Personal & Lifestyle Blog

7 March 2015

Kayak Mas Aka!



Inget pepatah "Guru kencing berdiri, murid kencing berlari?" Arti pas nya sih saya lupa, ga ada hubungannya sama kencing yang jelas :-). Tapi intinya adalah perbuatan junior tuh nggak bakalan jauh dari senior, bahkan kalo kemudian di junior lebih parah penyimpangannya, itu wajar. Lha wong senior yang pantasnya jadi panutan, yang harusnya ngasih contoh aja belum bener, gimana anak buahnya mau bener? Begitulah kira-kira arti mudahnya menurut saya sodara-sodara:-) 

Ada masalah apa ngomongin senior-junior segala? Ha..ha, ini tentang Raka dan Alya, jagoan dan gadis mungil saya. Anggap saja Raka senior, sementara Alya Juniornya. Di rumah, adakalanya mereka menjelma sebagai sepasang anak manis yang kompak. Namun, adakalanya juga keduanya bagai tokoh film kartun, Tom and Jerry. Ribut, rebutan, kejar-kejaran, berhenti kalau sudah ada salah satu yang nangis. 

Berbicara tentang si junior, ada beberapa perkembangan yang dialami Alya belakangan ini. Alya sudah tidak pernah lagi eek atau BAB di celana. Dia sudah bisa merasakan gejala tidak nyaman ketika ada rasa mulas di perut, hingga kemudian bisa ngomong ke orang yang di dekatnya "mau eek bau". BAK nya? Lumayan.... 

Diumur ke 29 bulan ini, Alya sudah jarang ngompol atau pipis di celana. Bocah yang dulunya masih suka pipis sembarangan, akhir-akhir ini sudah mau di giring ke kamar mandi beberapa jam sekali untuk meminimalisir frekuensi mengompol. Yup, hampir lulus fase toilet training. Namun ada request aneh yang beberapa hari ini selalu ia minta sebelum masuk kamar mandi untuk pipis, " mau air mancur, boleh?" Karena pada awalnya saya belum paham dengan apa yang ia maksud air mancur, ya sudah saya mengangguk saja.

Eh, tapi kenapa Alya tidak mau jongkok seperti biasanya ya, dan sambil berdiri, ia pun pipis sambil bilang ..."koyo (seperti) air mancur"...... .O...o, rupanya ini tho air mancurnya.... Karena ini adalah kebiasaan yang buruk, saya tanya ia " kok, pipis nya berdiri, siapa yang ngajari?". "Kayak Mas aka! " jawabnya sambil tertawa-tawa senang. * si ibu tepok jidat. 

Ah, lupa saya kalau anak kecil seusia Alya adalah peniru yang ulung. Mungkin beberapa kali, tanpa saya sadari Alya melihat mas nya BAK sambil berdiri di kamar mandi. Sewaktu masih TK, sebenarnya si kakak sudah tertib BAK sambil jongkok...tapi memang akhir-akhir ini saya jarang memantaunya. PR buat saya lagi nih, segera mengembalikan sesuatu yang melenceng kembali ke jalur yang benar :-)

4 comments:

  1. toilet training ke damar bisa dibilang gak sukses, krn baru umur 7 bulan udah ada adiknya di perut. jadilah damar masih 'kalah' sama adiknya. ya gpp, bertahap. salah maknya juga sih.
    semoga sukses ya Alya toilet trainingnya. ih, ikut-ikutan mas Raka mlulu dikau! haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo soal toilet training, umur se-alya....Alya sudah lolos dengan predikat sangat memuaskan mbak, karena Raka nggak mengenal teknologi diaper. Jamannya alya...mak nya males, klo malem pasrahke mamy poko...ya gitu resikonya, msh ngompolan tak tentu arah..:-)

      Delete
  2. semoga anak-anaknya tumbuh dengan baik, ya, Bunda. :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin