Personal & Lifestyle Blog

27 December 2014

Sunatnya Mas Raka

Alhamdulillah, salah satu kewajiban kami selaku orang tua dari seorang anak laki-laki sudah tertunaikan. Hari Jum'at, 26 Desember 2014, Raka menjalani khitan atau sunat. Sebenarnya ini adalah acara dadakan, bahkan nyaris tanpa rencana. Semuanya berawal dari kakak ipar yang sudah merencanakan untuk mengkhitankan sulungnya --pramudya, yang kini duduk di kelas 4 SD pada liburan sekolah kali ini. Begitu tahu rencana tersebut, sekitar tanggal 20an Desember kemarin suami saya iseng-iseng nanya ke Raka,"Le, kamu sunatan bareng mas Pram sekalian, mau?" "Haa...sunatan? Takut!" Begitu jawab Raka kala itu. "Nanti ayah kasih hadiah uang kalau mau...cukup buat beli mobil remot yang gede." Namanya anak-anak. Mendengar ada mainan disebut, kontan saja semringah. "Cukup buat beli mobil remot gede?" "Mau...." Begitulah asal muasalnya hingga raka, sulung kami yang awal Januari besok genap 8 tahun, berani untuk di sunat. Ada empat sayarat yang ia ajukan sebelum menjalani prosesi sunatan. Satu, begitu pulang sunat, langsung membeli mobil-mobilan remote control ukuran besar. Dua, diperbolehkan nge-game/memegang tablet selama prosesi sunat, dan ketiga, dibelikan permen lolipop yang akan ia emut selama ia di sunat....Wah, untuk syarat yang ketiga, terinspirasi Upin dan Ipin rupanya:-) dan yang terakhir, jalan-jalan dulu ke kebun binatang Gembira Loka sebelum sunatan. Tapi, It's Ok, syarat yang ajukan masih masuk akal. Setelah itu, ditetapkanlah hari "H" nya, Jum'at 26 Desember.
Satu hari sebelum sunat, ke kebun binatang dulu...

Sebelum hari H, sebenarny kami gambling saja dengan keberaniannya. Jangan-jangan, nanti begitu sampai klinik Raka berubah pikiran. Tapi kalaupun itu terjadi, kami akan memaklumi, toh usianya masih relatif kecil. Ditempat kami, rata-rata anak laki-laki akan menjalani prosesi sunat saat ia berusia 10 tahun. Singkat cerita, apa yang terjadi kemudian begitu sampai klinik? Rupanya iming-iming berupa mobil remote mengalahkan rasa takutnya Raka. Alhamdulillah...prosesi sunat yang berjalan sekitar 20 menit berjalan lancar. Ada yang punya anak laki-laki dan masih takut di sunat? Membangkitkan keberanian anak dengan model reward sepertinya bisa diujicobakan:-)
Raka dan mobil remote barunya

1 comment:

  1. Wah, mas Raka sekarang pasti udah makin dewasa deh, bikin orangtuanya senyum bahagia, aamiin :))

    Salam,
    Senya

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin