, dan yeayy..berhasil! Alat-alat yang digunakan juga nggak perlu cangkul atau linggis untuk mbongkar saluran, cukup air panas, soda kue, sama cuka makan. Reaksi antara ke 3 bahan tersebut, ternyata mampu menimbulkan daya dorong ...mirip-mirip daya dorong pada roket gitu lah. * lebih jelasnya, silahkan konfirmasi dengan yang lebih ngerti ilmu kimia.

Sumber foto dari www.organik.id

Jadi..untuk percobaan ilmiah eh eksekusi saluran air yang mampet tadi...saya milih waktu sebelum tidur, saat semua aktivitas didapur selesai.

Alat -alat yang saya pakai:

  • 1 panci air mendidih 
  • Satu bungkus soda kue ( sekitar 100gram)
  • 1 botol cuka kecil, 60 ml


Step by stepnya...
Masukkan 50 gram soda kue ke saluran air, setelah itu susul/ gelontor dengan air mendih. Tutup sebentar. Biarkan bereaksi. Selanjutnya tuangkan lagi sisa soda kue..dilanjutkan siram dengan cuka. Mungkin akan terdengar suara bergemuruh dan kepulan asap dari dalam saluran. Selesai..
Setelah itu saya tinggal bobok manis dan paginya,saluran air sudah bisa saya gunakan kembali. Ada yang sedang terkena masalah yang sama dan ingin mencoba?? Semoga berhasil.

Note: mungkin hanya efektif untuk sumbatan ringan. Kalo yang tersumbat total...belum pernah saya ujicobakan

5 comments:

  1. Wah pas bener nih mbak Sulis, wastafel kantor saat ini lagi bumpet sluran airnya sejak beberapa hari yang lalu. Tapi kalau menggunakan air panas apa nggak merusak pipa saluran ya mbak? Entar saya konfirm sama teman dulu deh, siapa tahu bisa dipraktekkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo pipa saya nggak tu mbak.. Mungkin klo dibakar/ kena api langsung bisa bengkok... Tapi klo di siram air panas kayaknya kuat...

      Delete
  2. Hasil eksperimen saya, pralon baik-baik saja mbak...

    ReplyDelete
  3. bahan-bahan yang digunakan cukup mudah yah Mbak, sepertinya bisa di praktekkan nih,kebetulan saluran air cuci piring di kost-an juga mulai tersumbat.. :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin